10 Daftar Smartphone Teknologi Sidik Jari Terbaik

Bedakan Smartphone -- Majunya zaman sekarang ini membuat kunci keamanan atau password mengalami tergantikan secara drastis dengan teknologi otentifikasi sidik jari yang handal. Karena dianggap sangat aman sehingga membuat sensor biometrik sebagai keamanan masa depan khusus smartphone sebab mempunyai tingkat kegagalan relative lebih rendah ketimbang password pada umumnya yang sering digunakan banyak orang. Bahkan diranah nasional smartphone Amerika bertarung melawan smartphone asal China DISINI untuk adu teknologi unggulan mereka. Oke langsung saja berikut ini daftar 10 smartphone terbaik yang memiliki sensor sidik jari yang diandalkan oleh vendor tersebut.


iPhone 6 dan 6 Plus

Seperti diketahui, iPhone 6 dan 6 Plus dilengkapi dengan sensor sidik jari berteknologi handal. Fitur ini pertama kali di-perkenalkan pada iPhone 5S lalu, yakni teknologi  Touch ID yang menggunakan sensor sidik jari dengan memetakan sidik jari secara independen dari orientasi jari. Sensor sidik jari pada iPhone 6 dan 6 Plus memiliki fungsi membuka mengotorisasi pembayaran dengan hanya menyentuh tombol home saja.


Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge

Tak mau kalah dengan Apple, Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge juga menggunakan sensor sidik jari berbasis sentuhan. Tak hanya itu, Samsung juga akan segera meluncurkan layanan mobile payment berbasis sidik jari besutan perusahaannya sendiri. Varian Galaxy S6 dan S6 Edge menjadi salah satu perangkat pertama yang mendapatkan layanan Samsung Pay.

Meizu MX4 Pro

Pabrikan asal China, Meizu MX4 Pro adalah phablet besutan perusahaan negara tirai bambu yang masuk ke dalam daftar smartphone terbaik dengan fitur pembaca sidik jari. Teknologi yang ditawarkan yaitu M Touch pada Meizu MX4 dengan sensor dari berbasis sentuhan yang tetap dapat mengidentifikasi jari basah sekalipun.


Huawei Ascend Mate

Selain Meizu, sensor sidik jari Huawei Ascend Mate juga dapat digunakan untuk membuka handset ketika layar dimatikan. Varian Ascen Mate sendiri hadir dengan bentang layar 6 inchi chipset quad-core Hisilicon Kirin 925 yang dipasangkan dengan pilihan RAM 2GB dan 3GB. Seperti diketahui, Huawei Ascend Mate 7 merupakan smartphone dengan material logam premium yang ketersedian-nya hanya terdapat di wilayah Eropa dan Asia saja.

iPhone 5S

Selain Iphone 6, Perusahaan asal AS ini juga menyematkan fitur sensor sidik jari pada iPhone 5S yang merupakan smartphone pertama Apple yang menggunakan teknologi Touch ID. Fitur sensor sidik jari tersebut menyediakan cara yang cepat dan dapat diandalkan untuk membuka perangkat atau otorisasi pembelian di iTunes. Meskipun memiliki sensor, iPhone 5 serupa dengan milik iPhone 6 dan 6 Plus, namun sensor untuk handset tersebut tidak dilengkapi dengan chip Near Field Communication (NFC). Hal tersebut membuat iPhone 5 tidak kompatibel dengan layanan Apple Pay.

HTC M9+

HTC juga ikut ambil bagian dengan Seri HTC One M9+ dinilai sebagai smartphone yang kehadiran-nya paling dinantikan pada musim semi lalu. Selain layar beresolusi tinggi, salah satu keunggulan lainnya bahwa seri One M9+ adalah dengan terintegrasi-nya sensor sidik jari pada smartphone ini.

Oppo N3

Tak ketinggalan, Oppo juga menghadirkan Oppo N3 dengan  fitur menarik di dalamnya, salah satunya yaitu sensor sidik jari. Selain untuk membuka kunci pada handset, user Oppo N3 juga dapat mengontrol pergerakan dari kamera berputar yang jadi ciri khas samrtphone Oppo N3 tersebut.

 Samsung Galaxy Note 4

Selain S6, Samsung Galaxy Note 4 juga memiliki teknologi sensor sidik jari yang dirilis pada 2014 lalu. Galaxy Note 4 memungkinkan pengguna untuk mendaftarkan hingga 10 sidik jari, dan masing-masing dapat diatur untuk membuka aplikasi tertentu. Meskipun kualitas sensor sidik jari pada seri Galaxy Note 4 tak terlalu direkomendasikan, namun Galaxy Note 4 hadir menjadi salah satu smartphone Android terbaik.

 Samsung Galaxy S5

Walaupun telah memiliki penerus yakni S6 dan S6 Edge yang telah dirilis, akan tetapi Galaxy S5 masih masuk daftar smartphone mid range dengan sensor sidik jari yang masih dapat bersaing hingga sekarang. Sensor sidik jari pada seri Galaxy S5 mengharuskan pengguna untuk menggeser bagian jari di tombol home.

 Motorola Atrix

Motorola telah memberikan teknologi sensor sidik jari pada smartphone mereka sejak 2011 lalu. Motorola Atrix menjadi smartphone pertama yang memiliki sensor sidik jari sejak empat tahun lalu, meskipun kualitasnya dirasa masih minim. Motorola Atrix hadir dengan layar 4 inchi beresolusi 540 x 960 px, chipset dual-core Nvidia Tegra 2 berkecepatan 1GHS, RAM 1GB, kamera utama 5MP, kamera sekunder VGA, dan kapasitas baterai 1.930 mAh.

10 Daftar Smartphone Teknologi Sidik Jari Terbaik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 00:51:00