11 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy C5

11 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy C5
Setia dengan konsumen yang selalu menantikan series terbarunya, perusahaan asal korea ini menghadirkan kelebihan pada keluarga series C seperti Samsung Galaxy C3, C5 dan C7 dengan tampilan yang premium. Khusus untuk Samsung Galaxy C5 memang sengaja diposisikan untuk bersaing dikelas menengah dengan menawarkan spesifikasi yang cukup tinggi namun memiliki harga yang terjangkau.


Seperti dilansir dari Gsmarena.com, Samsung Galaxy C5 menggunakan layar berukuran 5,2 inchi dengan tampilan Super AMOLED capacitive touchscreen dan dilengkapi 16 juta warna. Samsung Galaxy C5 pun memiliki varian warna yang terdiri dari Silver, Gray, Gold, dan Rose Gold. Anda bisa memilih sesuai dengan kesukaan masing-masing. Tak tanggung-tanggung series C5 ini menggunakan resolusi yang tinggi yakni 1080 x 1920 pixels (~424 ppi pixel density). Dengan kerapatan pixel seperti itu, tampilan layar yang dihasilkan smartphone ini akan sangat jernih.

Dalam hal kamera, kini pihak Samsung telah melakukan peningkatan terhadap device series C besutannya demi untuk tetap bertengger diposisi atas ditengah ketatnya persaingan smartphone. Samsung Galaxy C5 dibenamkan dengan lensa sebesar 16 mega pixel, f/1.9, autofocus, dan dual-LED (dual tone) flash serta dukungan fitur seperti smartphone Samsung pada umumnya yakni Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, dan HDR. Untuk urusan merekam video, smartphone ini mampu merekan hingga 1080p@30fps. Sedangkan dalam hal selfie anda tidak perlu hawatir karena perangkat ini sudah dibenamkan lensa 8 mega pixel pada bagian depan dengan f/1.9.


Ketika anda senang menggunakan kamera pada Samsung Galaxy C5, maka sudah pasti anda memerlukan sebuah fitur yang sangat cepat untuk mentransfer gambar. Smartphone ini telah dilengkapi dengan NFC yang memungkinkan mengirim gambar hanya cukup dengan sekali sentuhan saja. selain itu, anda juga bisa menggunakan Bluetooth versi terbaru yakni V4.2 yang mendukung A2DP, dan LE.

Demi memuaskan konsumen dalam segi jaringan, Samsung Galaxy C5 sudah dilengkapi dengan teknologi jaringan yang kekinian. Mulai dari 2G, Edge, 3G, HSDPA, hingga 4G yang support LTE. Menggunakan smartphone ini membuat pengguna tak perlu hawatir dalam melakukan selanjar internet. Agar memudahkan pengguna dalam berkomunikasi menggunakan kartu SIM. Perangkat Samsung Galaxy C5 ini telah dilengkapi dengan Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by).

Masalah kecepatan pemprosesan data, Samsung Galaxy C5 telah menggunakan CPU 8-inti yakni Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53. Sedangkan untuk mengolah grafis seperti bermain game dan menjalankan berbagai aplikasi berat, series ini mengandalkan GPU Adreno 405 yang memang sudah banyak digunakan pada device Samsung sebelumnya.

Meskipun tampilan Samsung Galaxy C5 terkesan premium, bukan berarti smartphone ini meniadakan dukungan kartu memori. Untuk membuat puas para pengguna dalam menyimpan file, smartphone ini telah dibekali dengan Internal memori yang tersedia dalam dua varian yakni 32 GB dan 64 GB, dan support microSD, up to 128 GB (uses SIM 2 slot) serta kapaitas RAM yang sangat besar yakni 4 GB RAM. Tentu anda bisa menjalankan banyak aplikasi sekaligus dengan kapasitas RAM yang besar tersebut.

Dalam hal sensor, Samsung Galaxy C5 membawa beberapa sensor unggulan seperti Fingerprint, accelerometer, proximity, dan compass. Melalui sensor sidik jari, smartphone ini dapat melakukan pengamanan tingkat tinggi karena sensor unik sidik jari hanya dimiliki oleh si pengguna perangkat itu saja. dibeberapa perangkat Samsung seperti Samsung Galaxy S5 menggunakan fingerprint sebagai cek kesehatan.

Samsung Galaxy C5 memiliki berat 143 gram atau lebih ringan dari Samsung Galaxy C7 (165 gram) karena menggunakan baterai Non-removable Li-Ion 2600 mAh serta layar yang berukuran 5,2 inchi. Untuk spesifikasi lebih lengkapnya, silahkan lihat tabel di bawah ini.

Info Umum
Rumor Mei 2016
Status Rilis Juni 2016
Desain
Warna Silver, Gray, Gold, Rose Gold
Berat 143 gram
Dimensi 145.9 x 72 x 6.7 mm
Layar 5.2 inches capasitive touchscreen
Tipe Super AMOLED, 16M colors
Resolusi 1080 x 1920 pixels (~424 ppi pixel)
Jaringan
SIM Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Tipe 2G GSM 850/ 900/ 1800/ 1900
Tipe 3G HSDPA 800/ 850/ 900/ 1700(AWS)/ 1900/ 2100, dll
Tipe 4G LTE
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Konektivitas
Bluetooth v4.2, A2DP, LE
NFC Yes
GPS A-GPS, GLONASS, BDS
USB microUSB v2.0
Memori
RAM 4 GB
Internal Dua versi (32/64 GB)
Eksternal microSD, up to 128 GB
Software
OS Android OS, v6.0.1 (Marshmallow)
Ui Touchwiz Samsung
Hardware
Chipset Qualcomm MSM8952 Snapdragon 617
CPU Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 405
Kamera
Belakang 16 MP, f/1.9, autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Video 1080p@30fp
Depan 8 MP, f/1.9
Fitur Lain
Radio To be confirmed
Sensor Fingerprint, accelerometer, proximity, compass
Browser HTML5
Java No
Player Musik dan video player
Editor Photo dan video editor
Dokumen Support dokumen editor
Charging Tidak fast charging
Baterai
Tipe Non-Removable
Daya Li-Ion 2600 mAh
Sumber GSMArena

Berdasarkan tabel di atas maka kelebihan dan kekurangan pada smartphone Samsung Galaxy C5 dapat dirangkum sebagai berikut:

Kelebihan Samsung Galaxy C5
  1. Desain Premium dengan balutan metal
  2. Layar HD dengan teknologi super Amoled
  3. Kamera depan 8 mega pixel dan kamera belakang 16 mega pixel
  4. Menggunakan Android 6 Marshmallow
  5. Support dual SIM
  6. Menggunakan RAM besar 4 GB
  7. Dua versi pilihan internal memori (32 GB dan 64 GB).
  8. Support micro-SD hingga 128 GB
  9. CPU delapan inti
  10. Support NFC (transfer foto super cepat)
  11. Jaringan lengkap dari 2G hingga 4G

Kekurangan Samsung Galaxy C5
  1. Tidak support Infrared sehingga tidak bisa dijadikan sebagai remot control
  2. Baterai yang terbilang kecil hanya Li-Ion 2600 mAh padahal ukuran layarnya cukup besar yakni 5.2 inchi, coba bandingkan dengan Xiaomi Redmi 3 yang layarnya hanya 5.0 inchi tetapi memiliki baterai 4100 mAh.
  3. Tipe baterai Non-removable, artinya tidak bisa dilepas. Hal ini pastinya mengakibatkan smartphone mengalami cepat panas.
  4. Tidak mendukung java

Kesimpulan
Pada umumnya smartphone ini memiliki spesifikasi sangat baik apalagi desainnya yang premium. Namun kekurangan yang paling dikeluhkan oleh kebanyakan pengguna Android adalah kapasitas baterai yang minim mengingat smartphone dengan OS Android membutuhkan konsumsi daya yang cukup banyak sehingga baterai cepat habis.

Untuk harga baru Samsung Galaxy C5 saat ini belum hadir di Indonesia. Namun diperkirakan smartphone ini akan dibandrol sekitar 2 jutaan mengingat perangkat ini dihadirkan untuk menyasar segmen kelas menengah ke bawah. Bagaimana, tertarik? Kita tunggu saja kedatangannya.

11 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy C5 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 23:05:00