Bagus Mana, HP Baterai Removable atau Non-removable?

Saat ini banyak dari berbagai vendor menawarkan smartphone dengan spesifikasi yang mempuni dengan berbagai keunggulan yang menggiurkan. Ada yang membuat HP pintar dengan balutan full metal tetapi memiliki baterai yang tidak bisa dilepas. Sementara dissatu sisi ada vendor yang membuat ponsel cerdas dengan bahan plastik namun baterai masih bisa dilepas.


Smartphone yang memimiliki baterai tidak dapat dilepas disebut dengan type baterai removable. Sedangkan HP dengan baterai tidak dapat dilepas disebut type baterai non-removable. Arti kata removable maksudnya baterai HP tersebut dapat dilepas dan diganti dengan baterai yang baru tanpa memerlukan keahlian atau alat khusus.

Untuk mengetahui lebih lanjut dari perbedaan, kelebihan, dan kekurangan antara type baterai removable dan type baterai non-removable berikut ini Bedahp memberikan tips agar bisa membantu sobat sebelum memilih ponsel cerdas yang sesuai dengan kebutuhan.


Sisi Body dan Desain
Kebanyakan HP pintar yang menggunakan baterai non-removable memiliki desain lebih tipis serta kokoh. Bagi yang mengedepankan masalah desain smartphone dengan type baterai non-removable adalah pilihan yang tepat.

Bobot Perangkat
Namun kekurangan dari smartphone dengan type baterai non-removable adalah bobot perangkat yang juga bertambah dikarenakan kebanyakan dari HP yang memiliki baterai tidak bisa dilepas ini menggunakan bahan full metal. Berbeda dengan HP baterai removable yang kebanyakan menggunakan bahan plastik sehingga lebih ringan.

Suhu Smartphone
Kekurangan lainnya dari smartphone dengan type baterai non-removable yakni HP cepat panas dikarenakan kedap udara sehingga sangat sulit membuat sirkulasi keluar-masuknya oksigen sementara perangkat tetap terus bekerja tanpa henti. Berbeda dengan HP baterai removable, jika sobat sedang mendownload file yang berukuran besar, sobat bisa melepas cover belakang smartphone sehingga udara bebas akan selalu mendinginkan baterai HP sobat.

Cepat kembung
Ada yang berpendapat kalau baterai non-removable itu memiliki umur pendek atau lebih mudah kembung. Alasannya karena baterai jenis ini kedap udara dan cepat panas saat digunakan. Namun kalau menurut saya sih itu tergantung penggunaaannya sobat, kalau digunakan hanya untuk memotret dan media social saja baterai tentu memiliki umur yang panjang.

Mengganti Baterai
Perangkat yang mengguakan baterai removable akan sangat mudah diganti dengan membuka cover belakang. Sementara jika sobat memiliki HP dengan jenis baterai non-removable, sobat harus memiliki keahlian khusus atau alat khusus untuk membongkar device tersebut. Nahh.. disinilah hal yang paling tidak disukai banyak orang karena “Merepotkan”.

Sering Overheat
Smartphone baterai non-removable menurut beberapa orang rentan terkena hang. Ketika berada dalam kondisi hang, HP tersebut tidak bisa digunakan, bahkan sulit untuk mematikannya. Namun jika sobat menggunakan perangkat dengan baterai removable, saat hang cukup lepas cover belakang saja dan cabut baterainya. Nahh.. inilah salah satu kelebihan baterai removable yang banyak disukai orang.

Saat Terkena Air
Jika HP sobat secara tidak sengaja jatuh kedalam air, maka solusi yang paling tepat adalah dengan “mempreteli” semua komponen yang mudah dilepas seperti baterai, kartu SIM, Micro-SD, dll kemudian mengeringkan HP menggunakan kipas. Hal ini tidak bisa dilakukan jika HP sobat menggunakan baterai yang tidak bisa dilepas. Resikonya, jika perangkat yang sobat miliki tidak tahan air seperti Samsung Galaxy Note 7, maka kemungkinan besar smartphone sobat akan rusak.

Tingkat Keamanan
Smartphone dengan baterai removable saat jatuh ketangan si pencuri akan sangat sulit dideteksi karena pelaku bisa langsung mematikan HP tersebut dengan mencabut baterainya. Berbeda dengan perangkat yang memakai baterai non-removable yang baterai tidak bisa dilepas sehingga pencuri hanya bisa mematikan perangkat, namun saat dihidupkan kembali anda masih bisa melacak keberadaannya.

Apalagi jika HP sobat Android yang sudah di root, sobat bisa menggunakan modul Advanced Power Menu di Xposed Installer untuk menghilangkan opsi Power Off dan Airplane Mode yang disediakan oleh tombol Power di perangkat. Sobat juga bisa mencoba 30 Aplikasi Android Penting Setelah di Root.

Karena alasan kemanan inilah smartphone premium seperti iPhone, Samsung, Sony, dll membuat device mereka menjadi unibody dengan menyematkan baterai bertype non-removable sehingga baterai tidak mudah dilepas saat dicuri.


Harga Jual Kembali
HP dengan baterai removable memiliki nilai jual kembali yang lebih tinggi, serta lebih cepat diminati oleh konsumen karena baterainya bisa diganti dengan yang baru. Sementara HP yang baterai non-removable akan sulit dalam proses penggantian baterainya sehingga harga jualnya menurun dan sulit dijual kembali.

Ayo bagus mana antara baterai removable dan non removable menurut sobat? Silahkan pertimbangkan dahulu sebelum memutuskan untuk membeli HP dengan kedua jenis baterai tersebut.

Bagus Mana, HP Baterai Removable atau Non-removable? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 18:16:00