10 Perbedaan Smartphone Xiaomi Asli dan Palsu

10 Perbedaan Smartphone Xiaomi Asli dan Palsu
Sebagai masyarakat yang cerdas, anda harus tahu perbandingan atau perbedaan smartphone Xiaomi asli dengan palsu sebagai langkah awal ketika anda hendak membeli smartphone yang sesuai dengan kebutuhan. Seperti diketahui bahwa produk Xiaomi khususnya dalam bidang gadget memang sedang naik daun sehingga banyak konsumen memburu perangkat besutan perusahaan asal China ini. Beberapa produknya yang popular yakni Xiaomi Redmi 2 Prime, Redmi 3 Pro, Xiaomi Redmi Note 4, Xiaomi Mi4 (termasuk Xiaomi Mi 4i, Mi 4C, Mi 4S), Xiaomi Mi5, Mi6, Xiaomi Redmi Note 2, Note 3 Pro, dan produk Xiaomi lainnya.


Popularitas smartphone Xiaomi di atas tidak semerta-merta berjalan mulus saja, banyak kendala yang menimpa perusahaan asal Tirai Bambu ini seperti pelaku kejahatan dengan membuat smartphone palsu. Pelaku memang senang mengincar Vendor yang sedang naik daun sehingga mereka mendapatkan banyak keuntungan menjual dengan harga yang jauh di bawah standar. Baca postingan sebelumnya Perbedaan Xiaomi Mi6 VS Mi5.

Smartphone Xiaomi palsu, replika, supercopy, KW atau tiruan memang memiliki harga yang sangat murah ketimbang smartphone aslinya. Namun memiliki kekurangan yang fatal dan bahkan akan membuat penggunanya sangat menyesal karena telah membeli produk tersebut. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Beda HP memberikan 10 tips cara membedakan smartphone Xiaomi asli dan palsu.

1. Cek Spesifikasi Xiaomi
Anda bisa cek apa saja spesifikasi smartphone Xiaomi Redmi 2 Prime, Xiaomi Redmi 3 Pro, Xiaomi Mi5, Xiaomi Mi6 Xiaomi Mi Max, Xiaomi Redmi Note 3 dan produk Xiaomi lainnya sebelum anda membeli devicenya, jika spesifikasinya tidak sesuai maka sudah dipastikan bahwa itu adalah produk palsu. Jika anda membeli Xiaomi lalu tidak sesuai dengan spesifikasi maka itu sudah pasti 100% barang tiruan atau supercopy.

2. Baterai Xiaomi
Perbedaan antara baterai smartphone Xiaomi dengan perangkat dari vendor lain adalah warna baterainya yang khas. Xiaomi melapisi baterai pada setiap devicenya dengan warna orange yang terlihat menarik. Kemungkinan besar produk Xiaomi Palsu biasanya malas untuk melakukan hal ini karena takut menghabiskan banyak dana.

3. Kejernihan Layar Xiaomi
Kerapatan pixel pada Xiaomi asli menentukan ketajaman warna dan kejernihan gambar pada saat smartphone tersebut sedang digunakan. Produk Xiaomi ori memiliki warna cahaya yang terang dan jernih, sedangkan produk Xiaomi palsu memiliki warna layar putih kekuning-kuningan dan terlihat agak buram.

4. Ujilah Benchmark
Dengan cara ini, tentunya akan lebih dapat dipercaya informasi tentang perangkat mobile yang ingin diketahui statusnya tersebut. Menggunakan aplikasi uji coba Benchmark, maka dapat diketahui performa sampai dengan kecepatan dari smartphone tersebut sesuai dengan spesifikasinya.

5. Desain Body Xiaomi
Pada umumnya, setiap vendor selalu memiliki ciri khas akan produk yang dikeluarkannya. Walaupun terlihat sama, namun bentuk, desain dan warna smartphone asli dan palsu berbeda. Berat, ukuran layar serta detail dari perangkat juga dapat dijadikan acuan untuk mengetahui apakah barang tersebut palsu atau asli.

6. Kapasitas RAM
Semenjak vendor asal Negeri Tirai Bambu ini terkenal di Indonesia, Xiaomi selalu menyematkan kapasitas RAM paling kecil 1 GB. Apabila produk Xiaomi palsu kapasitasnya pasti di bawah aslinya. Kalau tidak, mereka pasti akan rugi.

7. Harga Xiaomi
Jangan pernah mau jika anda di iming-imingi dengan harga smartphone Xiaomi yang murah, seperti Xiaomi Redmi 2 Prime, Xiaomi Redmi 3 Pro, Xiaomi Mi5, Xiaomi Mi6 Xiaomi Mi Max dengan harganya dibawah standar pasaran. Kewaspadaan anda adalah langkah awal yang sangat penting agar terhindar dari penipuan produk Xiaomi palsu yang berkedok harga murah.

8. Cek ROM Xiaomi
Untuk pemasaran ke negara lain Xiaomi menggunakan custom ROM global yang memiliki standarisasi pemasaran produk. Kemungkinan besar smartphone Xiaomi palsu akan menggunakan ROM abal-abal yang disematkan banyak sekali embel-embel.

9. Cek IMEI Xiaomi
Cara ini sangat penting sekali karena bisa menentukan bahwa smartphone Xiaomi anda benar-benar asli. Anda bisa mencocokkan nomor IMEI dengan menekan tombol *#06# lalu cocokkan dengan IMEI yang ada pada Dusbox Xiaomi milik anda. Cocokkan juga IMEI yang berada dibagian belakang dekat baterai.

10. Cek Garansi Xiaomi
Semua smartphone apapun mereknya pasti selalu memberikan garansi 1 tahun bagi konsumen yang dijadikan bukti untuk meyakinkan pembeli bahwa produk mereka berkualitas dalam jangka waktu yang telah ditentukan tersebut. Jika anda ditawarkan smartphone Xiaomi dengan harga murah dengan syarat garansi hanya 6 bulan saja, sebaiknya anda tolak mentah-mentah. Karena produk tersebut sudah pasti palsu karena tidak sesuai dengan standar garansi yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Cara Buka Kunci HP Xiaomi Lupa Sandi/ Password Tanpa Reset

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi anda, salam dari Beda HP. Penulis kembali mengingatkan agar waspada membeli beberapa produknya smartphone Xiaomi yang popular saat ini seperti Xiaomi Redmi Note 2, Xiaomi Redmi 2 Prime, Xiaomi Redmi Note 4, Redmi 3 Pro, Mi5, Xiaomi Mi6, Xiaomi Mi Max, dan produk Xiaomi lainnya. Karena pelaku kejahatan memang sedang mengincar smartphone yang sedang naik daun untuk dijadikan target dalam membuat produk palsu, supercopy, replika, tiruan atau KW. Untuk postingan lain terkait HP Xiaomi, silahkan lihat di bawah!

10 Perbedaan Smartphone Xiaomi Asli dan Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 20:06:00