16 Perbedaan Samsung C7 dan Samsung J7

16 Perbedaan Samsung C7 dan Samsung J7
Untuk memilih suatu smartphone yang baik dan sesuai dengan kebutuhan maka diperlukan berbagai pertimbangan-pertimbangan, seperti mengetahui perbedaan lengkap sesuai dengan spesifikasi smartphone tersebut melalui perbandingan. Setelah mendapatkan informasi secara detail barulah konsumen bisa menentukan pilihan perangkat dengan tepat sesuai dengan kebutuhan.


Perbedaan yang perlu diketahui kali ini adalah antara Samsung Galaxy C7 dengan Samsung Galaxy J7 yang merupakan smartphone hight-end. Sebelumnya Bedakan Smartphone sudah membahas tentang 14 Perbedaan Samsung C5 VS Samsung J5 secara lengkap. Sedangkan tulisan ini masih membahas mengenai series C dan J tersebut yakni Galaxy C7 VS Galaxy J7.

Secara ringkas perbedaan antara kedua smartphone Samsung Galaxy C7 dan Samsung Galaxy J7 dapat dilihat pada tabel di bawah ini.


Galaxy J7 Galaxy C7
Layar 5,5 inchi 5, 7 inchi
Berat 171 gram 165 gram
Kerapatan ~267 pixel ~386 pixel
Chipset Snapdragon 615 Snapdragon 617
CPU Octa-core 1.5 GHz Octa 2.0 GH
GPU Adreno 405 Adreno 506
Kamera Primer 13 MP 16 MP
Kamera Sekunder 5 MP + LED Flash 8 MP
Android V5.1 (Lollipop) Android V6.0 (Marshmallow)
Internal 16 GB 32/64 GB
RAM 1,5 GB 4 GB
Bluetooth V4.1 V4.2
Sensor Accelerometer, proximity Fingerprint, accelerometer, proximity, compass
Fast Charging: tidak support Quick Charge 3.0
Baterai 3000 mAh removable 3300 mAh Non-removable
Warna White, Black, Gold Silver, Gray, Gold, Rose Gold

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu persatu perbedaan antara kedua smartphone di atas. Apabila anda ingin melihat spesifikasi lengkap dari kedua smartphone di atas, silahkan lihat disini Samsung Galaxy C7 dan Samsung Galaxy J7.

1. Layar Smartphone
Samsung Galaxy J7 diproduksi untuk menyasar segmen kelas atas sehingga memiliki layar jumbo yakni 5,5 inchi. Samsung Galaxy C7 juga dibuat untuk menyasar segmen kelas atas sehingga mengalami peningkatan lebar layar menjadi 5,7 inchi.

2. Berat Device
Ternyata berat sebuah smartphone tidak ditentukan berdasarkan lebarnya layar. Buktinya Samsung Galaxy C7 yang layarnya 5,7 inchi memiliki berat 165 gram saja. sedangkan Samsung Galaxy J7 yang memiliki ukuran layar lebih kecil yakni 5,5 inchi justru memiliki berat 171 gram.

3. Kerapatan Pixel
Kerapatan pixel menentukan jelasnya sebuah gambar yang dimiliki sebuah smartphone. Semakin tinggi kerapatan pixel suatu smartphone, maka semakin bagus pula kejernihan layarnya. Samsung Galaxy J7 memiliki kerapatan pixel ~267 pixel sedangkan pada Samsung Galaxy C7 meningkat menjadi ~386 pixel. Artinya, Samsung Galaxy C7 lebih baik daripada J7 meskipun kedua smartphone ini sama-sama untuk kelas hight-end.

4. Kecepatan Aliran Data
Untuk mempercepat aliran data pada series C dan J ini, Samsung Galaxy J7 menggunakan Chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 Exynos 7580 Octa. Sedangkan Samsung Galaxy C7 menggunakan Chipset Snapdragon 617. Artinya, Samsung Galaxy C7 lebih unggul daripada J7.

5. Pemprosesan Data
Samsung Galaxy J7 memiliki tiga varian CPU yang bertugas mengatur kecepatan pemprosesan data yakni:

  • 6 inti (Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53)
  • 6 inti (Quad-core 1.0 GHz Cortex-A53)
  • 8 inti (Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53)
Sedangkan pada Samsung Galaxy C7 menggunakan CPU 8 inti yang lebih cepat lagi yakni Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53. Sehingga peforma pada Samsung Galaxy C7 lebih unggul ketimbang J7.

6. Perbedaan Grafis
Masalah pengolahan grafis untuk membuat gambar HD berjalan dengan baik seperti Game HD dan aplikasi berat lainnya, Samsung Galaxy J7 mengandalkan GPU Adreno 405 Mali-T720MP2. Sedangkan pada Samsung Galaxy C7 lebih ditingkatkan lagi yakni memakai GPU Adreno 506. Hal ini membuat Samsung Galaxy C7 memiliki grafis lebih baik daripada J7.

7. Kamera Primer
Samsung Galaxy J7 mengandalkan kamera utama pada bagian belakang berlensa 13 mega pixel dengan f/1.9, 28mm, autofocus, LED flash, dan fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama serta kemampuan merekan hingga 1080p@30fps. Sedangkan Samsung Galaxy C7 memakai kamera yang lebih besar lagi yakni berlensa 16 mega pixel dengan f/1.9, autofocus, dual-LED (dual tone) flash, dan fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR, serta kemampuan merekam yang sama 1080p@30fps. Jika keduanya diadu, sudah pasti pemenangnya Samsung Galaxy C7.

8. Kamera Sekunder
Samsung Galaxy J7 menggunakan kamera depan 5 mega pixel ditambah pendukung unggulannya yakni LED Flash. Sedangkan pada Samsung Galaxy C7 memakai lensa yang lebih besar yakni 8 mega pixel namun tidak disertai dengan LED Flash.

9. Versi Android
Samsung Galaxy J7 menggunakan versi android 5.1 Lollipop. Sedangkan Samsung Galaxy C7 mengusung versi terbarunya yakni V6.0 Marshmallow. Dari segi OS, Samsung Galaxy C7 lebih unggul daripada J7.

10. Memori Internal

Samsung Galaxy J7 memiliki penyimpanan hingga 16 GB. Sedangkan Samsung Galaxy C7 memiliki dua varian internal memori yakni 32/64 GB. Namun, kedua smartphone ini sama-sama mendukung eksternal memori hingga 128 GB.

11. Kapasitas RAM
Samsung Galaxy J7 memakai RAM hanya 1,5 GB saja dan Samsung Galaxy C7 memakai RAM yang lebih besar lagi yakni 4 GB. Hal ini membuat berbagai aplikasi berat yang berukuran besar sekalipun dapat berjalan lancar pada Samsung Galaxy C7.

12. Versi Bluetooth

Konektivitas bluetooth sangat mempengaruhi kecepatan transfer file suatu perangkat. Samsung Galaxy J7 menggunakan bluetooth versi V4.1. Sedangkan Samsung Galaxy C7 memakai yang lebih baru lagi yakni V4.2. Artinya, C7 lebih cepat ketimbang J7 jika digunakan untuk mengirim file via Bluetooth.

13. Kelengkapan Sensor
Di zaman yang serba canggih ini, Sensor bahkan menjadi kebutuhan bagi beberapa orang. Jika anda masuk tipe orang yang seperti itu, maka Samsung Galaxy C7 menjadi pilihan yang tepat karena sudah disematkan sensor Fingerprint, accelerometer, proximity, dan compass. Sedangkan pada Samsung Galaxy J7 hanya terdapat dua sensor saja yakni Accelerometer, dan proximity.

14. Fast Charging
Samsung Galaxy J7 tidak support terhadap dukungan fast charging sehingga ketika baterai habis total dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk men-charging. Sedangkan pada Samsung Galaxy C7 support terhadap fitur fast charging Quick Charge 3.0 sehingga tak perlu hawatir baterai habis karena proses charger sangat cepat.

15. Kapasitas Baterai
Samsung Galaxy J7 yang memiliki lebar layar 5,5 inchi ini menggunakan baterai dengan kapasitas baterai Removable 3000 mAh sehingga baterai dapat dilepas. Sedangkan Samsung Galaxy C7 yang memiliki layar 5,7 inchi menggunakan daya baterai Non-removable 3300 mAh sehingga baterai tidak bisa dilepas. Kedua smartphone ini dirasa memiliki kapasitas yang terbilang kecil jika dibandingkan dengan Asus Zenfone Max, Lenovo P1, Xiaomi Redmi 3, dan device lainnya yang memiliki baterai monster tetapi tetap dijual dengan harga yang terjangkau.

16. Pilihan Warna
Semakin banyak pilihan warna, maka semakin bebas pengguna memilih warna kesukaan mereka masing-masing. Samsung Galaxy C7 terdiri dari 4 pilihan warna Silver, Gray, Gold, dan Rose Gold. Sedangkan Samsung Galaxy J7 hanya terdiri dari 3 pilihan warna saja yaitu White, Black, dan Gold.


Kesimpulan
Secara keseluruhan (hardware maupun software) pada Samsung Galaxy C7 lebih unggul daripada Samsung Galaxy J7 meskipun kedua smartphone ini sama-sama menyasar kelas atas. Sehingga peforma pada C7 lebih bagus ketimbang J7. Hal ini dikarenakan Samsung Galaxy C7 merupakan generasi terbaru series C. Namun, J7 unggul dengan dukungan LED Flash pada kamera depan sedangkan C7 tidak.

Setelah mengetahui perbedaan antara Samsung Galaxy C7 dan Samsung Galaxy J7 di atas, yang manakah menjadi pilihan anda? Silahkan anda putuskan sesuai dengan kebutuhan anda. Apabila postingan ini menarik dan bermanfaat bagi anda, share juga ke teman-teman yang anda kenal.

16 Perbedaan Samsung C7 dan Samsung J7 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 04:49:00