6 Cara Menambah RAM HP Android Agar Tidak Lemot

6 Cara Menambah RAM HP Android Agar Tidak Lemot
RAM adalah Random Access Memori yakni memori sementara yang digunakan pada saat kita membuka aplikasi di HP android. Banyak pengguna Ponsel Pintar yang berusaha mencari cara menambah kapasitas RAM di HP Android agar smartphone mereka tidak menjadi lemot.

Seperti kita ketahui, HP android yang menyasar konsumen kelas menengah ke bawah menggunakan kapasitas RAM yang kecil seperti 512 MB atau 786 MB saja. Hal ini membuat banyak sekali kendala seperti macet saat digunakan membuka aplikasi atau game tertentu dan bahkan disuatu kondisi tertentu HP kita justru malah restart sendiri.

Siapa yang tidak geram dengan peristiwa tersebut, coba pikirkan ketika sobat sedang asyik telponan dengan pacar atau sedang main game favorit tiba-tiba HP sobat mati. Hmmmm dalam hati sobat pasti pengen ganti tetapi belum ada budget bukan?

Sekarang sobat tidak perlu panik, Tarik nafas dalam-dalam lalu ucapkan do’a karena sobat akan menambah RAM di HP android sobat menjadi lebih longgar sesuai dengan keinginan. Caranya adalah dengan menggunakan memori eksternal atau yang disebut MicroSD.

Loh kok bisa pake MicroSD? Tentu bisa sob… Dengan menggunakan MicroSD sobat bisa menambah RAM sebanyak mungkin sesuai dengan kehendak. Misalnya sobat ingin RAM HP android sobat memiliki RAM 8 GB maka sobat tinggal menggunakan memori eksternal yang berukuran di atas 8 GB.

Saya sudah punya MicroSD lalu apalagi? Sabar sob,, sebelum melakukan cara ini sobat harus tahu dulu bahwa memori eksternal yang digunakan minimal Class 6 (mampu membaca 6MB/second) jika hendak menggunakan class 10 itu lebih bagus.

Supaya lebih paham lagi mengenai kecepatan kartu memori eksternal per class-nya silahkan lihat daftar class dan kecepatan transfernya di bawah ini:
• Class 2: kecepatan tulis 2MB/detik atau 13 Kali
• Class 4: kecepatan tulis 4MB/detik atau 26 Kali
• Class 6: kecepatan tulis 6MB/detik atau 30 Kali
• Class 8: kecepatan tulis 8MB/detik atau 40 Kali
• Class 10: kecepatan tulis 10MB/detik atau 66 Kali

Jika memori eksternal sobat berada di bawah Class 6 maka saya tidak merekomendasikan karena kecepatan transfer data akan lambat. Bukannya menambah kapasitas RAM justru HP sobat malah mati nantinya karena lemot atau tidak kuat loading terlalu lama.

Bagaimana cara mengetahui memori eksternal atau microSD saya berada di atas Class 6? Untuk mengetahui class atau kecepatan transfer microSD sobat silahkan gunakan aplikasi SD Tools ini. Und0h aplikasi tersebut lalu inst0ll seperti memasang aplikasi pada umumnya. Ikuti cara menggunakannya di bawah ini:
1) Buka aplikasi SD Tools kemudian “Start Speed Test” untuk memulai kecepatan. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah ini.

2) Tunggu proses selesai, maka akan muncul hasil test secara otomatis.

3) Semakin banyak angka speed pada “Read” dan “Write” maka semakin kenceng pula kecepatan microSD yang sobat miliki.

Saya sudah tahu class atau kecepatan microSD di HP android saya, terus apa lagi? Langsung aja sob.. lanjut ke tahap eksekusi memperluas RAM di HP android sobat dengan mengikuti langkah-langkah dengan benar yang Beda HP buat supaya mudah dipahami di bawah ini.

Perlengkapan yang harus disiapkan sebelum eksekusi antara lain:
• Memori eksternal atau microSD minimal ukuran 4 GB
• HP android yang telah di root. Jika sobat belum melakukan root, silahkan lihat cara root semua android tanpa PC terbukti berhasil.
• ROM wajib mendukung Kernels Swap
• Aplikasi pendukung RAM expander kemudian inst0ll seperti memasang aplikasi pada umumnya.
• Setelah persiapan sudah matang, ikuti langkah berikutnya di bawah ini.

6 Cara Menambah RAM HP Android Agar Tidak Lemot dengan RAM Expander

1) Buka aplikasi aplikasi RAM expander dan pilih SDcard direktory yang akan sobat buat sebagai RAM tambahan.

Cara Menambah RAM HP Android Agar Tidak Lemot

2) Sekarang sobat isilah berapa besar “Size MB” atau ukuran RAM yang sobat inginkan. Contoh jika sobat mengisi dengan nilai 500 maka nilai memory menjadi 300+500 = 872 MB (Real RAM O2x). Atau jika tidak ingin ribet sobat bisa memilih Optimal Value yang ada di pojok kiri bawah maka secara otomatis sistem aplikasi akan mendeteksi ukuran maksimal dari microSD yang sobat gunakan.

3) Selanjutnya lihat “Swappines” dan isilah yang cocok berdasarkan smartphone sobat karena tiap HP berbeda kecocokanya. Rentang ukuranya sendiri antara 0 – 100 saja.

4) Jika Swappines dan Size MB sudah terisi sekarang sobat langsung saja tekan “Swap Active”. Mungkin proses ini akan memakan waktu yang cukup lama dan saya tidak menyarankan sobat untuk close atau menutup aplikasi ini ketika sedang berjalan karena bisa menyebabkan HP sobat menjadi Hang atau Lag.

5) Saat proses sudah selesai maka muncul sebuah data di layar dan selanjut sobat bisa centang “AutoRun” agar proses ini bisa berjalan secara otomatis ketika sobat menghidupkan HP sehingga sobat tidak perlu repot-repot melakukan pengaturan lagi seperti di atas.

6) SUKSES! Selamat ya sob.. sekarang sobat bisa inta0ll aplikasi atau game apa saja meski berukuran besar sekalipun.

CATATAN: Jangan sekali-kali sobat mencabut memori eksternal saat HP android kesayangan sobat masih dalam keadaan hidup. Karena memori microSD telah digunakan sebagai RAM virtual sehingga jika sobat mencabutnya otomatis HP sobat akan macet atau restart sendiri. Saran saya, jika sobat ingin mencabut microSD sebaiknya matikan dulu HP sobat demi keamanan.


Demikianlah cara menambah RAM HP android agar tidak lemot dengan menggunakan aplikasi RAM Expander. Jika sobat ada pertanyaan silahkan bubuhkan saja melalui komentar ya sob.. Terimakasih telah berkunjung ke blog yang sederhana ini dan salam anget dari www.bedahp.com.

6 Cara Menambah RAM HP Android Agar Tidak Lemot Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 17:41:00