10 Tips Cara Membedakan Asus Zenfone Asli dan Palsu

Bedakan Smartphone -- Kehadiran Asus Zenfone asli seperti Asus Zenfone 3 (Ultra, Deluxe), Zenfone 2 Laser, Zenfone Go, Zenfone 4, Zenfone 5, Zenfone Max, Zenfone 6, dll juga memunculkan berbagai produk palsu, replika, KW maupun supercopy yang memang membuat resah masyarakat di Indonesia. Negara Indonesia memang menjadi sasaran empuk bagi produk-produk semacam itu. Jika anda tidak ingin tertipu seperti saya sebaiknya waspada dengan kehadiran produk semacam itu. Oleh karena itu, saya membuat artikel ini demi untuk mempermudah teman-teman dalam membedakan produk asli dengan produk palsu yang kini beredar di Negara kita tercinta.

Asus Zenfone 2 Hitam

Pada postingan sebelumnya saya pernah membahas tentang kelebihan dan kekurangan smartphone Asus Zenfone 3 dan Asus Zenfone 2 dengan tujuan agar anda lebih bijak dalam memilih smartphone sesuai kebutuhan. Oke tak usah lama-lama, silahkan anda simak tips cara membedakan Asus Zenfone asli dan palsu berikut ini:

1. Uji Benchmark
Dengan cara ini, tentunya akan lebih dapat dipercaya informasi tentang perangkat mobile yang ingin diketahui statusnya tersebut. Menggunakan aplikasi uji coba Benchmark, maka dapat diketahui performa sampai dengan kecepatan dari perangkat sesuai dengan spesifikasinya.

2. Amati Body Asus
Pada umumnya, setiap vendor selalu memiliki ciri khas akan produk yang dikeluarkannya. Walaupun terlihat sama, namun bentuk, desain dan warna perangkat asli dan palsu berbeda. Berat, ukuran layar serta detail dari perangkat juga dapat dijadikan acuan untuk mengetahui apakah barang tersebut palsu atau asli.

3. Periksa NFC Connector
Pada setiap device, baris NFC connector akan terlihat berupa seperti jalur timah kuning. Namun di perangkat palsu, NFC Connector ini akan terlihat lebih jelas, sedangkan di perangkat asli akan terlihat sedikit saja dan lebih terkesan terlindung.

4. Harga Asus Zenfone
Jangan pernah mau jika anda di iming-imingi dengan harga Asus Zenfone yang murah, seperti Asus Zenfone 3, Zenfone 2, Zenfone 5, Zenfone 6 dan produk Zenfone lainnya dari Asus. Kewaspadaan anda adalah langkah awal yang sangat penting agar terhindar dari penipuan produk Asus Zenfone palsu yang berkedok harga murah.

5. Letak Fitur Asus
Perhatikan penampakan belakang Asus Zenfone supercopy, bentuk lampu flash nya terlalu besar. Letak tombol volume, kamera depan, tombol back berbeda dengan Asus Zenfone original yang letak lampu flash berada di bawah lensa dan terlihat lebih kecil, sedangkan tombol back ada di sebelah kiri dan kamera depan ada di sebelah kanan.

6. Cek IMEI Asus
Cara ini sangat penting sekali karena bisa menentukan bahwa ponsel Asus Zenfone anda benar-benar asli. Anda bisa mencocokkan nomor IMEI dengan menekan tombol *#06# lalu cocokkan dengan IMEI yang ada pada Dusbox Asus Zenfone milik anda. Cocokkan juga IMEI yang berada dibagian belakang dekat baterai.

7. Amatilah Spesifikasi Asus
Anda bisa cek apa saja spesifikasi smartphone Asus Zenfone 3, Zenfone 6, Zenfone 5, Zenfone 2 dan produk Asus Zenfone lainnya sebelum anda membelinya, jika spesifikasinya tidak sesuai maka sudah dipastikan bahwa itu adalah produk palsu. Jika anda membeli Asus Zenfone lalu tidak sesuai dengan spesifikasi maka itu sudah pasti 100% produk palsu alias replika.

8. Asus Pakai Chipset Intel
Asus memang menjalin kerjasama dengan perusahaan besar bernama Intel untuk menyematkan chipset dalam beberapa smartphone series Zenfone. Jika smartphone Asus yang anda miliki tidak menggunakan chipset tipe Intel Atom ini, sudah pasti itu produk palsu.

9. Kejernihan Layar Asus
Kerapatan pixel pada Asus Zenfone asli menentukan ketajaman warna pada saat smartphone sedang digunakan. Produk Asus Zenfone ori memiliki warna cahaya yang terang dan jernih, sedangkan produk Asus Zenfone palsu memiliki warna layar putih kekuning-kuningan dan terlihat agak buram.

10. Cek Garansi Asus
Semua smartphone apapun mereknya pasti selalu memberikan garansi 1 tahun bagi konsumen yang dijadikan bukti untuk meyakinkan pembeli bahwa produk mereka berkualitas dalam jangka waktu yang telah ditentukan tersebut. Jika anda ditawarkan Asus Zenfone dengan harga murah dengan syarat garansi hanya 6 bulan saja, sebaiknya anda tolak mentah-mentah. Karena produk tersebut sudah pasti palsu karena tidak sesuai dengan standar garansi yang telah ditetapkan.

Kesimpulan
Inti dari pembahasan di atas adalah memberikan kewaspadaan kita dalam membeli smartphone dengan memperhatikan tips di atas sehingga kita tidak terjebak dalam perangkap si pelaku kejahatan. 

Demikianlah postingan yang dapat disampaikan tentang 10 Tips Cara Membedakan Asus Zenfone Asli dan Palsu, Replika, Supercopy serta KW. Seperti Asus Zenfone 3 (Ultra, Deluxe), Zenfone 2 Laser, Zenfone Go, Zenfone 4, Zenfone 5, Zenfone Max, Zenfone 6, dll. Semoga kita semua lebih bijak dan cermat dalam menentukan pilihan yang benar  terhadap smartphone agar tidak menyesal dan kecewa dikemudian hari. Terimakasih...

10 Tips Cara Membedakan Asus Zenfone Asli dan Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 17:58:00