11 Cara Membedakan Produk Lenovo Asli dan Palsu/ Replika/ Fake/ Supercopy

Bedakan Smartphone -- Perkembangan teknologi komunikasi khususnya smartphone yang semakin pesat membuat kita semua harus mengetahui cara membedakan Lenovo asli dan palsu. Bagaimana tidak? beberapa orang tergiur melakukan bisnis yang merugikan orang lain dengan membuat berbagai produk palsu karena mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Seperti Lenovo A6000 Plus, Lenovo A7000 Plus yang beredar produk supercopy dipasaran gadged.


Mas Empayar pun pernah menulis artikel tentang cara membedakan Lenovo P780 asli dan palsu. Sebagai konsumen, kita hendaknya harus jeli jika tidak ingin dirugikan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Mengetahui tips agar terhindar dari penipuan merupakan langkah awal agar anda tidak menyesal ketika membeli smartphone. Baca juga postingan sebelumnya 20 Koleksi Wallpaper Bergerak Untuk Android (Live Wallpaper). Silahkan lihat ulasan berikut ini agar anda terhindar dari produk replika/ fake/ supercopy Lenovo.

Detail Spesifikasi Lenovo

Untuk terhindar dari produk Lenovo supercopy, bacalah secara rinci spesifikasi dari smartphone Lenovo yang akan anda beli, seperti spesifikasi jaringan. Jika Lenovo asli memiliki jaringan 4G namun ketika anda membelinya hanya memiliki jaringan 3G saja, anda patut curiga karena spesifikasi produknya tidak sesuai. Selain jaringan, spesifikasi prosesor yang digunakan juga harus dijadikan acuan. Kapasitas RAM dan ROM juga patut dijadikan penilain. Biasanya jika produk Lenovo asli membawa RAM 2Gb, produk Lenovo palsu menggunakan RAM 1Gb bahkan ada yang menggunakan 512 saja. Mengapa? Karena dengan mengurangi kapasitas RAM mereka bisa menjual produk lebih murah sehingga lebih menguntungkan mereka. Tidak hanya itu saja, kamera, layar, Wi-Fi, Bluetooth sampai dengan baterainya juga harus diperhatikan dengan baik apakah barang tersebut palsu atau tidak.

Cek Imei Code Lenovo

Selain cara di atas, cara membedakan produk Lenovo asli dan palsu yakni dengan mengecek kode IMEI android Lenovo  yaitu dengan menekan *#06# maka akan muncul kode unik yang hanya dimiliki oleh smartphone anda saja. Ketika kode IMEI sudah muncul pada layar, silahkan anda coba cocokkan dengan IMEI di box kardus pembelian. Selain itu, anda juga bisa pergi ke website Lenovo untuk melakukan pengecekan IMEI disini (http://support.lenovo.com/id/id/warrantylookup). Jika smartphone lenovo anda memang benar-benar asli maka disana akan muncul pemberitahuan yang mengatakan bahwa IMEI ponsel anda cocok dan produk yang anda miliki original.

Pakai Aplikasi Benchmark

Aplikasi Benchmark juga patut dijadikan sebagai cara membedakan produk Lenovo asli dan palsu. Fungsi aplikasi ini adalah untuk mengetahui lebih detail mengenai software dan hardware yang digunakan perangkat akan lebih dapat dipercaya informasi tentang perangkat Lenovo yang ingin diketahui statusnya tersebut. Melalui aplikasi uji coba Benchmark ini maka anda dapat mengetahui performa sampai hingga kecepatan dari device Lenovo yang anda gunakan.

Cek Garansi Lenovo

Cara membedakan produk Lenovo asli dan palsu berikutnya adalah dengan mengecek garansi. Dizaman yang serba canggih ini, banyak sekali oknum yang membuat kartu garansi palsu. Namun, tidak semua pembuat perangkat Lenovo palsu mampu untuk membuat kartu garansi mirip aslinya. Oleh karena itu, cara identifikasi produk Lenovo asli atau palsu melalui kartu garansi juga cukup efektif.

Kejernihan Layar

Resolusi ketajaman layar juga bisa dijadikan sebagai cara membedakan produk Lenovo asli dan palsu. Biasanya produk Lenovo supercopy memiliki kerapatan pixel yang rendah sehingga kelihatan buram ketika melihat foto atau memutar video. Jika anda pengguna Lenovo, berhati-hatilah jika memilih smartphone yang akan anda jadikan selfie. Karena jika kwalitas layarnya tidak layak anda pasti akan menyesal karena gambar yang anda ambil akan selalu tampak buram dan tidak jernih.

Kualitas Sesuai Harga

Adapun tips lain untuk cara membedakan produk Lenovo asli dan palsu adalah dengan melihat dari segi kualitas dan harganya. Perbandingan Spesifikasi dan Harga Lenovo terbaru yang ingin Anda beli harusnya bisa sesuai. Apabila disandingkan dengan produk original, maka spesifikasi dan kualitas dari barang palsu tidak dapat melampauinya. Selain itu, produk mahal tentu saja memiliki kualitas yang baik. Begitu pula produk Lenovo asli yang rata-rata dipasarkan dengan harga yang mahal. Ingat kata pepatah “harga menentukan kualitas”.

Performa Lenovo

Cara membedakan produk Lenovo asli dan palsu berikut ini adalah dengan mencoba sendiri performanya. Jika anda membandingkan produk ori Lenovo dengan produk fake, maka hasil akhir akan menunjukkan bahwa perangkat originallah yang akan keluar sebagai pemenang. Alasannya adalah karena pada umumnya akses dan pengoperasian perangkat Lenovo fake lebih lambat serta membutuhkan sedikit kesabaran bagi anda. Bagaimana tidak, pengurangan kapasitas RAM yang terdapat di dalam Lenovo palsu terlalu kecil. Jika Lenovo asli menggunakan RAM 1GB, maka Lenovo replica menggunakan RAM biasanya 512 sehingga ketika anda menggunakannya  untuk multi-tasking menjadi sangat lambat.

NFC Connector Baterai

Jika smartphone Lenovo yang akan anda beli memiliki spesifikasi berupa NFC, ketika anda melepaskan baterai dari perangkat, maka akan terlihat baris NFC connector-nya berupa seperti jalur timah kuning. Namun untuk produk Lenovo KW, NFC Connector ini akan terlihat lebih jelas. Mengapa? Karena untuk memperlihatkan kepada pengguna bahwa ada fitur NFC didalamnya (yang sebenarnya adalah palsu). Sedangkan di perangkat asli akan terlihat sedikit saja dan lebih terkesan terlindung. Tips ini bisa dijadikan cara membedakan produk Lenovo asli dan palsu.


Perhatikan Desain dan Warna

Cara membedakan produk Lenovo asli dan palsu berikut ini adalah melalui bentuk desain serta warna. Pada umumnya, setiap vendor Lenovo selalu memiliki ciri khas akan produk yang di produksinya. Meskipun produk Lenovo supercopy terlihat sama, namun bentuk, desain dan warna perangkat original dan fake pasti berbeda. Berat, ukuran layar serta detail dari perangkat juga dapat dijadikan acuan untuk mengetahui apakah smartphone lenovo tersebut replika atau ori.

Data Exif Foto

Jika anda menggunakan data exif foto yang diambil menggunakan kamera di perangkat Lenovo anda sendiri, maka dapat diketahui secara jelas keaslian dari smartphone Lenovo anda. Bagaimana cara menggunakan exif foto? Saat anda memotret suatu obyek menggunakan kamera di perangkat lenovo, lalu mengecek hasilnya di Galeri atau juga ketika dipindahkan ke PC, pada properties akan terlihat data exif lengkapnya. Disana rincian lengkap mengenai ulasan gambar akan terlihat jelas. Exif foto juga cukup efektif untuk mengetahui cara membedakan produk Lenovo asli dan palsu.


Perhatikan Detail Tulisan

Jika anda tidak ingin terkena tipu dengan produk Lenovo fake, maka cara membedakan produk Lenovo asli dan palsu yang disarankan bagi anda yakni dengan memeriksa cetakan tulisan pada perangkat Lenovo atau benda lain yang ikut ada dalam satu paket box. Pada umumnya, akan ada typo tulisan atau juga tulisan keluaran dari negara tertentu. Jika hasil cetakan tulisan pada perangkat mudah luntur, sudah pasti itu merupakan produk palsu alias KW.

Demikianlah 11 Cara Membedakan Produk Lenovo Asli dan Palsu/ Replika/ Fake/ Supercopy. Dan semoga anda lebih bijak dan berhati-hati dalam memilih smartphone yang akan dijadikan kesayangan bagi anda. Cara di atas juga bisa digunakan pada produk Lenovo lain seperti Lenovo Vive C, Lenovo Vibe C2, Lenovo Vibe K5 Plus, Lenovo A7000 Turbo, Lenovo Vibe P1 Turbo, Lenovo K3 Note, Lenovo K4 Note, Lenovo K5 Note, Lenovo A6000 Plus, Lenovo A6010 Plus, Lenovo P70, Lenovo P80, Lenovo P90, dll. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di postingan yang akan datang. Satu lagi, terimakasih telah berkunjung.

11 Cara Membedakan Produk Lenovo Asli dan Palsu/ Replika/ Fake/ Supercopy Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 21:40:00