5 Cara Cek Kerusakan HP Asus Zenfone 100% Berhasil

Bagaimana cara mengecek kerusakan pada HP Asus Zenfone seperti pada produk Zenfone 2 3 4 5 6, dan produk zenfone C, GO, dan sebagainya?. Sebelum saya menjelaskan tentang pentingnya melakukan pengecekan terhadap HP masih bagus atau tidaknya, sebaiknya sobat ketahui dulu mengapa setiap orang sebelum membeli perangkat harus melakukan pengecekan.

5 Cara Cek Kerusakan HP Asus Zenfone 100% Berhasil

Pengecekan terhadap perangkat seperti pada HP Asus Zenfone perlu dilakukan mengingat kita sebagai pengguna yang cerdik agar bisa mendapatkan smartphone yang memiliki kualitas yang masih bisa diandalkan. Karena, tujuan dari pengecekan adalah mengetahui kualitas dari HP Asus Zenfone, masih layak pakai atau tidak.

Tidak hanya itu saja, menerapkan cara cek kerusakan HP Asus Zenfone juga menghindarkan diri dari kasus-kasus penipuan seperti smartphone palsu, replika, kingcopy, supercopy, KW, tiruan dan produk lain semacamnya itu yang menyebabkan kerugian.


Bagaimana Cara Cek Kerusakan HP Asus Zenfone?

Untuk mengetahui kerusakan pada HP Asus Zenfone sebelum membeli, silahkan sobat ikuti totorialnya di bawah ini.

1) Pertama pastikan HP Asus Zenfone sobat beradadalam keaadaan stanby atau menyala dan berisi baterai minimal 30% untuk berjaga-jaga saja.

2) Selanjutnya cari aplikasi kalkulator yang ada di HP Asus Zenfone, kemudian buka aplikasi kalkulator tersebut seperti biasa.

3) Setelah aplikasi kalkulator telah terbuka, silahkan sobat ketik .12345+= seperti yang tertera tepat pada gambar di bawah ini!



4) Maka akan muncul menu SMMI Test untuk melakukan tes mengenai kualitas HP Asus Zenfone yang sobat gunakan tersebut, lihat gambar di bawah!



5) Silahkan sobat tes satu persatu menu di atas untuk mengetahui kerusakan yang terdapat pada HP Asus Zenfone.


Keterangan kode-kode di atas:

a) Touch Test: Uji ini digunakan untuk mengetahui seberapa responsive layar sentuh pada HP Asus Zenfone yang sobat gunakan. Jika responnnya cepat saat disentuh, maka smartphone tersebut masih ada dalam keadaan baik.

b) BT_Test: Untuk menguji kelayakan aplikasi bluetooth, apakah masih bisa mengirim dan menerima file dengan baik atau tidak.

c)
WifiBus_Test: Sebuah menu yang digunakan untuk menguji jaringan wifi masih berfungsi atau tidaknya. Saat melakukan tes wifi ini, sebaiknya sobat coba wifi yang ada disekeliling atau bisa minta teathring hotspot pada teman.

d) Battery_Test: Untuk mengetes peforma baterai yang digunakan perangkat HP Asus Zenfone sobat. Hal ini sangatlah penting mengingat pemakaian baterai pada OS android sangat boros sehingga memperhatikan kelayakan baterai perlu perhatikan khusus.

e) Gsensor_Test: Fungsi tes ini untuk menguji responsibilitas sensor Accelerometer dan Gyroscop pada smartphone HP Asus Zenfone. Silahkan sobat uji dengan menarik garis horizontal, vertical, serta bentuk garis yang menyudut.

f) ModemBus_Test: Digunakan untuk menguji kemampuan modem yang tertanam di smartphone HP Asus Zenfone. Mungkin yang dimaksud modem disini adalah penggunaan hotspot karena pada saat itu dinyalakan maka HP lain disekitarnya bisa melakukan koneksi.

g) Keypad_Test: Untuk menguji semua tombol yang ada di smartphone HP Asus Zenfone yang sobat punya. Silahkan sobat tekan tombol volume bawah dan tombol volume atas untuk melakukan pengujian tombol fisik ini.

h) MultiTouch_Test: Dipakai untuk menguji kemampuan layar HP Asus Zenfone ketika menerima banyak sentuhan sekaligus secara bersamaan dalam waktu yang sama pula.

i) Vibrator_Test: Menu yang berfungsi untuk melakukan pengujian terhadap vibrate (getaran) pada HP Asus Zenfone. Ini juga fitur penting yang harus di uji, karena jika ini rusak maka sobat tidak bisa membuat HP Asus Zenfone berada dalam mode getar ketika menerima SMS atau panggilan masuk.

j) Receiver_Test: Digunakan sebagai penguji speaker telinga pada HP Asus Zenfone. Jika suara yang dihasilkan terdengar keras, artinya tidak ada kendala pada smartphone sobat.

k) Speaker_Test: Adalah sebuah menu yang dipakai untuk menguji speaker utama pada HP Asus Zenfone. Menu ini juga wajib sobat coba agar bisa mendengarkan music dengan enak serta mendengarkan suara loudspeaker dengan nyaman.

l) BoardMic_Test: Untuk menguji microfon yang ada di HP Asus Zenfone. Coba sobat gunakan untuk menelpon untuk memastikan apakah suara sobat bisa terdengar dengan jelas atau tidaknya.

m) MainCamCapture_Test: Digunakan untuk menguji kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera utama HP Asus Zenfone. Silahkan sobat klik capture untuk mengambil gambar yang terdapat pada HP Asus Zenfone.

n) VGACamCapture_Test: Digunakan untuk menguji kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera depan HP Asus Zenfone. Silahkan sobat klik capture untuk mengambil gambar yang terdapat pada HP Asus Zenfone.

o) CameraFlash_Test: Digunakan untuk menguji kualitas lampu flash yang terdapat pada kamera utama HP Asus Zenfone. Jika lampu flash masih menyala, artinya tidak ada masalah sobat bisa langsung klis PASS.

p) LightSensor_Test: Berfungsi menguji sensor cahaya yang terdapat pada HP Asus Zenfone. Sensor cahaya sangat penting ketika berada di dalam atau di luar ruangan sehingga pengguna bisa menyesuaikan cahaya pada HP Asus Zenfone.

q) ECompass_Test: Menu yang berguna untuk menguji sensor kompas yang terdapat pada perangkat Asus Zenfone. Jika sensor kompas rusak, pengguna bisa kesasar nanti jika menggunakan fitur ini sehingga perlu diketahui kualitasnya masih layak apakai atau tidak.

r) Display_Test: Untuk mengetahui apakah ada kebocoran pada layar HP Asus Zenfone atau tidak. Yang dimaksud kebocoran disini yakni adanya bintik-bintik pixel yang menyebabkan layar tidak tampak bagus.

s) Proximity_Test: Digunakan untuk menguji sensor jarak pada HP Asus Zenfone sobat. Langkah untuk melakukan pengujian yakni dengan mengangkat telapak tangan kemudian tempelkan pada layar HP Asus Zenfone. Lakukan sampai ketiga indikator ter-ceklist dengan benar.

t) SDCard_Test: Dipakai untuk menguji pemasangan pada kartu eksternal perangkat sobat. Jika ketika dimasukkan microsd terbaca dengan baik, artinya tidak ada masalah pada pemasangan kartu memori eksternalnya.

u) SimCard_Test: Digunakan untuk menguji pemasangan pada kartu SIM pada perangkat Asus Zenfone sobat. Jika ketika dimasukkan kartu SIM terbaca dengan baik, artinya tidak ada masalah pada pemasangan kartu SIM-nya.

v) Headset_Test: Berfungsi untuk menguji suara ketika sobat menggunakan headset. Jika suara masih terdengar wajar, maka tidak terjadi kerusakan.

w) HeadsetMic_Test: Untuk menguji apakah Mic pada Headset masih berfungsi dengan baik atau tidak. Sobat juga bisa gunakan untuk merekam suara melalui headset untuk menguji lebih jelasnya.

x) HeadsetKey_Test: Berfungsi menguji atau mengetes tombol-tombol yang ada pada headset. Jika ketika melakukan tes semua tombol masih bisa berfungsi dengan baik, artinya koneksi antara Handphone dengan hardware masih oke dan layak pakai.

Apakah sobat sudah melakukan SMMI Test di atas? Saya berharap sobat bisa puas dengan hasil yang di dapat setelah melakukan tes tersebut sehingga sobat bisa mengetahui kerusakan pada HP Asus Zenfone yang sedang sobat uji itu.

Jika teman sobat juga punya HP Asus Zenfone, sebaiknya mintalah dia untuk melakukan pengecekan melalui SMMI Test ini untuk memastikan apakah ada kerusakan pada perangkat Asus Zenfone yang dimilikinya atau tidak.



Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa cara cek kerusakan HP Asus Zenfone yang telah teruji 100% berhasil di atas berlaku untuk semua produk android Asus, seperti Zenfone 2 3 4, Zenfone Go, C, dan sebagainya.

5 Cara Cek Kerusakan HP Asus Zenfone 100% Berhasil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 23:20:00