15 Cara Cek Perbedaan iPhone 5 Asli dan Palsu (Replika)

iPhone 5 merupakan ponsel cerdas yang diproduksi untuk menyasar kalangan hight-end dengan desain solid dan terkesan premium untuk menarik para konsumen. Generasi sebelumnya yakni iPhone 4 memang sukses menyasar konsumen di beberapa negara. Kesuksesan HP pintar ini ditakutkan akan memicu kemunculan smartphone palsu yang menyerupai Apple iPhone 5.

Cara Cek Perbedaan iPhone 5 Asli dan Palsu (Replika)

Kehadiran produk iPhone 5 palsu sangat memungkinkan di Indonesia mengingat pelaku kejahatan membuat produk tiruan, KW, replika berdasarkan popularitas suatu perangkat. Sebagai konsumen yang cerdas kita harus mengetahui bagaimana cara cek perbedaan iPhone 5 asli dan palsu demi keamanan sebelum melakkan pembelian.

Sebelumnya saya pernah mengulas 9 Cara Membedakan Apple iPhone 5 Asli dan Palsu, untuk melanjutkan itu, berikut ini Beda HP akan berikan tips cara membedakan iPhone 5 asli dan palsu sehingga sobat bisa terhindar dari kasus penipuan yang bersifat meresahkan sekaligus merugikan banyak orang. Ok langsung saja sobat lihat di bawah ini:

15 Cara Cek Perbedaan iPhone 5 Asli dan Palsu (Replika)

#1 Resolusi Layar
iPhone 5 yang memiliki layar 4.0 inchi menggunakan resolusi 640 x 1136 pixels (~326 ppi pixel density) yang membuat kecerahan dan kerapatan pixel pada layar yang sangat bagus. Pada smartphone iPhone 5 palsu tingkat kecerahan berkurang sehingga kualitas layar tentu akan lebih buram.

#2 Kualitas Kamera Primer
Ciri iPhone 5 asli membawa kamera belakang berlensa 8 mega pixel dilengkapi dengan f/2.4, 33mm, autofocus, LED flash, dan ditambah fitur yang melimpah seperti 1/3.2" sensor size, 1.4 ┬Ám pixel size, touch focus, geo-tagging, face detection, panorama, HDR (photo) serta kemampuan merekam video HD 1080p@30fps. Saat digunakan untuk melakukan foto dan merekam video, hasilnya sangat bagus apalagi ketika berada pada pencahayaan yang natural.

Sementara ciri iPhone 5 palsu akan menunjukkan hasil tangkapan kamera yang kurang jelas ketika digunakan melakukan capture maupun merekam video. Untuk lebih meyakinkan, silahkan sobat lihat hasil tangkapan kamera pada iPhone 5 ori di Youtube.

#3 Kualitas Kamera Sekunder
Untuk aktifitas selfie, iPhone 5 original dibenamkan kamera berlensa 1.2 mega pixel dengan dukungan f/2.4, 35mm, face detection, FaceTime over Wi-Fi or Cellular dan kemampuan merekam video HD 720p@30fps, sehingga sangat puas digunakan untuk selfie.

Perbedaan iPhone 5 palsu adalah tidak memiliki fitur selengkap kamera iPhone 5 asli. Tujuan pelaku melakukan hal itu adalah untuk mengurangi biaya produksi, sehingga produk tiruan yang mereka buat mampu bersaing dengan produk asli dari segi harga.

#4 Kapasitas RAM
Perbandingan iPhone 5 asli dan palsu berikutnya dapat dilihat dari kapasitas RAM. iPhone 5 asli menggunakan RAM 1 GB DDR2. Biasanya jika produk-produk palsu selalu menggunakan RAM yang lebih kecil dari ukuran aslinya.

Kemungkinan iPhone 5 palsu memakai RAM 512 MB dan yang paling tinggi biasanya 768 MB saja. Pelaku tentu tidak mau rugi jika hardware disamakan dengan aslinya.

#5 Kapasitas Internal Memori
Mengamati kapasitas memori internal juga merupakan salah satu trik cara membedakan iPhone 5 asli dan palsu. Ciri iPhone 5 asli memakai internal berukuran 16/32/64 GB. Memori sebesar itu tentu cukup untuk menyimpan berbagai file favorit pengguna perangkat Apple.

Agar smartphone palsu dapat jual dengan harga murah. Pelaku akan memangkas kapasitas memori internal pada iPhone 5 palsu miliknya. Kemungkinan smartphone iPhone 5 tiruan menggunakan memori internal 8 GB saja.

#6 Tidak Support MicroSD
Hal ini juga perlu sobat ingat bahwa iPhone 5 ori tidak mendukung memori eksternal atau microSD. Jika sobat ditawarkan perangkat iPhone 5 yang support memori penyimpanan eksternal, maka itu pasti iPhone 5 palsu (replika).

#7 Versi iOS
iPhone 5 asli menggunakan iOS 6 yang bisa sobat update ke iOS 10.1. Biasanya, produk iPhone 5 palsu memakai versi iOS abal-abal yan dimodifikasi sedemikian rupa upaya mirip. iPhone 5 replika juga tidak tersedia update secara OTA.

#8 Kualitas Hardware
Fungsi Chipset pada iPhone 5 adalah untuk mengatur kecepatan aliran data, dan fungsi CPU untuk mengatur kecepatan pemprosesan data, sedangkan GPU pada iPhone 5 berfungsi untuk menjalankan grafis dan aplikasi berat lainnya. iPhone 5 asli memakai hardware sbb:

  • Chipset: Apple A6
  • CPU: Dual-core 1.3 GHz Swift (ARM v7-based)
  • GPU: PowerVR SGX 543MP3 (triple-core graphics)
Jika hardware di atas tidak sama dengan iPhone 5 yang ditawarkan pada sobat, sebaiknya sobat pertimbangkan terlebih dulu sebelum membeli karena perangkat itu sudah asti barang palsu.

#9 Fitur Jaringan
iPhone 5 asli support berbagai jaringan dari 2G, EDGE, 3G, HSDPA dan 4G dengan kecepatan LTE Cat3 100/50 Mbps dan jaringan EV-DO Rev.A 3.1 Mbps. Smartphone ini juga didukung GPS dan WIFI. iPhone 5 KW paling banter hanya memakai jaringan 3G saja dan memangkas beberapa keberadaan fitur lain.

#10 Sekor Transfer File
Untuk melakukan transfer file dengan cepat, iPhone 5 asli menggunakan koneksi Bluetooth v4.0 didukung A2DP, LE. Fitur USB V2 juga disematkan pada iPhone 5 original. Ciri iPhone 5 palsu mendukung versi Bluetooth yang lebih rendah, sehingga kecepatan transfer file melambat.

#11 Kelengkapan Sensor
iPhone 5 di support dengan sensor yang cukup lengkap yakni Accelerometer, gyro, proximity dan compass. Series iPhone 5 palsu paling hanya mendukung beberapa sensor dari banyak sensor di atas untuk mengurangi biaya produksi.

#12 Keberadaan Apps Store

Perlu sobat ketahui bahwa ciri iPhone 5 asli yakni ada aplikasi Apps Store milik Apple. Sementara pada iPhone 5 palsu aplikasi ini hanya hiasan saja, ketika sobat buka aplikasi ini maka link akan menuju ke website lain.

#13 Siri Yang Terintegrasi
Selain Apps Store, keberadaan Siri juga membedakan iPhone 5 asli dan palsu. Pada iPhone 5 ori support Siri natural language commands and dictation yang telah terintegrasi langsung. Sementara pada iPhone 5 palsu sudah pasti tidak ada fitur ini.

#14 Berat Perangkat
Tak mudah menyamakan berat sebuat perangkat smartphone apalagi spesifikasi yang diusungnya berbeda. iPhone 5 asli memiliki bobot 112 gram, jika sobat ditawarkan produk iPhone 5 namun setelah ditimbang beratnya tidak sedemikian maka itu pasti replika.

#15 Melalui Cek IMEI
Cara paling ampuh cek iPhone 5 asli adalah dengan mengetahui IMEI.  Cara cek kode IMEI iPhone 5 bisa sobat coba pada perangkat Appe yang sobat miliki. Kemudian cocokkan dengan IMEI di box kardus pembelian dan cocokkan juga di website resmi Apple.  Apabila kode IMEI IPhone 5 sobat tidak terdaftar disana, maka sudah pasti itu bukan barang asli.

#Kesimpulan
Konsumen cerdas pasti hati-hati dalam memilih smartphone untuk memenuhi kebutuhannya. Jangan tergiur “Harga Murah”. Sebaiknya cek terlebih dulu spesifikasi dan harga iPhone 5 terbaru secara berkala sebelum membeli.




Apabila sobat memiliki bukti gambar perbedaan iPhone 5 asli dan palsu mohon untuk memberitahukan penulis sehingga postingan ini bisa ditambah untuk melengkapi referensi. Share juga pada teman-teman sobat tentang bagaimana cara cek perbedaan iPhone 5 asli dan palsu (replika) sehingga mereka bisa membedakan iPhone 5 palsu dan terhindar dari kasus penipuan. Terimakasih telah berkunjung, salam hangat dari www.bedahp.com, see yo net time….

15 Cara Cek Perbedaan iPhone 5 Asli dan Palsu (Replika) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Beda HP
Beda HP Updated at: 22:29:00