20 Cara Membedakan Samsung Note 3 Asli dan Palsu

Banyak sekali produk-produk Samsung Fake yang beredar di pasaran gadget khususnya di Indonesia yang dijadikan sebagai pusat target kejahatan karena device Asal Korea ini memang sedang naik daun. Konsumen hendaknya harus mengetahui tips cara untuk membedakan Samsung Galaxy Note 3 asli dan palsu, tiruan, replika, supercopy atau KW agar terhindar dari kasus-kasus penipuan yang merugikan banyak pihak terutama pelanggan setia Samsung.

Sebenarnya, dipostingan sebelumnya Beda HP sudah pernah membahas perbedaan Samsung Galaxy Note 3 replika yang mudah-mudahan bisa membantu para penggemar gadget sehingga tidak tertipu dengan produk-produk semacam itu yang di tawarkan dengan harga yang berada jauh di bawah standar pasaran. Nah untuk melengkapi postingan tersebut artikel ini di buat dengan berbagai refensi yang lebih banyak.

Beberapa para blogger yang pernah memposting tentang perbedaan antara Samsung Galaxy Note 3 asli dan palsu, seperti Mas Wasiwa dan Mas Peta Ponsel. Penulis sangat berterimakasih kepada mereka karena berkat mereka-lah penulis membahas artikel ini dan menjadikan blog mereka sebagai referensi tambahan.

Bagaimanakah cara terbaik membedakan Samsung Galaxy Note 3 asli dan palsu? Berikut ini Bedakan Smartphone menguraikan 20 tips yang bisa anda jadikan sebagai pegangan dalam mencegah kejahatan berupa pembuatan produk replika atau tiruan yang merugikan konsumen. Silahkan disimak di bawah ini.

1. Dus Box Perangkat

Samsung Galaxy Note 3 asli memiliki model SM-N900 sedangkan pada Samsung Galaxy Note 3 replika modelnya SM-N9005. Tak hanya itu saja, spesifikasi yang diperlihatkan pada dus-box bagian belakang juga sangat berbeda. Coba anda perhatikan gambar di atas!

2. Penampakan Pertama

Pada Samsung Galaxy Note 3 palsu, lingkaran HD-Amoled berukuran lebih kecil dan pada Samsung Galaxy Note 3 asli lingkaran HD-Amoled berukuran lebih besar. Perhatikan gambar di atas!

3. Proses Booting

Perbedaan Galaxy Note asli akan menampikan Logo Samsung ketika booting sesuai device yang anda miliki, sedangkan pada Samsung Galaxy Note 3 palsu akan muncul logo ANDROID seperti gambar di atas.

4. Tombol Volume

Sekilas tombol volume antara Samsung Galaxy Note 3 asli dan palsu tampak sama. Namun jika di amati lagi dengan lebih teliti keduanya sebenarnya berbeda. Tombol volume pada Samsung Galaxy Note 3 original memiliki ukuran yang lebih besar daripada Samsung Galaxy Note 3 replika.

5. Bagian Bawah

Jika dilihat dari sisi bawah juga berbeda antara asli dn yang palsu. Pada Samsung Galaxy Note 3 asli bentuk lubang port USB cenderung seperti jajar genjang sedangkan pada Samsung Galaxy Note 3 palsu bentuknya lebing cenderung oval.

6. Tombol Power

Apabila diperhatikan dengan lebih jelas, sebenarnya ukuran tombol power antara Samsung Galaxy Note 3 asli dan palsu sangatlah berbeda. Samsung Galaxy Note 3 ori memiliki urunan yang lebih besar sebenarnya, sehingga enak untuk ditekan. Dan Samsung Galaxy Note 3 tiruan berukuran lebih kecil.

7. Bagian Atas

Kedudukan lubang headset atau jack 3mm pada Samsung Galaxy Note 3 asli lebih baik dengan lingkaran yang sempurna. Sedangkan lingkaran lubang headset pada Samsung Galaxy Note 3 palsu tidak terlalu sempurna. Lihat gambar di atas!

8. Bagian Belakang

Samsung Galaxy Note 3 palsu menggunakan bahan plastik atau kulit palsu atau plastik ala kulit. Sedangkan pada Samsung Galaxy Note 3 original menggunakan bahan kulit premium yang cukup kesat ketika dipegang sehingga terkesan sangat nyaman digenggaman anda. Perhatikan gambar di atas!

9. Jumlah Baut

Perbedaan galaxy note 3 kloning berikutnya, perhatikan jumlah Baut yang ada pada device, Samsung Galaxy Note 3 yang ori memiliki jumlah baut hingga 12 baut pada setiap devicenya, lihat gambar di atas.
 
10. Lihat Baterai

Jika anda membuka baterai pada kedua device tersebut, maka pada Samsung Galaxy Note 3 asli terlihat banyak embel-embel dan tulisan. Sedangkan pada Samsung Galaxy Note 3 palsu atau supercopy hanya sedikit embel-embel dan tulisan. Perhatikan gambar di atas.


Perbedaan antara Samsung Galaxy Note 3 asli dan palsu di atas adalah secara fisik atau melalui perbandingan antara dua perangkan fake dan original. Untuk memperkuat keyakinan anda silahkan lihat cara membedakan berdasarkan spesifikasi Samsung Galaxy Note 3 di bawah ini.

11. Kamera Utama
Samsung Galaxy Note 3 memiliki kamera pada bagian belakang berlensa 13 mega pixel dengan membawa fitur unggulan seperti 1/3" sensor size, 1.12 ┬Ám pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR, serta mampu merekam video hingga 2160p@30fps dan 1080p@60fps. Ketika digunakan untuk melakukan foto hasilnya cukup bagus dengan pencahayaan yang natural. Apabila Samsung Galaxy Note 3 palsu telah beredar dimasyarakat, coba anda gunakan kamera belakangnya apakah hasilnya bagus atau tidak. 

12. Kamera Kedua
Untuk menyasar pengguna selfie, Samsung Galaxy Note 3 dibenamkan dengan kamera berlensa 2 mega pixel dan membawa fitur f/2.4, 27mm, serta merekam video hingga 1080p@30fps sehingga hasilnya bagus ketika digunakan merekam. Apabila Samsung Galaxy Note 3 yang anda miliki tidak memiliki fitur tersebut, sudah pasti itu adalah smartphone tiruan atau palsu.

13. Luas RAM
Biasanya jika produk-produk palsu selalu menggunakan RAM yang kecil yakni 512 MB dan yang paling tinggi biasanya 1 GB saja. Samsung Galaxy Note 3 asli menggunakan RAM berkapasitas 3 GB, apabila smartphone Samsung Galaxy Note 3 yang anda miliki kapasitas RAM-nya tidak demikian maka anda patut curiga.

14. Memori Internal dan Eksternal
Disni juga yang paling sering digunakan oleh pelaku agar smartphone palsu yang mereka jual bisa dibadrol dengan harga murah. Samsung Galaxy Note 3 asli ada tiga versi memori internal, yakni 16 GB, 32 GB dan 64 GB. Biasanya smartphone tiruan menggunakan memori internal paling besar itu 4 GB saja, lebih dari itu mereka tentu tidak mau karena takut rugi.

15. Versi OS Android
Nah disini juga paling sering diincar oleh pelaku kejahatan agar smartphone yang mereka jual bisa berharga murah. Samsung Galaxy Note 3 asli menggunakan Android OS, v4.3 (Jelly Bean) yang sudah bisa di upgrade ke Android OS versi 5.0 (Lollipop). Biasanya pada Galaxy Note 3 palsu tidak bisa di update.

16. Chipset, CPU dan GPU
Dalam hal hardware tentu berbeda antara produk Samsung palsu dan original. Samsung Galaxy Note 3  asli menggunakan hardware sebagai berikut:
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 800 (khusus model N9005, N9002)
  • Chipset Exynos 5420 Octa (khusus model N9000)
  • CPU Quad-core 2.3 GHz Krait 400 (khusus model N9005, N9002)
  • CPU Quad-core 1.9 GHz Cortex-A15 & quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 (khusus model N9000)
Coba anda cek smartphone Samsung Glalaxy Note 3 anda pada Menu Setting => About. Apakah sama model dan spesifikasi hardwarenya dengan di atas? Jika tidak sama itu sudah pasti replika.

17. Support Jaringan
Samsung Galaxy Note 3 asli support terhadap berbagai jaringan dari 2G hingga 4G dan mendukung Wifi serta bisa digunakan sebagai Hotspot. Biasanya smartphone tiruan paling banter hanya memakai jaringan 3G saja dan tidak mendukung Wifi serta hotspot. Silahkan cek smartphone anda.

18. Ada Infrared
Samsung Galaxy Note 3 asli memiliki fitur Infrared yang bisa digunakan sebagai remote kontrol seperti AC, TV, dan peralatan elektronik lainnya. Pada Samsung Galaxy Note 3 palsu fitur ini sangat jarang untuk disematkan.

19. Ada NFC
Samsung Galaxy Note 3 asli menggunakan koneksi Bluetooth versi 4.0, A2DP, EDR, LE dan support NFC (Near Field Communication) yang intinya menciptakan komunikasi antar dua perangkat dengan cara menyinggungkan atau mendekatkan dua perangkat pada jarak hingga beberapa sentimeter saja. Sehingga memungkinkan mengirim foto super cepat dengan hanya sekali sentuh saja. Biasanya lagi, Samsung Galaxy Note 3 palsu juga malas menyematkan NFC ke dalam perangkat mereka. Kalau mereka memasang semua fitur sama persis pasti mereka akan mengalami kerugian.

20. Cek IMEI
Langkah ini disebut cara yang paling efektif dalam membedakan Samsung Galaxy Note 3 asli atau palsu adalah dengan mengecek kode IMEI dengan menekan tombol *#06# maka akan muncul kode unik yang hanya dimiliki oleh smartphone Samsung Galaxy Note 3 anda saja. Silahkan anda cocokkan dengan IMEI di box kardus pembelian dan cocokkan juga di website resmi Samsung.  Apabila Samsung Galaxy Note 3 anda memang benar-benar asli maka keduanya akan cocok. Apabila smartphone yang anda miliki ternyata replika atau KW, maka hasilnya pasti tidak sesuai.

Referensi Lain: 15  Cara Membedakan Samsung Note 3 asli dan palsu


Semoga postingan tentang 20 Cara Membedakan Samsung Note 3 Asli dan Palsu di atas bermanfaat bagi anda. Sekarang anda pasti sudah bisa menentukan apakah smartphone yang anda miliki itu benar-benar original atau tidak. Anda juga bisa share ke teman-teman anda agar mereka juga bisa membuktikan sendiri apakah smartphone Samsung Galaxy Note 3 yang mereka miliki asli atau replika.

20 Cara Membedakan Samsung Note 3 Asli dan Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 23:09:00