20 Kelebihan Android VS iPhone

Ketenaran Android membuktikan bahwa robot hijau ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan iPhone, bahkan diberbagai website juga cukup banyak yang memperbincangkan versus (VS) antara kedua Operating System (OS) yang sama-sama popular dikalangan masyarakat ini. Namun, berdasarkan survey pengguna Android jauh lebih banyak keting iPhone, artinya Android pasti memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh iOS. Seperti apa kelebihan android? Silahkan simak berikut ini.



1. Open Source
 
Karena Android merupakan sebuah system yang didasari oleh Linux, OS ini memiliki kelebihan mampu dimodifikasi oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Kemudahan ini membuat beberapa pengembang memodifikasi Android seperti Touch Wizh (Samsung), MiUI (Xiaomi), ZENUI (Asus), VibeUi (Lenovo), ColorOS (Oppo), dan masih banyak pengembang lainnya. Sedangkan iPhone bersifat tertutup (malu-malu) sehingga tidak bisa dilakukan modifikasi sesuai selera pengguna.

2. Banyak Aplikasi Gratis
 
Banyak pengguna iPhone yang mengeluhkan harga aplikasi yang mahal, dan untuk aplikasi gratisan sangat jarang diberikan oleh pihak Apple. Berbeda dengan Android, karena pengembang aplikasi robot hijau ini sangat banyak membuat aplikasi gratis juga tersedia banyak di Google Play Store. Hal inilah yang menjadi kelebihan Android yang tidak bisa kita temukan di iPhone.

3. User Interface
 
Android sangat mudah di operasikan oleh pengguna awam sekalipun. Selain itu, kelebihan unik dari Android adalah jauh dari kata membosankan. Mengapa Android dikatakan tidak membosankan? Karena robot hijau ini bersifat open source, sehingga para pengembangnya membuat berbagai custom ROM yang bisa digunakan oleh setiap orang. Jadi, kalau bosan dengan dengan UI bawaan kita bisa menggantinnya dengan custom ROM yang sesuai selera masing-masing. Tak hanya itu saja, launcher juga tersedia banyak di Google play Store yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan, iPhone sendiri tidak bisa melakukan custom ROM. Akibatnya, ketika pengguna merasa jenuh mereka lebih cenderung menjual smartphone mereka dan beralih ke smartphone yang menggunakan OS yang unik seperti Android.

4. Ukuran Layar Beragam
 
Penggunaan ukuran layar pada OS Android sangat bermacam-macam, dari layar kecil hingga layar lebar semuanya support pada robot hijau ini. Sedangkan, di iPhone ukurang layarnya paling besar saat ini adalah 5,5 inchi dan itupun baru keluar setelah Android dengan layar lebar laris dipasaran.

 5. Support Slot MicroSD
 
Bagi pengguna iPhone hal ini tentu tidak asing lagi, karena iOS sejak dulu hingga sekarang belum pernah menyematkan slot microSD dalam smartphone mereka. Android memiliki kelebihan yang lebih menarik karena support terhadap slot microSD dengan beragam kapasitas sesuai dengan harga dan kualitasnya.

6. Baterai Bisa di Lepas
 
Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa semua produk dari Apple memiliki baterai yang tidak bisa dibuka oleh sembarang orang kecuali dibawa ke service handphone. Kelebihan baterai yang tidak bisa dibuka adalah demi keamanan perangkat.Namun, Android justru menyajian dua pilihan yakni baterai yang bisa di lepas dan baterai tidak bisa dilepas. Artinya, untuk menyasar pasar dunia Android menyesuaikan dengan perangkat yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

7. Banyak Pilihan
 
Jika dilihat dari segi bentuk, iPhone series terdahulu hingga sekarang tetap saja memiliki bentuk yang sama alias monoton. Bagi beberapa orang tentu merasakan kejunuhan ketika memiliki smartphone ini. Berbeda dengan Android, karena pengembangnya banyak maka yang memproduksi juga berasal dari beragam vendor yang membuat desain bentuk, warna, dan UI juga berbeda-beda.

8. Kustomisasi Layar
 
Homescreen milik iOS tidak bisa dilakukan customisasi sehingga terlihat standar-standar saja seperti biasanya. Android hadir dengan wajah yang berbeda, dimana pengguna sendiri bebas melakukan kustomisasi terhadap homescreen mereka, seperti menambahkan widget, mengganti wallpaper animasi, dan shortcut aplikasi.

9. Port USB
 
Semenjak kehadiran iPhone 5, Apple telah merubah port USB yang tadinya 30 pin menjadi 8 pin. Hal ini menimbulkan kesulitan bagi mereka yang mempunyai dua smartphone Apple karena harus membawa dua charger juga. Berbeda dengan Android yang menggunakan port USB yang sama sehingga mempermudah penggunanya karena memiliki standarisasi yang baik. Jika kita mempunyai dua smartphone Android, cukup hanya membawa satu charger saja.

10. Harga Terjangkau
 
Android sangat bijaksana dalam menyematkan OS mereka karena pengguna yang berasal dari kalangan kelas bawah hingga kalangan kelas atas bisa menikmatinya. Oleh karena smartphone android memiliki harga yang terjangkau bagi konsumen. Sedangkan, iPhone hanya bisa dinikmati kalangan kelas atas saja. Hal ini membuat smartphone Apple tidak begitu terkenal di masyarakat secara luas.

11. Support NFC
 
Nier Field Communications (NFC) merupakan fitur terbaru yang telah banyak disematkan diberbagai smartphone premium. Melalui NFC, pengguna cukup mendekatkan dua perangkat lalu mengetuk foto yang ingin di transfer, maka dalam waktu singkat gambar langsung masuk ke perangkat yang dituju. Perangkat dengan OS Android sudah banyak yang menggunakan fitur ini, namun iOS sama sekali tidak menyematkan fitur ini dalam perangkat Apple mereka.

12. Pola Kunci Beragam
 
Pada smartphone terbaru besutan Apple memang bisa membuka kunci dengan sidik jari dan kode akses.namun, pada Android justru lebih banyak lagi seperti sidik jari, pola, kode akses, dan deteksi wajah.

13. Menikmati Hiburan
 
Kita bisa menikmati hiburan seperti musik dari Android langsung dan bebas sumber file dari manapun. Sedangkan iPhone, pengguna harus terhubung dengan iTunes jika ingin smartphone mereka memuat lagu-lagu. Selain itu, jika ingin transfer foto juga harus menggunakan iPhoto.

14. Dukungan Pihak Ketiga
 
Ini merupakan kelebihan Android yang paling banyak orang suka, kita bisa mengirim aplikasi dari sesama Android, atau kita bisa download melalui PC lalu mengirimnya ke perangkat dan langsung bisa kita install. iPhone tidak bisa melakukan hal ini, karena semua aplikasi dibuat dari pihak Apple langsung, sehingga untuk melakukan install harus melalui toko aplikasi Apple Store.

15. Multi Akun
 
Kita bisa membuat beberapa akun dalam sebuah perangkat android yang sama, dan membatasi setiap informasi dari akun masing-masing pengguna. Sedangkan iPhone tidak bisa melakukan hal ini, pihak Apple hanya memberikan izin satu pengguna dalam satu perangkat.

16. Terintegrasi Layanan Google
 
Karena Android merupakan OS milik Google, sudah pasti Google sangat mendukung dengan banyak hal, salah satunya yaitu integrasi. OS robot hijau ini secara langsung bisa terintegrasi dengan dengan layanan google. Mulai dari Email, Kontak, drive, dan lain-lain, dengan hanya sekali login saja.

17. Aplikasi Peta

iPhone memang menggunakan aplikasi peta yang bernama Apple Maps, namun, menurut beberapa statement masih banyak hal yang perlu dilakukan perbaikan. Sedangkan, pada OS Android menurut beberapa pendapat kebanyakan orang, Google Maps disebut sebagai aplikasi peta dengan teknologi terbaik saat ini. Hal ini sesuai dengan sejarah baahwa Google Maps lebih dulu berdiri ketimbang Apple Maps.

18. Dukungan Controller
 
Karena kelebihan Android yang open source membuat siapa saja memproduksi aksesoris Android dengan bebas tanpa melalui proses izin rumit. Hal ini menguntungkan para pembuat controller game karena mereka bisa lebih bebas membuatnya. Kita bahkan juga bisa menggunakan Controller Sony Playstation untuk memainkan game favorit di Android. Sedangkan di iPhone cukup terbatas karena tidak ada pengembangnya secara bebas.

19. File Manager
 
Beberapa cukup mengeluhkan berkas yang ada pada iPhone yang tidak terpisah. Berbeda dengan Android yang memiliki berkas-berkas seperti unduhan  foto, gambar, dan screenshot yang disimpan dari kotak yang terpisah dalam folder tersendiri.

20. Sinkronisasi Data
 
Dalam hal sinkronisasi, Android memiliki kelebihan yang paling baik ketimbang iPhone. Pengguna Android dengan mudah dapat melakukan sinkronisasi data dengan memasukan akun Gmail. Hal itu membuat pengguna Android secara otomatis dapat melihat data- data mereka, seperti riwayat Chrome, daftar kontak, dan semua layanan Google lainnya. Sedangkan, pengguna iPhone tidak bisa melakukan hal itu. Pengguna iPhone harus memasukan data layanan aplikasi Google satu per satu di Ios mereka.

Bagaimanakah dengan 20 Kelebihan Android VS iPhone di atas? Mungkin hal itu akan membuat kita berpikir dua kali untuk menentukan pilihan. Cara yang paling baik untuk memilih adalah sesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing. Dan jangan lupa lihat budget juga, apabila tidak cukup jangan dipaksakan. Semoga kita semu menjadi lebih bijak, terimakasih.

20 Kelebihan Android VS iPhone Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 18:32:00