10 Perbedaan Samsung J3 VS J3 Pro

10 Perbedaan Samsung J3 VS J3 Pro
Kemunculan generasi terbaru Samsung J3 membuat beberapa orang bertanya-tanya bagus mana dari kedua smartphone tersebut. Banyak blog di internet juga sudah membuat perbandingan maupun perbedaan antara Samsung J3 VS Samsung Galaxy J3 Pro 2016 ini. Bagi anda yang bingung memilih kedua smartphone tersebut bisa membaca postingan ini sehingga tidak menyesal setelah membeli dikemudian hari.


Samsung Galaxy J3 merupakan smartphone yang dibesut untuk menyasar kelas menengah ke bawah sehingga spesifikasi yang ditawarkan cukup bagus dan layak untuk dijadikan pertimbangan sebelum memilih perangkat lain untuk memenuhi kebutuhan anda. Selain itu smartphone ini juga tampak ramping karena dan ringan karena menggunakan bahan bukan metal.

Spesifikasi umum yang dimiliki Samsung Galaxy J3 dan J3 Pro adalah kamera utama yang memiliki lensa sebesar 8 mega pixel dengan f/2.2, autofocus, LED flash serta dibekali fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, dan HDR. Sementara kamera depan juga cukup bagus digunakan untuk selfie karena berlensa 5 mega pixel dengan f/2.2 yang membuat gambar lebih baik.


Samsung Galaxy J3

Untuk urusan user interface, Samsung J3 dan J3 Pro masih setia dengan touchWizh dengan OS Android OS, v5.1. (Lollipop). Sementara untuk menambah kecepatan aliran data perangkat ini menggunakan Chipset Exynos 3475 Quad, dan untuk mengatur kecepatan pemprosesan data smartphone ini masing-masing menggunakan Quad-core 1.4 GHz Cortex-A7 dan Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7. Sedangkan untuk menjalankan grafis device ini memakai Mali-400 sehingga masih bisa di andalkan.


Samsung Galaxy J3 Pro

Kedua smartphone ini memiliki banyak persamaan yang bahkan banyak orang yang belum mengetahuinya. Seperti keduanya menggunakan layar 5.0 inchi, baterai 2600 mAh, dan yang sudah disebutkan di atas. Namun jika dilihat secara sekilas paling hanya body saja yang tampak berbeda sedangkan jeroannya masih belum diketahui. Nah untuk itulah perbandingan atau perbedaan antara Samsung Galaxy J3 dan Samsung Galaxy J3 Pro ini dibuat secara rinci untuk memudahkan pemahaman sehingga anda bisa memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Sebelumnya Bedakan Smartphone sempat membahas 10 Perbedaan Samsung J5 dan J5 2016. Melanjutkan artikel tersebut pembahasan mengenai 10 Perbedaan Samsung J3 dan J3 Pro 2016 ini dibuat. Lalu seperti apakah sebenarnya hal yang mencolok di antara kedua perangkat tersebut? Silahkan anda lihat tabel ringkas di bawah ini.


Galaxy J3 Galaxy J3 Pro
Rilis: November 2015 Juni 2016
Desain: Plastik Ala Metal
Warna: Full color Setengah
Kamera Sekunder: 5/2 MP 5 MP
Internal: 8/16 GB 16 GB Only
RAM: 1,5 GB 2 GB
CPU: Quad-core 1.4 GHz Cortex-A7 Quad-core 1.2 GHz
NFC: No yes
Dimensi: 142.3 x 71 x 7.9 mm 142.2 x 71.3 x 8 mm
Berat: 138 gram 139 gram

Fungsi tabel di atas adalah menampilkan data secara ringkas. Bagi yang belum paham perbedaan di atas, silahkan baca penjabarannya satu per satu berikut ini:

1. Waktu Rilis

Baru atau lamanya sebuah smartphone juga bisa dilihat dari waktu rilisnya. Pada Samsung Galaxy J3 versi lama (2015) sudah dirilis sejak November 2015. Sedangkan Samsung Galaxy J3 Pro sudah dirilis sejak Juni 2016.

2. Bentuk Desain

Bentuk desain pada Samsung Galaxy J3 versi 2015 memang sama seperti desain produk Samsung pada umumnya yakni menggunakan bahan pastik. Namun desain pada Samsung Galaxy J3 Pro tampak lebih berbeda dengan bentuk yang lebih bagus serta bahan yang digunakan plastic ala metal sehingga terkesan premium.

3. Warna Casing
Pada Samsung Galaxy J3 memiliki warna casing yang full color, maksudnya jika warna casing belakang gold maka warna casing depan juga gold. Berbeda dengan Samsung Galaxy J3 Pro yang memiliki warna casing tidak full color, dimana jika warna casing belakang gold maka warna casingdepan justru berwarna white.

4. Kamera Sekunder

Samsung Galaxy J3 memiliki dua varian kamera sekunder tergantung modelnya. Model Samsung Galaxy J3 J3109, dan Samsung Galaxy J3 J320F membawa kamera depan 5 mega pixel. Sementara model Samsung Galaxy J3 J320P, dan Samsung Galaxy J3 J320A mengusung kamera depan hanya 2 mega pixel saja. sedangkan, Samsung Galaxy J3 Pro semuanya menggunakan kamera depan 5 mega pixel.

5. Memori Internal

Meskipun kedua device ini sama-sama mendukung memori eksternal hingga 256 GB, namun kedua smartphone ini memiliki perbedaan dalam hal memori internal. Samsung Galaxy J3 versi lama (2015) memiliki dua versi internal yakni 8/16 GB. Sedangkan pada Samsung Galaxy J3 Pro versi baru (2016) hanya satu versi internal yakni 16 GB saja.

6. Kapasitas RAM

Memperhatikan kelonggaran RAM sangat penting bagi pengguna android untuk mencegah terjadinya lag atau lemot pada smartphone. Oleh karena itu Samsung Galaxy J3 versi lama (2015) dihadirkan dengan RAM 1,5 GB yang menurut beberapa orang RAM ukuran segitu dirasa tanggung. Sedangkan pada Samsung Galaxy J3 Pro versi baru (2016) kapasitas RAM lebih luas yakni 2 GB sehingga membuat pengguna tak perlu hawatir.

7. Pemprosesan Data
Samsung Galaxy J3 menggunakan CPU Quad-core 1.4 GHz Cortex-A7 sehingga prosesor 6 inti ini dirasa cukup cepat dalam memproses data-data yang sedang dijalankan oleh perangkat ini. Sementara pada Samsung Galaxy J3 Pro justru mengalami penurunan menjadi Quad-core 1.2 GHz sehingga kecepatan pemprosesan data pun juga ikut menurun.

8. Keberadaan NFC
Fungsi utama pada NFC adalah mengirim gambar super cepat dengan hanya mendekatkan dua perangkat yang sama-sama memiliki fitur NFC kemudian menyentuh gambar hanya dengan sekali sentuhan saja maka gambar sudah langsung dikirim. Pada Samsung Galaxy J3 fitur ini tidak ada, sedangkan pada Samsung Galaxy J3 Pro fitur ini telah bertengger.

9. Perbedaan Dimensi

Sudah sangat jelas bahwa luas layar juga menentukan perbedaan dimensi. Pada Samsung Galaxy J3 versi lama (2015) dimensinya 142.3 x 71 x 7.9 mm. Sedangkan pada Samsung Galaxy J3 Pro versi baru (2016) memiliki dimensi 142.2 x 71.3 x 8 mm. Artinya, perbedaan dimensinya hanya sedikit saja sehingga tidak terlalu menjadi permasalahan.

10. Berat Device

Perbandingan lainnya dapat dilihat dengan berat device yang berbeda. Samsung Galaxy J3 versi lama (2015) karena layarnya 5.0 inchi sehingga beratnya hanya 138 gram saja. Sedangkan Samsung Galaxy J3 Pro versi baru (2016) yang juga memiliki layar dan kapasitas baterai yang sama justru beratnya menjadi bertambah menjadi 139 gram. Hal ini mungkin dikarenakan kwalitas bahan yang digunakan berbeda karena Samsung Galaxy J3 memakai bahan plastic dan Samsung Galaxy J3 Pro memakai ala metal.


Kesimpulan
Secara keseluruhan, hardware Samsung J3 dan J3 Pro memiliki persamaan. Namun dari segi software dan kesesuaian warna casing Samsung J3 versi 2015 lebih bagus. Sementara dari segi desain Samsung Galaxy J3 Pro lebih unggul karena tampak lebih premium.

Berdasarkan perbandingan 10 Perbedaan Samsung J3 VS J3 Pro versi 2016 di atas silahkan anda pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan sebelum memilih. Apabila postingan ini bermanfaat, anda bisa membaginya kepada rekan atau keluarga anda mengenai perbedaan antara Samsung Galaxy J3 dan Samsung Galaxy J3 Pro ini.

10 Perbedaan Samsung J3 VS J3 Pro Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 20:07:00