Kelebihan dan Kekurangan ASUS Zenfone 3

Semenjak ASUS perkenalkan Zenfone 4, 5, dan 6 tahun 2014 di Indonesia, series Zenfone menjadi begitu terkenal dikalangan masyarakat di Tanah Air. Dengan harga yang terjangkau dan spesifikasi yang tinggi serta menawarkan kelebihan ZENUI yang khas membuat produk ASUS laku dipasaran.

ZENUI yang merupakan modifikasi dari android ini memang tergolong unik bagi beberapa konsumen khususnya di Indonesia. Selain menawarkan user interface yang unik, kelebihan lain yang dimiliki ASUS adalah memakai prosesor besutan Intel yang memang sudah tenar di dunia komputer, laptop, notebook, dan netbook.

Produk baru-baru ASUS yang sedang naik daun saat ini yakni Zenfone 2, lalu menyusul Zenfone 2 Deluxe dan diikuti Zenfone 2 Laser serta Max. Kelebihan Asus Zenfone 2 memang bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan harian masyarakat Indonesia. Saking suksesnya dengan series Zenfone membuat kehadiran Zenfone 3 sangat ditunggu-tunggu oleh Fans ASUS di Indonesia.

ASUS Zenfone 3
ASUS Zenfone 3

Kelebihan ASUS Zenfone 3
Apa saja kelebihan yang disuguhkan oleh ASUS Zenfone 3 terbaru ini, silahkan anda lihat ulasannya di bawah ini.

1. Desain Metal
Untuk tetap bisa bersaing dengan competitor terkenal lainnya seperti Samsung, Xiaomi, Meizu, Oppo, Sony, dan brand lainnya, ASUS membalut Zenfone 3 dengan bahan metal yang terkesan elegan. Keputusan ASUS untuk meninggalkan smartphone yang berbahan plastic terbilang tepat karena jika tidak demikian ASUS tidak akan laku dipasaran.

2. Kamera 12 MP

Layaknya Galaxy S7 dan iPhone SE yang menggunakan kamera 12 mega pixel, ASUS Zenfone 3 juga tidak mau kalah saingan dengan competitor premium tersebut. Selain desain yang dirombak, kamera pada smartphone ini juga mengalami peningkatan yang lebih baik dari generasi ASUS sebelumnya. Terbukti dengan disematkannya bukaan sensor yang lebih besar dan disokong dengan dual LED flash namun masih tetap mempertahankan teknologi laser auto fokus yang selalu menjadi andalan ASUS pada series Zenfone sebelumnya.

Sedangkan untuk kebutuhan selfie dengan kualitas yang bagus bagi konsumen, kamera depan pada ASUS Zenfone 3 meningkat yang sebelumny 5 mega pixel pada ASUS Zenfone 2 kini menjadi 8 mega pixel serta dilengkapi dengan fitur LED Flash untuk memperjelas gambar.

3. Support Sensor Sidik Jari
Bukan hal yang menakjubkan lagi apabila ASUS memutuskan untuk menyematkan teknologi finger print pada device terbaru mereka. Pasalnya, banyak sekali telah beredar dipasaran smartphone dari kelas menengah ke bawah hingga kelas menengah ke atas sudah menggunakan teknologi yang kekinian ini. Dengan membenamkan teknologi sidik jari pada ASUS Zenfone 3 merupakan pilihan yang tepat karena semakin padatnya persaingan dibidang smartphone.

4. Port USB Type C
Selain finger print, hardware yang termasuk kekinian saat ini yang belum banyak digunakan oleh vendor smartphone adalah USB Type C. Agar tidak terkesan ketinggalan zaman terhadap teknologi terbaru, ASUS Zenfone 3 juga dibekali dengan USB Type C ini.

5. Panel Kaca Melengkung

Terkesan dengan tampilan Samsung Galaxy S6 Edge dan S7 yang menggunakan panel layar melengkung, ASUS juga melakukan inovasi sesuai dengan perkembangan zaman dengan membuat panel layar lengkung 2.5D pada ASUS Zenfone 3 yang berada di bagian depan maupun belakang.

6. Varian ASUS Zenfone 3
Agar mampu menyasar pangsa pasar yang lebih luas, ASUS rencananya akan mengeluarkan ASUS Zenfone 3 Deluxe. Berkaca dari kesuksesan ASUS Zenfone 2 sebelumnya yang juga tersedia beberapa varian sehingga konsumen bebas memilih sesuai dengan kebutuhan mereka.

7. Perbedaan Varian ASUS Zenfone 3
ASUS Zenfone 3 yang hadie dengan desain premium dan beberapa penambahan fitur terbaru pasti menarik peminat untuk membeli device tersebut. Tetapi, varian yang lebih premium lagi yakni ASUS Zenfone 3 Deluxe membawa desain yang lebih cantic dilengkapi dengan tombol home yang berbentuk fisik dengan bulatan oval yang mirip dengan Xiaomi Mi5 atau smartphone Samsung.

8. Mengusung Layar HD
Demi kemudahan pengguna dalam melakukan interaksi dengan smartphone kesayangan mereka, ASUS benar-benar mengerti keinginan penggunanya dengan dikeluarkannya ASUS Zenfone 3 layar 5,5 inchi. Resolusi yang dihadirkan sebesar 1080x1920 pixel membuat tampilan smartphone ini menjadi lebih berkelas.

9. Peforma Meningkat

Siapa yang tidak mengenal raksasa yang terkenal dibidang computer bernama Intel ini. Demi untuk menunjukkan keseriusan kerja samnya dengan Intel, ASUS menggunakan chipset besutan Intel untuk menambah peforma smartphone terbaru ASUS Zenfone 3. ASUS juga menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 650 dengan kapasitas RAM lega sebesar 3 GB serta ruang penyimpanan hingga 32 GB.

Kekurangan ASUS Zenfone 3
Setiap produk keluaran terbaru pasti menawarkan kecanggihan yang lebih baik dari pada generasi sebelumnya. Itulah yang dilakukan ASUS dengan device terbarunya ASUS Zenfone 3 yang memperbaiki beberapa desain dan fitur yang ada pada ASUS Zenfone 2. Meskipun Zenfone 3 merupakan generasi baru pasti memiliki kekurangan yang harus anda pertimbangkan sebelum membelinya.

1. Baterai Non-Removeable

Seperti produk ASUS sebelumnya yang kebanyakan menggunakan baterai yang tidak bisa dilepas langsung oleh penggunanya. Untuk melepasnya, anda harus membawanya kepada orang yang ahli. Selain itu, tipe baterai non-removeable memiliki kekurangan yang fatal yakni “Cepat Panas” karena kedap udara.

2. Tidak Mendukung Java
Bagi beberapa orang memang hal ini tidak terlalu penting dan bahkan tidak zaman lagi menggunakan Java. Namun, bagi beberapa orang yang menyukai Java tentu ASUS Zenfone 3 ini akan di anggap sebagai kekurangan karena tidak support Java.

Untuk spesifikasi detailnya, menurut kabar yang dilansir dari PhoneArena, ASUS akan resmi merilis ASUS Zenfone 3 pada bulan depan 2016. Pantaskah ASUS Zenfone 3 ini dijadikan sebagai smartphone andalan? Kita lihat saja nanti Review yang dilakukan oleh beberapa penggemar gadget.

Kelebihan dan Kekurangan ASUS Zenfone 3 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 01:01:00