Kelebihan, Kekurangan Serta Harga Samsung Galaxy S6

Bedakan Smartphone -- Samsung akhirnya resmi merilis seri flagship mereka, Galaxy S6 dan S6 Edge pada pagelaran Mobile World Congress (MWC 2015) di Barcelona, 1 Maret 2015. Galaxy S6 dan S6 Edge diprediksi akan menjadi saingan besar dua handset unggulan lainnya, yakni iPhone 6 dan HTC M9. Sama dengan Samsung, HTC juga turut memperkenalkan seri M9 dalam ajang yang sama di Barcelona.


Galaxy S6 hadir dengan dengan bentang layar ukuran 5,1 inci beresolusi 2.560 x 1.440 piksel dengan panel display Super AMOLED. Datang dengan layar resolusi layar QHD, S6 menawarkan kepadatan gambar 577 piksel per inci. Sedangkan untuk bodi, Galaxy S6 dirancang dengan material logam dan kaca dengan Gorilla Glass untuk melindungi "dirinya" baik di bagian depan dan belakang. Sedangkan untuk fitur kamera, Samsung memberikan S6 kamera belakang 16MP dan depan 5 MP dengan kemampuan pengambilan gambar dalam cahaya rendah.

Dari segi dapur pacu, S6 ditenagai prosesor octa-core buatan Samsung Exynos 64-bit, dan berjalan di atas sitem operasi Android Lollipop. Disokong RAM 3GB dan kapasitas baterai 2.550mAh non-removable yang mendukung teknologi pengisian baterai nirkabel, diklaim mampu mengisi penuh daya baterai dalam waktu 10 menit. S6 akan tersedia di 20 negara pada 10 April dengan pilihan warna White Pearl, Black Sapphire, Gold Platinum, dan Blue Topaz.

A. Kelebihan Samsung Galaxy S6

1. Pelacak Detak Jantung Samsung Galaxy S6
 Samsung sudah menyiapkan teknologi canggih pendeteksi kesehatan dan kebugaran milik sendiri yang diberi nama S Health dan lengkap dengan berbagai perbaikan terkini. S Health sekarang dapat difungsikan untuk melacak detak jantung, saturasi oksigen darah, dan menghitung banyaknya kalori yang dikonsumsi serta dibakar.


Melalui Galaxy S6 dan S6 Edge, Samsung juga membawa sebuah versi baru dari Samsung TouchWiz, sehingga pengguna dapat menggunakan fitur S Health dengan lebih baik dari sebelumnya. Meskipun fitur S Health lebih baik dari segi visual ketimbang versi sebelumnya, Samsung nyatanya belum memberi perbaikan berarti dari segi kemampuan S Health.

2. Desain Samsung Galaxy S6
Untuk Galaxy S6, perusahaan Negeri Gingseng ini memberikan tampilan berbeda untuk handset tersebut yakni material desain logam dan kaca dengan desain premium nan elegan. Desain tersebut sepenuhnya dilengkapi Gorilla Glass untuk melindungi baik depan dan belakang bodi ponsel.


Smartphone diklaim cukup tangguh untuk menahan kerasnya aktivitas penggunaan. Seri S6 juga akan hadir dalam empat pilihan warna yakni White Pearl, Black Sapphire, Gold Platinum, dan Blue Topaz.

3. Prosesor dan Memori Samsung Galaxy S6
Prosesor octa-core Exynos dengan kecepatan 2,1GHz dan RAM ukuran 3GB. Samsung kembali unggul dengan menyisipkan kinerja penambah untuk memori S6 dengan teknologi penyimpanan flash UFS 2.0 yang diklaim mampu mengakomodir aplikasi 2 kali lepat dari standar memori flash pada umumnya.

4. Kamera Samsung Galaxy S6
Galaxy S6 dipersenjatai kamera belakang 16MP dan kamera depan 5MP, dengan fitur tambahan lain macam Auto Real-Time HDR, Smart Optical Image Stabilization, 4K Video, dan IR Detect White Balance untuk meyesuaikan gambar dengan sensitivitas cahaya. Selain itu.


Perusahaan asal Korea Selatan ini juga meluncurkan fitur 'Quick Launch' yang memungkinkan pengguna untuk mengklik dua kali tombol home dan otomatis akan muncul aplikasi kamera hanya dalam waktu 0,7 detik.

B. Kekurangan Samsung Galaxy S6

1. Kapasitas Baterai Samsung Galaxy S6
Dengan ukuran layar yang mencapai 5,1 inchi, sedangkan kapasitas baterai yang ditawarkan Non-removable Li-Ion 2550 mAh battery adalah kelemahan utama bagi Samsung Galaxy S6.

2. Tipe Sim Card Samsung Galaxy S6
Ini juga menjadi kekurangan bagi smartphone ini, mengingat Samsung Galaxy S6 menggunakan “nano sim” dimana sim card sekecil ini tak terlalu popular dan membutuhkan alat khusus untuk memotongnya. Sedangkan smartphone pada umumnya menggunakan mini-sim.

3. Tidak Ada Slot Kartu Memori pada Samsung Galaxy S6
Kekurangan lainnya adalah tidak adanya slot micro SD pada Samsung Galaxy S6, sehingga pengguna tidak dapat secara leluasa menambah kapasitas memori eksternal mereka. User dituntut untuk puas hanya dengan menggunakan memori Internal saja.

4. Tidak Ada Fitur Pemutar Radio pada Samsung Galaxy S6
Ini juga harus diperhatikan. Pengguna jika merasa bosan mendengarkan music pada smartphone mereka bisa menggunakan radio sebagai alternatifnya, namun hal ini tak dapat dijumpai pada Samsung Galaxy S6

5. Kualitas Layar Samsung Galaxy S6 Edge Gampang Pecah
Pendiri dan CEO iCracked, AJ Forsythe memperingatkan bahwa smartphone Galaxy S6 Edge memiliki masalah utama pada layar. Handset anyar tersebut, memiliki bagian tepi yang melengkung akan membuat layar smartphone menjadi lebih rentan retak saat terbentur.

Ilustrasi Samsung Galaxy S6 Pecah
Beberapa ahli memperingatkan bahwa Galaxy S6 Edge kemungkinan tidak bisa bertahan bila Anda menjatuhkannya. "Dari pengalaman kami memperbaiki iPhone 6 dan 6 Plus, layar dengan tepi melengkung tampak fantastis, mereka sesungguhnya lebih rentan pecah," jelas Forsythe.

Ia melanjutkan, dengan Samsung menerapkan layar tepi melengkung pada Galaxy S6 Edge, pihaknya mengantisipasi kemungkinan smartphone tersebut lebih rentan pecah. "Sekali lagi, meskipun bingkai ramping terlihat elegan, mereka lebih lemah. Kami berharap S6 menjadi model yang sangat populer dan karena memiliki tepi melengkung, kami mengantisipasi, kami akan memperbaiki sedikit dari model ini," terangnya.

Tidak ada uji coba 'drop test' pada perangkat ini dan handset tersebut juga belum dimasukkan ke dalam blender atau ditembak dengan senapa. Sehingga, para penggemar bisa menantikan video posting-an yang diunggah ke YouTube untuk menguji ketahanan Galaxy S6 Edge.

Samsung tentu percaya bahwa mereka memiliki perangkat keras. Selama acara peluncuran mereka di Barcelona, perusahaan sesumbar tentang kaca super kuat pada smartphone terbaru mereka. Namuan sayangnya, apa yang dikatakan perusahaan tidak sesuai dengan kenyataan dan harapan. Samsung juga mengungkap bahwa Galaxy S6 yang mulai dijual pada April 2015 sangat kuat. Sehingga, handset itu tidak akan bengkok seperti isu pada iPhone 6 beberapa waktu lalu. Baca Juga: 13 kelebihan yang dimiliki pada Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge DISINI.

C. Harga Samsung Galaxy S6
Samsung Galaxy S6 juga akan hadir dengan pilihan kapasitas penyimpanan internal mulai dari 32, 64 dan 128GB. Samsung belum mengumumkan harga resmi S6, namun di Inggris untuk Samsung Galaxy S6 diperkirakan akan dibanderol dengan harga 549 poundsterling atau sekira Rp 10.900.000.

Kelebihan, Kekurangan Serta Harga Samsung Galaxy S6 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 20:27:00