Perbedaan Layar HD, qHD, Full HD, dan UHD Pada Smartphone

Macam-macam atau jenis layar pada smartphone saat ini sangat banyak sekali kita jumpai khususnya pada gadged baru yang mengandalkan layar sebagai daya tarik konsumen agar membeli produk besutan mereka. Adapun jenis layar yang paling sering digunakan belakangan ini yaitu layar HD, qHD, Full HD, dan Ultra HD. Dari semua jenis layar tersebut yang manakah yang paling bagus?

Perbedaan Layar HD, qHD, Full HD, dan UHD

Sebelum kita membahas perbedaan diantara macam-macam layar di atas, mari kita simak dulu sejarah mengenai layar yang digunakan pada smartphone sampai saat ini. Awalnya teknologi layar sentuh pertama kali ditemukan oleh E.A. Johnson pada tahun 1965-1967 di Royal Radar Estabilishment, Malvern, Inggris. Pada waktu ini ia menciptakan layar sentuh untuk mempermudah bermain piano.

Masih di tahun 60an, University of Illinois adalah bagian sistem komputer pendidikan yang membuat PC dengan layar sentuh infrared yang memungkinkan siswa menjawab pertanyaan dengan cukup hanya menyentuh bagian layar saja pada PC saja.

Berikutnya pada tahun 1984 teknologi layar sentuh bernama Casio AT 550 Watch diperkenalkan oleh perusahaan Casio. Ia menciptakan Jam tangan yang disematkan kalkulator yang cara pengoperasiannya cukup melalui sentuhan pada layar saja tanpa menekan tombol apapun.

Berlanjut ke tahun 1987 perusahaan Apple menciptakan PC yang dikenal dengan Apple Desktop Bus yang disingkat ADB. Pada PC ini, Apple membuat seseorang bisa saling terhubung antar perangkat melalui produk yang mereka besut.

Selanjutnya, di tahun 1993 perangkat ponsel pertama kali diperkenalkan oleh IBM dan Telephone Company Bellsouth. Ponsel yang memakai layar ini di beri nama Simon. Ponsel ini sudah mampu mengirim email, alamat, kalender, jadwal janjian, dan sebagainya. Ponsel Simon ini adalah perangkat pertama kali yang mengkombinasikan  telepon dengan touch screen.

Kemudian di tahun 1998, dua orang Akademi yang berasal dari University of Deleware yakni Wayne Westerman, dan John Elias memproduksi keyboard yang bisa beroperasi cukup melalui layar yang disentuh. Produk mereka diberi nama Finger Works. Perusahaan Finger Works akhirnya dibeli oleh Apple dan mereka berdua bekerja disana.

Berikutnya di tahun 2003, layar multi touch screen pertama kali ditemukan oleh tiga orang yang berasal dari Bordeaux. Layar sentuh besutan mereka mampu merespon beberapa sentuhan secara bersamaan dalam satu layar. Semenjak tahun 2003 ini, para vendor smartphone sudah gencar menyiapkan rencana untuk membesutkan layar sentuh pada produk mereka.


Perbedaan Layar HD, qHD, Full HD, dan UHD Pada Smartphone

Nah setelah mengetahui sejarah di atas, maka langsung saja kita bahas bagaimana perbedaan antara jenis layar yang digunakan pada ponsel atau smartphone dari tahun 2004. Silahkan lihat ulasannya di bawah ini.

1) Jenis Layar SD

Pada smartphone yang sudah meluncur di tahun 2004  ke bawah kebanyakan menggunakan layar SD (standard definition) yang memiliki resolusi hingga 640 x 480 pixel. Layar jenis ini kebanyakan digunakan pada gadged yang berada low-end.

2) Jenis Layar FWVGA

Seiring berjalannya waktu dan ketatnya persaingan antara vendor smartphone, mereka kemudian meningkatkan resolusi layar menjadi 854 x 480 yang di kenal dengan nama FWVGA (full wide video graphics array) sehingga menampilkan gambar yang lebih luas dengan meningkatkan ketajaman gambar sehingga tampak jernih.

3) Jenis Layar qHD

Setelah dalam kurun beberapa waktu layar FWVGA digunakan pada perangkat smartphone akhirnya di tahun 2004 ke atas para vendor smartphone sudah beralih menggunakan jenis layar yang lebih baik lagi yakni qHD (quarter hight definition) yang memakai resolusi 960 x 540 pixel. Jenis layar ini kebanyakan digunakan pada smartphone entry level agar bisa dibandrol murah.

4) Jenis Layar HD

layar HD (hight definition) yang menggunakan resolusi tinggi sesuai dengan namanya yakni 1280 x 720 pixel sehingga mengalami peningkatan pada kejernihan layar saat digunakan pada smartphone, tablet, maupun phablet. Jenis layar ini kebanyakan digunakan pada smartphone kelas menengah ke atas untuk menarik perhatian konsumen.

5) Jenis Layar Full HD

Untuk meningkatkan versi layar ke resolusi yang lebih baik lagi, maka diperkenalkanlah jenis layar yang bernama FHD (full hight definition) dimana layar ini memiliki resolusi yang tinggi yakni 1920 x 1080 sehingga kejernihan pada layar ini akan tampak lebih baik ketimbang layar HD. Jenis layar ini kebanyakan digunakan pada smartphone atau tablet premium saja.

6) Jenis Layar QHD atau 2K

Tidak hanya mentok dilayar Full HD saja, perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat para vendor smartphone membutuhkan teknologi layar 2K yang memiliki resolusi yang lebih tinggi lagi sehingga lahirlah layar QHD (quad hight definition) yang mengusung resolusi yanglebih tinggi lagi dari layar Full HD yakni resolusi 2560 x 1440 pixel. Jenis layar QHD ini juga hanya digunakan pada smartphone premium saja.

7) Jenis Layar UHD atau 4K

Teknologi layar 4K yang memiliki resolusi palingtinggi yang masih jarang digunakan pada tahun 2017 yakni layar UHD atau disebut Ultra HD (ultra hight definition) yang memiliki resolusi yang sangat bagus yakni 3840 x 2160 pixel. Teknologi layar ini hanya dipakai pada gadged kelas premium saja, nah smartphone yang sudah memakai layar jenis ini yaitu Sony Z5 Premium.

Dari beberapa jenis layar yang memiliki resolusi seperti di atas, yang manakah yang digunakan pada smartphone yang sobat miliki? Jika sobat belum tahu, cara melihat jenis layar yang kita gunakan yakni dengan mencarinya di mesin pencari Google dengan keyword “spesifikasi spasi merek spasi tipe HP” yang sobat gunakan.

Misalnya, saya menggunakan Samsung Galaxy J5 (2017) maka saya akan mengetik di Google seperti ini: Spesifikasi Samsung Galaxy J5 (2017). Maka akan muncul ada banyak pilihan yang ditampilkan oleh mesin pencari sebagai referensi buat sobat. Silahkan sobat buka salah satunya dan lihat rincian spesifikasi smartphone yang sobat miliki, disana akan ada menu resolusi.

Mudah bukan? Sekarang sobat sudah mengetahui resolusi pada smartphone yang sobat gunakan. Semakin tinggi resolusi maka semakin jernih pula tampilan gambar pada layar smartphone sobat karena pixelnya semakin rapat. Oh ya, jika kebetulan sobat belum membeli smartphone dan ingin memiliki smartphone yang nyaman buat nonton film HD maka sobat jadikan postingan ini sebagai referensi menentukan jenis layar yang sobat inginkan.



Oke sampai disini sampai disini postingan tentang perbedaan layar HD, qHD, Full HD, dan UHD pada smartphone, phablet, tablet maupun PC seperti Laptop, Notebook, Komputer, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat bagi kita semua, salam anget dari Bedahp.com dan sampai bertemu di postingan berikutnya.

Perbedaan Layar HD, qHD, Full HD, dan UHD Pada Smartphone Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 14:48:00