15 Cara Membuat HP OS Android Tidak Lemot

Cara mengatasi atau membuat HP Android agar tidak lemot sangat penting bagi pengguna smartphone yang memiliki ponsel dengan RAM dan memori internal yang minim. Dengan cara menambah atau memperbesar kapasitas RAM juga sangat membantu mengurangi Hp OS Android yang lambat. Sebenarnya, ada banyak faktor yang menyebabkan Hp kita menjadi lambat, dan bahkan disuatu kondisi bisa membuat ponsel menjadi lag karena ketidak mampuan dalam menjalankan aplikasi atau game yang berat yang membutuhkan grafis yang yang tinggi.

15 Cara Membuat HP OS Android Tidak Lemot

Jika dipostingan sebelumnya membahas tentang cara cek kode IMEI Hp Lenovo untuk mengetahui keaslian ponsel tersebut, maka kesempatan kali ini kita kupas agar smartphone tidak lambat. Jika kita tidak tahu cara membuat atau mengatasi Hp Android agar tidak lemot tersebut, maka akan timbul permasalahan yang akan membuat kita sebagai pengguna merasa risih, dan jengkel. Bagaimana tidak, coba pikirkan seandainya kita sedang bermain game yang lagi seru terus tinggal satu langkah lagi menuju kemenangan, tiba-tiba Hp Android kita macet. Betapa menyebalkan bukan? Atau ketika kita sedang menonton bola, saat sudah hampir Gool, eehh malah macet. Pingin banting rasanya, ahehehe...

Daripada dibanting, sini kasih Bedakan Smartphone saja ahehehe... Kalau tidak mau, ya udah daripada ribut mending cari solusi yang tepat cara mengatasi atau membuat HP Android agar tidak lemot. Berikut ini beberapa tips yang bisa kita terapkan untuk menghilangkan rasa gundah akibat lambatnya Hp Android yang kita miliki.

1. Hapus aplikasi yang tidak terlalu berguna. cara ini bisa membuat HP Android tidak lemot karena kapasitas memori internal menjadi lega sehingga tidak memberatkan smartphone ketika menjalankan aplikasi lainnya. Sisakan hanya aplikasi penting-penting saja untuk menghindari Hp Android jadi lambat.

2. Hindari terlalu banyak widget pada Home Screen. Cara ini juga bisa membuat HP Android tidak lemot karena kebanyakan widget juga memakan kapasitas memori RAM yang banyak juga sehingga memperlambat kinerja Hp Android kita. Bahkan, over  widget bisa membuat smartphone menjadi lag. Jadi, sebaiknya hapus beberapa widget yang tidak penting sehingga membuat kapasitas RAM menjadi longgar.

3. Mengatur, dan mengendalikan lalu lintas data internet. Cara ini juga manjur untuk membuat HP Android menjadi tidak lemot, karena dengan menatur sinkronisasi agar tidak mengambil banyak koneksi paket data internet yang diminta untuk ditampilkan dan di download secar otomatis, selain menghemat baterai, menghemat kuota internet juga mengurangi kinerja RAM yang terlalu berat. Jika Hp Android anda di root, anda bisa gunakan aplikasi untuk melakukan pekerjaan semacam ini dengan Droidwall.

4. Jangan menggunakan antivirus double. Cara ini juga berpengaruh untuk membuat Hp Android tidak lemot. Beberapa aplikasi antivirus biasanya berjalan dibelakang background meskipun tidak kita buka, aplikasi ini tetap berjalan dan memakan RAM yang lumayan besar. Semakin banyak menggunakan antivirus, maka pemakaian RAM juga semakin banyak dan otomatis Hp Android menjadi lambat.

5. Hindari sebisa mungkin penggunaan live wallpaper. Cara ini juga bisa membuat HP Android menjadi tidak lemot. Live wallpaper memang terkesan keren, serta enak dipandang karena lebih menarik. Namun, banyak yang tidak menyadari kalau animasi ini memiliki ukuran yang cukup besar yang ketika dijalankan juga memakan kapasitas RAM yang banyak sehingga menyebabkan Hp Android menjadi lambat. Jika saat ini anda menggunakan live wallpaper, silahkan beralih ke wallpaper biasa saja agar mengurangi kerja keras RAM, dan membuat daya baterai menjadi lebih hemat 30%.

6. Bekukan aplikasi bloatware (aplikasi bawaan Hp Android). Dengan menerapkan hal ini sebagai cara untuk membuat HP Android agar tidak lemot akan menambah kapasitas RAM pada smartphone. Karena, cara kerja bloatware atau aplikasi bawaan ini adalah dengan berjalan dibelakang background sehingga meskipun tidak dibuka aplikasi tersebut akan tetap berjalan. Meskipun kita henri kan aplikasi bloatware ini dengan cara paksa, namun tetap saja aplikasi ini akan terbuka lagi dengan sendirinya. Freeze atau pembekuan bloatware hanya bisa dilakukan pada Hp Android yang telah di root. aplikasi yang bisa digunakan untuk Freeze adalah Titanium Backup atau Link2SD.

7. Gunakan aplikasi pembersih sampah yang tidak berguna. Cara ini cukup efisien dalam membuat HP Android agar tidak lemot. Dengan menghapus sampah-sampah seperti cookies, junk files, folder kosong, dan cache akan menambah kapasitas memori. Dalam hal kebersihan ini, anda bisa percayakan kepada aplikasi pembersih sampah bernama Clean Master.

8. Tutup paksa aplikasi yang tidak berguna. Cara ini juga dianjurkan untuk membuat Hp Android menjadi tidak lemot. Dengan menutup semua aplikasi yang berjalan dibelakang background yang sebenarnya tidak kita inginkan, akan menambah kapasitas RAM anda. Dalam hal paksa memaksa ini, anda bisa gunakan aplikasi yang berjalan otomatis bernama Auto Kill ini.

9. Saat mengisi baterai, biasakan ponsel berada dalam keadaan mati. Kalau cara yang satu ini memang sedikit pengaruhnya dalam membuat HP Android agar tidak lemot. Namun, dengan mengisi daya dalam keadaan mati akan memperpanjang umur baterai dan menjaga sensitivitas, serta responsibilitas Touch screen Hp Android anda. Hal ini juga bisa dikatakan untuk menghindari terjadinya error atau trouble pada smartphone.

10. Kalau bisa, gunakan sebisa mungkin aplikasi yang berbayar. Cara ini juga efektif dalam membuat HP Android supaya tidak lemot. Mengapa harus aplikasi berbayar? Sebenarnya, aplikasi gratis yang tersedia banyak di Google Play Store merupakan aplikasi tahap uji coba, atau bisa dibilang kelinci percobaan. Jika aplikasi tersebut banyak peminatnya, maka akan diupgrade ke versi premium sehingga pengguna diwajibkan untuk membeli. Aplikasi gratis biasanya banyak terdapat ads atau iklan yang muncul ketika kita menggunakan aplikasi tersebut, sehingga kuota internet menjadi semakin boros saja. Untuk menghilangkan iklan pada sebuah aplikasi Hp Android, kita bisa gunakan aplikasi Lucky Patcher.

11. Hapus file yang tidak terlalu penting. Demi menambah atau memperbesar kapasitas memori, cara ini sangat dianjurkan supaya membuat HP Android menjadi tidak lemot. Pasti disetiap smartphone punya history sendiri bagi penggunanya, sehingga begitu banyak file yang disimpan didalam memori ponselnya seperti foto, video, dokumen, catatan, dan file lainnya yang mempersempit ruang penyimpanan memori. Untuk membuat longgar ruang penyimpanan memori, beberapa file yang tidak terlalu penting harus di hapus, atau jika masih sayang untuk menghapusnya, kita bisa membeli kartu memori yang baru sebagai cadangan.

12. Hindari Multi tasking yang terlalu banyak. membuka  terlalu banyak aplikasi sekaligus akan memakan RAM yang banyak pula. Jika kapasitas RAM penuh, maka Hp Android akan lag dan kemungkinan akan restart dengan sendirinya. Jadi gunakan cara ini untuk membuat Hp Android agar tidak lemot dengan menutup aplikasi yang dianggap tidak terlalu penting, sehingga menambah atau memperbesar ruang kapasitas memori RAM sekaligus menghemat daya baterai dan umur baterai menjadi lebih panjang.

13. Install aplikasi sesuai dengan spesifikasi Hp Android. Selain membuat Hp Android menjadi tidak lemot, juga bermanfaat menambah atau memperbesar kapasitas RAM pada Hp Android. Jika kita punya ponsel dengan RAM 512, jangan sembarangan memasang aplikasi yang berukuran besar. Alih-alih ingin menjalankan aplikasi tersebut, nanti justru menimbulkan masalah yang menyebabkan Hp Android kita jadi macet, karena RAM yang kecil serta dukungan grafis yang belum memadai.

14. Hati-hati saat melakukan customisasi ROM. Jika kita sering mengganti ROM pada Hp Android dengan tujuan agar tidak bosan, pilihlah ROM yang menawarkan penghematan pemakaian RAM, memori internal dan hemat daya baterai. Hal ini juga merupakan salah satu cara untuk membuat HP Android menjadi tidak lemot.

15. Gunakan tema launcher yang ringan dan minimalis. Launcher atau tema pada Android juga sangat berpengaruh terhadap kecepatan ponsel kita. Pemakaian launcher yang menggunakan animasi dan efek yang keren juga memakan kapasitas RAM Hp Android kita. Launcher memang terlihat lebih menarik, namun jika menyebabkan lemot maka patut untuk di basmi sampai ke akar-akarnya. Cara ini juga sangat efektif untuk membuat Hp Android agar tidak lemot.

Jika anda mengikuti semua tips cara membuat HP Android tidak lemot di atas dengan benar, maka smartphone anda akan terbebas dari yang namanya lambat maupun terjadinya lag. karena, tips di atas bisa menambah atau memperbesar kapasitas RAM Hp Android yang anda gunakan. Jadi tunggu apalagi, buang jauh-jauh lemot yang membuat anda menjadi risih, sekaligus menjengkelkan dengan cara tersebut di atas.

Setiap orang tentu memiliki cara yang unik tersendiri untuk menambah atau memperbesar kapasitas RAM demi meningkatkan performa smartphone kesayangan mereka. Jika anda mempunyai cara unik lain selain cara yang disebutkan di atas, mohon memberikan ilmunya kepada kami semua agar sama-sama mendapatkan manfaat dalam mengatasi masalah Hp Android yang lambat atau suka lag. Demikian postingan 15 Cara Membuat HP OS Android Tidak Lemot ini saya akhiri, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan terimakasih atas kunjungannya ke blog yang sederhana ini.

15 Cara Membuat HP OS Android Tidak Lemot Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 14:05:00