5 Perbedaan Custom ROM China dan Global di MiUI

Bedakan Smartphone -- Pasti udah tau Xiaomi kan? Perusahaan asal Tiongkok ini yang bergerak dalam bidang teknologi ini seperti sepeda pintar, jam pintar, rescooker, sepatu pintar dan lain-lain. Tetapi, yang saya bahas kali ini adalah perbedaan. Apanya yang beda? Lebih tepatnya pada bagian smartphone tepatnya pada Custom ROM China version dan Global version di MiUI.

MiUI ROM

Beberapa orang memang aneh mendengar nama Xiaomi karena ketenarannya tak seperti Samsung, apalagi mendengar custom ROM yang biasanya hanya diketahui oleh pengamat gadged saja dan masyarakat awam tidak terlalu paham akan hal ini. Bagi orang yang paham custom ROM saja masih dibingungkan dengan tersedianya dua varian yakni Custom ROM China dan Global MiUI. Apa yang beda diantara kedua custom ROM tersebut? Mari kita bahas berikut ini.

1. Bahasa Yang Digunakan
Udah pasti dong dari segi bahasanya berbeda, Custom ROM China menggunakan Bahasa local sana yang paling diutamakan termasuk aplikasi di dalamnya. Meskipun Custom ROM China menyediakan pilihan Bahasa laing seperti Inggris, namun beberapa aplikasi akan tetap berbahasa China. Sedangkan Custom ROM Global sesuai dengan namanya yakni mengutamakan Bahasa yang dikenal secara Internasional.

2. Aplikasi Yang Tersedia
Peraturan dari Negeri Tirai Bambu tidak memperbolehkan adanya Facebook, Google, dan beberapa aplikasi penting lainnya. Jadi Custom ROM China sudah pasti tidak ada beberapa aplikasi yang popular seperti di atas. Sedangkan pada Custom ROM Global semuanya lengkap sesuai dengan popularitas secara Internasional. Selain itu, ROM China yang kita install juga tidak menyertakan GAPPS (Google Apps and Services) seperti PlayStore, Keep, Maps, Gmail, dll karena di Tiongkok memang dilarang. Sebagai gantinya, MIUI di versi China ini menyertakan beberapa “bloatware” aplikasi China yang sebenarnya bagi kita (para pengguna di luar Tiongkok) tidak berguna, tetapi bagi mereka yang tinggal di Tiongkok akan sangat berguna sekali. Agar bisa menggunakan GAPPS, caranya dengan menginstall menggunakan Google Installer.

3. Jumlah Tema
Kelebihan lain dari ROM China ini adalah pilihan tema yang lebih banyak ketimbang versi Global. Hal ini dikarenakan ROM ini dibuat di Tiongkok, sehingga lebih banyak dikedepankan kepada masyarakat setempat daripada masyarakat Internasional. Selain itu, China merupakan Negara RRC yang memiliki jumlah penduduk paling banyak di dunia, sehingga langkah yang diambil Xiaomi bisa disebut tepat sasaran.

4. Root dan Garansi
Jika pada ROM Global kita root, maka garansinya secara otomatis akan hilang sehingga tanggungjawab dipegang sepenuhnya oleh si pengguna smartphone Xiaomi. Kelebihan custom ROM China adalah native root atau sudah berada dalam keadaan yang sudah di root ketika baru membeli.

5. Update Versi Terbaru
Lagi-lagi ROM China lebih unggul ketimbang Global karena setiap kali ada update terbaru dari Xiaomi, ROM China terlebih dulu diprioritaskan dan ROM Global datang agak terlambat. Hal ini kemungkinan karena ROM Global membawa aplikasi yang lebih banyak daripada ROM China.

Sekarang kembali ke pilihan anda, setelah mengetahui beberapa perbedaan di atas. Custom ROM China lebih unggul dari beberapa hal, namun memiliki kekurangan juga di beberapa sesi seperti tidak tersedianya aplikasi popular yang terkenal secara Internasional. Custom ROM Global MiUI memang memiliki banyak kekurangan seperti update yang terlambat, namun dibalik kekurangan itu ROM Global memiliki Bahasa yang lebih lengkap sehingga bisa disesuaikan oleh si pengguna secara Internasional.

5 Perbedaan Custom ROM China dan Global di MiUI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 01:20:00