10 Cara Membedakan HP Blackberry Asli dan Palsu, KW, Replika

Beda HP -- Untuk tetap aman membeli sebuah perangkat mobile seperti smartphone, pengguna perlu mengetahui cara membedakan Blackberry asli dan palsu, KW, replika, supercopy, tiruan dan produk sejenis lainnya. Beberapa produk kloning yang dibuat oleh para produsen menyasar smartphone yang sudah terkenal seperti; Blacberry Z10, DTEK 50, 60, 70, dan lain-lain.

Banyak para penulis yang juga sudah membuat postingan tentang cara cek Blacberry asli dan palsu yang beredar di dunia internet. Jika sobat Googling pasti akan beragam sekali menemukan hal seperti itu. Biasanya mereka membuat ada yang berdasarkan pengalaman pribadi, ada juga yang ingin berkontribusi untuk membantu konsumen supaya tidak kena tipu.

Pelaku produsen paslu sangat jeli melihat kesempatan yang ada untuk memproduksi handphone palsu dengan kemiripan yang sangat persis sehingga kadang-kadang orang menyebutnya dengan Blackberry kingcopy. Atas dasar apa pelaku kejahatan itu membuat produk KW semacam itu?

Pertama mereka melihat peluang yang ada. Ketika ada smartphone Blackberry yang popular dimasyarakat karena laris manis, maka pelaku segera menggunakan kesempatan itu agar smartphone tiruan yang mereka buat bisa laris manis juga seperti produk Blacberry asli tersebut.

Oleh karena itu, kita sebagai konsumen harus cerdik menetahui ciri Blacberry palsu agar tidak mudah begitu saja pelaku menipu para konsumennya. Salah satu tips paling jitu adalah membaca postingan seputar cara membedakan BB asli dan palsu sehingga kita sudah memiliki bekal ilmu sebelum membeli smartphone BB.


10 Cara Membedakan HP Blackberry Asli dan Palsu, KW, Replika

Silahkan sobat perhatikan cara di bawah ini agar sobat semakin peka dan dapat melihat perbedaan HP Blackberry asli dan palsu sehingga sobat sudah memiliki referensi utama.

1) Detail Spesifikasi Blackberry


Untuk terhindar dari produk Blackberry supercopy, bacalah secara rinci spesifikasi dari smartphone Blackberry yang akan sobat beli. Adapun spesifikasi yang harus sobat teliti lebih dulu ketimbang spesifikasi lainnya yakni:

a) Spesifikasi Jaringan; apakah mendukung 4G atau tidak. Jika seharusnya smartphone Blacberry yang sobat beli mendukung jaringan 4G namun yang ditawarkan pada sobat justru hanya support jaringan 3G saja makasobat sebaiknya langsung menolak.

b) Kapasitas RAM; sama seperti di atas, apabila HP Blacberryyang sobat beli seharusnya membawa RAM 2GB namun sobat ditawarkan RAM 1GB segera sobat tolak karena pelaku memang sering memangkas kapasitas RAM agar smartphone BB palsu mereka bisa dijual murah.

c) Kualitas Hardware; sobat juga harus tahu spesifikasi hardware yang digunakan oleh smartphone Blackberry yang akan sobat beli. Hardware tersebut seperti  CPU, Chipset dan GPU yang merupakan komponen paling krusial pada sebuah smartphone.


2) Pakai Aplikasi Benchmark


Aplikasi ini juga bisa dijadikan referensi sebagai cara membedakan BB asli dan palsu. Aplikasi ini memiliki fungsi untuk melakukan pengecekan grafis serta menampilkan semua informasi tentang software dan hardware yang digunakan pada smartphone Blackberry yang sobat gunakan, sehingga detail info smartphone akan terpampang jelas disini.

3) Cek Garansi Blackberry


Cara cek HP BB asli dan palsu berikutnya yakni melalui garansi yang ditawarkan kepada sobat ketika membeli HP Blackberry baru. Memang para pelaku produsen smartphone KW bisa membuat kartu garansi palsu, namun yang tidak bisa mereka sembunyikan yakni waktu pemakaian.

Ciri Blacberry asli memberikan jaminan pemakaian hingga 1 tahun lamanya. Biasanya mereka akan memberikan garansi lebih pendek, paling garansi yang diberikan hanya 1 sampai 6 bulan saja.


4) Ketajaman Layar


Resolusi sebuah smartphone menentukan tingkat ketajaman layar termasuk HP BB. Semakin tinggi resolusi sebuah perangkat maka penampilan layarnya akan menjadi semakin jernih pula. Ciri HP BB palsu akan menggunakan resolusi yang sangat kecil sehingga kerapatan pixel juga longgar yang mengakibatkan kualitas layar menjadi buram.

5) Performa Blackberry


Cara membedakan Blackberry asli dan palsu selanjutnya yakni dengan mencoba sendiri peforma dari smartphone tersebut sebelum membelinya. Jika HP BB asli memiliki RAM 2GB pasti akan ngebut dan enak digunakan untuk keperluan multitasking, namun jika yang ditawarkan kepada sobat justru lemot maka sobat patut curiga pasti ada yang tidak beres.

Daripada sobat menanggung resiko karena mendapatkan HP palsu, sebaiknya sobat Tanya kepada si penjual apakah itu HP BB asli atau palsu. Jika si penjual mengatakan asli kemungkinan ia berbohong dan sobat sebaiknya mencari konter yang lain untuk memilih HP BB yang akan dibeli.


6) NFC Connector Baterai


Langkah berikutnya untuk mengetahui cara mengecek Blacberry asli dan palsu yakni bisa mencoba fitur NFC pada perangkat tersebut. Jika HP BB yang akan sobat beli memiliki dukungan terhadap teknologi NFC maka sebaiknya sobat mengetes dulu apakah benar berfungsi dengan baik.

Caranya yaitu dengan menempelkan dua perangkat yang memiliki dukungan terhadap teknologi NFC, kemudian buka gallery lalu sentuh salah satu gambar. Ciri Blacberry asli akan langsung mengirim gambar karena itu adalah kelebihan dari teknologi NFC. Namun, jika HP BB yang sobat pegang justru  tidak bisa melakukan hal itu maka dapat dipastikan itu barang supercopy.


7) Data Exif Foto


Kalau untuk melihat Backberry asli atau palsu memakai cara ini maka harus menggunakan PC. Bagaimana cara memakai data exif foto? Setelah sobat mengambil gambar menggunakan kamera utama pada HP BB tersebut, maka pindahkan beberapa gambar itu ke PC.

Ketika berada pada PC, klik kanan gambar tersebut lalu pilih Propertis maka akan muncul semua informasi mengenai gambar itu. Salah satu infonya yakni memberitahukan kepada kita tipe HP yang digunakan untuk mengambil gambar tersebut.


8) Amati Detail Tulisan


Pada kardus smartphone BB itu, coba sobat perhatikan semua detail tulisan yang tertera. Pada tulisan itu juga menampilkan dari Negara mana HP BB itu dibuat. Selain itu juga tertera cetakan barcode. Jika cetakan barcode mudah luntur maka sobat harus waspada akan keaslian produk Blacberry tersebut.

9) Cek IMEI Blackberry


Cara cek keaslian Blackberry melalui IMEI juga sangat akurat untuk sobat terapkan. Cara cek kode IMEI Blacberry asli yakni melihat pada box pembelian atau dengan dial *#06# maka akan muncul 15 kode unik yang hanya ada pada smartphone yang sobat genggam itu.

Untuk melihat HP Balcberry tersebut asli atau palsu, silahkan sobat kunjungi situs resmi Blackberry lalu masukkan kode IMEI itu disana. Jika palsu maka kode tersebut tidak akan terdaftar disana.


10) Waspada Harga Murah


Jika sobat ditawarkan smartphone Blackberry dengan harga yang murah maka sebaiknya sobat jangan mudah tergiur. Ini memang menjadi momok yang sudah sering terjadi di pasar ganged Tanah Air kita. Mereka menjual dengan harga murah karena itu bukan smartphone BB asli.

#Kesimpulan
Cerdik adalah hal yang wajib dimiliki konsumen sebelum membeli smartphone Blackberry, amati terus perkembangan spesifikasi dan harga Blacberry terbaru secara berkala untuk tetap relevan.


Itulah 10 Cara Membedakan HP Blackberry Asli dan Palsu, KW, Replika yang bisa sobat terapkan untuk berjaga-jaga agar terhindar dari kasus penipuan sehingga tidak menguntungkan pelaku. Demikianlah postingan ini, semoga bermanfaat bagi kita semua dan salam anget bagi Bedahp.com and see you next time…

10 Cara Membedakan HP Blackberry Asli dan Palsu, KW, Replika Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 14:18:00