25 Cara Membedakan Samsung Galaxy S4 Asli dan Palsu

25 Cara Membedakan Samsung Galaxy S4 Asli dan Palsu
Banyak masyrakat yang tertipu dengan barang-barang illegal yang menamakan dirinya sebagai device ternama seperti Samsung. Sebagai masyarakat yang cerdik anda harus mengetahui cara untuk membedakan Samsung Galaxy S4 asli, tiruan, replika, supercopy, cloning maupun KW. Ketelitian sangat diperlukan dalam meninjau hal tersebut sehingga mampu mendeskripsikan perbedaan antara produk fake dan ori.

Cara cek keaslian Samsung Galaxy S4 yang kebanyakan diketahui selama ini hanya di bahas secara ringkas saja dan belum ada yang mengupasnya secara detail. Bahkan banyak yang belum mengetahui jika smartphone Samsung Galaxy S4 terdapat tiga model yaitu:
  1. Samsung Galaxy S4 I9506
  2. Samsung Galaxy S4 I9505
  3. Samsung Galaxy S4 I9500

Selama ini yang diposting oleh beberapa website atau blogger hanyalah perbedaan antara Samsung Galaxy S4 asli dan palsu secara umum saja. artinya, mereka tidak menjelaskan satu per satu dari setiap model Samsung Galaxy S4 yang sebenarnya memiliki beberapa spesifikasi yang berbeda sehingga jika anda membeli harga baru Samsung Galaxy S4 setiap model tersebut tentu juga berbeda.

Dipostingan sebelumnya saya pernah menulis tentang Cara Bedakan Samsung Galaxy S4 Supercopy dan Replika. Mencoba untuk memberikan informasi yang sedetail mungkin kepada para konsumen yang hendak membeli Samsung Galaxy S4, Bedakan Smartphone membuat postingan ini agar lebih menambah referensi anda sehingga tidak ragu-ragu dalam memilih smartphone asli. Silahkan simak berikut ini 25 Cara Membedakan Samsung Galaxy S4 Asli dan Palsu:

1. Warna Layar

Pada gambar di atas, kebetulan smartphone Samsung Galaxy S4 palsu (fake) tidak memiliki Logo “SAMSUNG” di bagain atasnya. Sehingga jika dilihat dari dari segi maka akan sangat mudah untuk membedakannya. Namun, beberapa kasus tentu saja berbeda ada juga Samsung Galaxy S4 tiruan yang sangat mirip dengan aslinya yang disebut sebagai supercopy (mirip persis). Meskipun dikatakan sangat mirip, pasti ada celah untuk membedakannya, salah satunya adalah layar yang digunakan.

Karena Samsung Galaxy S4 asli (ori) menggunakan tipe layar Super AMOLED sehingga layar terlihat lebih gelap dan ketika dinyalakan kontras pencahayaan terlihat sangat jelas. Selain itu, Samsung Galaxy S4 original dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3 sehingga aman dari goresan. Sedangkan layar pada Samsung Galaxy S4 palsu terlihat berwarna abu-abu karena kualitas tipe layar yang murahan.

2. Bagian Atas

Jika ditinjau dari fisik depan bagian atas, kamera depan Samsung Galaxy S4 asli memiliki lingkaran yang lebih kecil ketimbang kamera depan Samsung Galaxy S4 palsu. Begitu juga dengan lingkaran 3G dan 4G. Coba anda perhatikan gambar di atas.

3. Tombol Home

Samsung Galaxy S4 asli memiliki warna tombol home yang lebih gelap karena Samsung memang menggunakan bahan premium untuk produk model S mereka. Berbeda dengan Samsung Galaxy S4 KW atau palsu di atas yang menggunakan bahan kelas rendah sehingga warnanya juga keabu-abuan.

4. LED Flash

Selain bahan yang berbeda, lampu LED Flash pada Samsung Galaxy S4 replika atau palsu juga berbeda karena memiliki warna yang lebih kuning daripada warna lampu LED Flash milik Samsung Galaxy S4 asli (ori). Perhatikan gambar di atas.

5. Tombol Volume

Ukuran tombol volume antara Samsung Galaxy S4 asli dan palsu sangat jelas terlihat berbeda. Tombol volume Samsung Galaxy S4 ori berukuran lebih besar sedangkan ukuran tombol volume pada Samsung Galaxy S4 supercopy lebih kecil. Lihat gambar di atas.

6. Tombol Power

Sama seperti ukuran tombol volume yang berbeda, tombol power pada Samsung Galaxy S4 asli lebih besar atau lebih lebar ketimbang milik Samsung Galaxy S4 palsu. Sehingga ketika digunakan, tombol power pada Samsung Galaxy S4 asli sangat nyaman dan enak ditekan.

7. Bezel Headset

Coba anda perhatikan bezel pada lingkaran lubang headset jack 3,5 mm di atas. Samsung Galaxy S4 asli memiliki bezel yang lebih tebal dengan bahan logam premium yang mengelilinginya. Sedangkan bezel lubang headset pada Samsung Galaxy S4 fake (palsu) lebih tipis.

8. Lubang USB

Lubang USB pada Samsung Galaxy S4 asli cenderung berbentuk jajar genjang. Sedangkan lubang USB pada Samsung Galaxy S4 tiruan (palsu) terlihat bentuknya lebih condong hampir oval. Coba anda perhatikan gambar di atas.

9. Jeroan Perangkat

Jika anda buka cover belakang perangkat yang anda miliki maka akan terlihat perbedaannya seperti di atas. Jeroan Samsung Galaxy S4 asli sangat banyak embel-embel dengan warna yang kekuningan. Sedangkan jeroan pada Samsung Galaxy S4 palsu hanya sekedar nempel saja, jikapun ada fungsinya tidak akan sama seperti milik Samsung Galaxy S4 ori.

10. Baterai Device

Kebetulan pada perbedaan Samsung Galaxy S4 palsu di atas tidak ada logo “SAMSUNG” pada baterainya. Namun, dibeberapa kasus bisa berbeda. Artinya bisa saja Samsung Galaxy S4 kloning memiliki logo “SAMSUNG” dan sangat mirip dengan aslinya. Meskipun begitu, biasanya embel-embel pada baterainya pasti berbeda dengan Samsung Galaxy S4 ori.

Apabila anda belum puas dengan postingan di atas, silahkan anda tonton video FAKE vs Real Samsung Galaxy S4 di bawah ini yang di upload oleh Techmagnet.

FAKE vs Real Samsung Galaxy S4

Perbedaan di atas dilihat dari segi fisik smartphone dengan membandingkan antara Samsung Galaxy S4 fake (palsu) dan ori (asli). Untuk lebih meyakinkan, silahkan anda simak perbedaan di bawah ini berdasarkan pada spesifikasinya:

11. Kejernihan Layar
Kejernihan pada layar ketiga model Samsung Galaxy S4 tidak dapat diragukan lagi, sebab ketiga model smartphone ini membawa resolusi 1080 x 1920 pixels (~441 ppi pixel) sehingga menampilkan gambar yang jernih dengan kontras warna yang sesuai. Samsung Galaxy S4 palsu pasti menampilkan gambar yang tidak setajam aslinya.

12. Kamera Utama
Ketiga model Samsung Galaxy S4 sama-sama memiliki kamera belakang 13 mega pixel dengan kemampuan 1/3" sensor size, 1.14 ┬Ám pixel size, geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, serta mampu merekam video hingga 1080p@30fps (dual-video rec). Sehingga saat digunakan untuk melakukan foto atau video hasilnya sangat bagus dengan pencahayaan yang natural. Samsung Galaxy S4 palsu memiliki hasil tangkapan kamera belakang yang kurang baik.

13. Kamera Depan
Ketiga model Samsung Galaxy S4 Samsung Galaxy S4 dibenamkan dengan kamera berlensa 2 mega pixel ditambah dengan dukungan f/2.4, 31mm, 1080p@30fps, dan dual video call sehingga mampu mempotret cukup baik. Apabila Samsung Galaxy S4 yang anda miliki tidak memiliki spek yang sama, itu pasti barang tiruan.

14. Kapasitas RAM
Ketiga model Samsung Galaxy S4 menggunakan RAM sebesar 2 GB. Biasanya jika produk-produk palsu selalu menggunakan RAM yang kecil yakni 512 MB dan yang paling tinggi biasanya 1 GB saja. sehingga menjalankan berbagai aplikasi maupun game tidak akan ada kendala yang berarti. Jika smartphone Samsung Galaxy S4 yang anda miliki sering nge-Lag atau lemot karena kapasitas RAMnya kecil, itu pasti palsu.

15. Memori Internal dan Eksternal
Ketiga model Samsung Galaxy S4 asli sama-sama memiliki tiga versi memori internal, yakni internal 16 GB, 32 GB, dan 64 GB. Sedangkan slot micro-SD mampu hingga 64 GB. Disni juga yang paling sering digunakan oleh pelaku agar smartphone palsu yang mereka jual bisa dibadrol dengan harga murah. Biasanya smartphone tiruan menggunakan memori internal paling besar itu 4 GB lebih dari itu mereka tentu tidak mau, resikonya tentu takut rugi.

16. Versi OS Android
Ketiga model Samsung Galaxy S4 asli menggunakan Android OS, v4.2.2 (Jelly Bean) yang bisa di update ke Android v5.0 (Lollipop). Pada smartphone palsu biasanya tidak menyediakan fasilitas update OS pada perangkat mereka.

17. Chipset, CPU, dan GPU
Ketiga model Samsung Galaxy S4 menggunakan hardware yang berbeda-beda seperti di bawah ini:
  1. Samsung Galaxy S4 I9500 menggunakan Chipset Exynos 5410 Octa, CPU Quad-core 1.6 GHz Cortex-A15 & quad-core 1.2 GHz Cortex-A7, serta GPU PowerVR SGX544MP3.
  2. Samsung Galaxy S4 I9505 memakai Chipset Qualcomm APQ8064T Snapdragon 600, CPU Quad-core 1.9 GHz Krait 300, serta GPU Adreno 320
  3. Samsung Galaxy S4 I9506 dibekali dengan Chipset Qualcomm MSM8974 Snapdragon 800, CPU Quad-core 2.3 GHz Krait 400, serta GPU Adreno 330
Apabila Samsung Galaxy S4 yang anda miliki tidak sesuai dengan spesifikasi hardware di atas, maka anda sudah harus curiga bahwa itu produk palsu.

18. Support Jaringan
Apabila ditinjau dari segi jaringan, setiap model Samsung Galaxy S4 dapat dilihat di bawah ini:
  1. Samsung Galaxy S4 I9500 support jaringan 2G, Edge, 3G, dan HSDPA (tidak support 4G)
  2. Samsung Galaxy S4 I9505 support jaringan 2G, Edge, 3G, dan HSDPA, dan 4G LTE
  3. Samsung Galaxy S4 I9506 support jaringan 2G, Edge, 3G, dan HSDPA, dan 4G LTE
Apabila Samsung Galaxy S4 yang anda miliki tidak ada yang sesuai dengan di atas, tetapi memiliki banyak kekurangan sudah pasti itu bukan asli.

19. Dukungan USB
Ketiga model Samsung Galaxy S4 asli memiliki micro-USB v2.0 (MHL 2 TV-out), dan USB Host. Artinya, Samsung Galaxy S4 dapat digunakan untuk menghubungkan USB ke TV sehingga bisa menonton video lewat TV. Selain itu, dukungan USB Host membuat Samsung Galaxy S4 bisa dicolokkan flashdisk. Samsung Galaxy S4 palsu tidak bisa melakukan hal itu.

20. NFC dan Infrared
Ketiga model Samsung Galaxy S4 asli menggunakan NFC sehingga bisa mengirim foto atau gambar cukup hanya sekali sentuhan saja. Keberadaan Infrared juga membuat smartphone ini dijadikan sebagai remote TV, AC, dan barang elektronik lainnya. Lagi-lagi Samsung Galaxy S4 palsu tidak bisa melakukan hal demikian.

21. Dukungan Sensor
Ketiga model Samsung Galaxy S4 asli memiliki sensor yang cukup lengkap yakni; Accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, temperature, humidity, dan gesture. Nah biasanya sensor selengkap ini tidak akan ada pada Samsung Galaxy S4 palsu.

22. Wireless Charging
Ketiga model Samsung Galaxy S4 asli mendukung wireless charging (Qi-enabled) khusus market dependent. Nah Samsung Galaxy S4 palsu paling malas menyematkan fitur seperti ini karena mengeluarkan banyak biaya.

23. Kapasitas Baterai
Ketiga model Samsung Galaxy S4 asli menggunakan baterai berkapasitas 2600 mAh dengan tipe baterai Li-Ion Removable (artinya baterai dapat dilepas). Biasanya beberapa Samsung Galaxy S4 palsu atau KW mengurangi kapasitas baterai agar mereka bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

24. Cek IMEI
Cara paling efektif membedakan Samsung Galaxy S4 asli atau palsu adalah dengan mengecek kode IMEI dengan menekan tombol *#06# maka akan muncul kode unik yang hanya dimiliki oleh smartphone Samsung Galaxy S4 anda saja. Silahkan anda cocokkan dengan IMEI di dus-box pembelian dan cocokkan juga di website resmi Samsung.  Apabila Samsung Galaxy S4 anda memang benar-benar asli maka keduanya akan cocok.

25. Harga Device
Sesuai kata pepatah “Harga menentukan kwalitas”. Jadi apabila anda ditawarkan Samsung Galaxy S4 dengan harga jauh di bawah standar, sebaiknya anda tolak mentah-mentah jika tidak ingin terkena tipu muslihat yang ingin memperdagangkan produk palsu.

Setelah anda mengetahui 25 Cara Membedakan Samsung Galaxy S4 Asli dan Palsu di atas sekarang anda pasti sudah bisa menentukan apakah smartphone yang anda miliki itu benar-benar original atau tidak. Semoga perbedaan antara Samsung Galaxy S4 asli dan palsu, supercopy, tiruan, replika, kloning atau KW di atas bermanfaat bagi anda. Share juga ke teman-teman anda agar mereka bisa cek sendiri keaslian Samsung Galaxy S4 miliknya.

25 Cara Membedakan Samsung Galaxy S4 Asli dan Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 20:38:00