Fungsi dan Cara menggunakan USB OTG dan Host di HP

Teknologi smartphone kini semakin maju dan bahkan sudah bisa menjalankan beberapa aksesoris yang ada di PC seperti Bluetooth eksternal, mouse, keyboard, flashdiks, dan aksesoris lainnya yang bisa dengan kabel data. Hal ini berkat keberadaan USB OTG atau USB Host yang ada pada smartphone kekininan yang bisa menggantikan fungsi PC.

Fungsi dan Cara menggunakan USB OTG dan Host di HP

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang kegunaan USB OTG dan Host sebaiknya kita ketahui dulu apa itu USB OTG dan USB Host yang belakangan ini familiar di smartphone terutama HP pintar dengan OS android.

1) Pengertian USB OTG Dan Host

USB OTG adalah kepanjangan dari On The Go yang bisa disematkan pada smartphone dengan spesifikasi micro USB V2. Sementara USB Host adalah sebuah fitur yang memungkinkan smartphone menjadi “Tuan Rumah” sehingga dapat menjalankan perangkat keras yang ada di PC seperti keyboard, flashdisk, dan mouse.

2) Perbedaan USB OTG dan Host

Perbedaan yang paling mencolok antara USB OTG dengan USB Host terletak pada fungsi utamanya. USB OTG memiliki kemampuan dapat memindahkan, memodifikasi data yang ada di flashdiks. Sementara USB Host memiliki kemampuan menjalankan perangkat keras lainnya seperti mouse, keyboard, flashdik, dll. Jadi, keduanya saling berhubungan satu sama lain untuk memaksimalkan kinerja smartphone.

Intinya adalah USB OTG akan aktif jika sudah mendukung Host Mode. Sehingga dimanapun ada smartphone yang mendukung USB OTG maka secara otomatis sudah mendukung USB Host. Namun jika smartphone mendukung USB Host, maka belum tentu HP tersebut support USB OTG.

3) Apa Fungsi/ Kegunaan USB OTG dan Host pada HP?

Fungsi USB OTG adalah mengendalikan perangkat keras lainnya dengan hanya menggunakan smartphone saja.

Jika dulu mouse, keyboard, flashdisk, dan lain-lain hanya bisa dijalankan melalui PC komputer/ laptop saja maka dengan adanya smartphone yang mendukung USB OTG sobat tidak perlu khawatir lagi jika tidak memiliki laptop untuk mengetik.

Semua hal sekarang ini bisa dipermudah berkat kemajuan teknologi yang memungkinkan fungsi PC digantikan oleh perangkat mungil yang bernama smartphone. Dengan ponsel pintar ini kita tidak perlu ribet kemana-mana membawa laptop yang berat, namun cukup membawa HP saja.

4) Apakah HP Saya Support USB OTG atau Host?

Bagaimana cara mengetahui HP support/ mendukung USB OTG atau tidak? Untuk mengecek perangkat kamu mendukung USB OTG atau tidak bisa menggunakan beberapa cara sebagai berikut ini: 

a) Jika sobat memakai android dan HP tersebut launcing pada tahun 2015 ke atas, maka kemungkinan mendukung USB OTG akan sangat besar. Pasalnya produsen smartphone rela menyematkan fitur ini dari smartphone kelas entry-lever untuk menarik konsumen dan bisa bertahan ditengah ketatnya persaingan ponsel pintar. 

b) Dukungan USB OTG bisa sobat lihat juga pada kemasan produk (dus box) HP yang sobat punya. Biasanya disana akan mendiskripsikan fitur-fitur unggulan yang ada pada smartphone tertentu untuk meyakinkan pembeli mengenai kecanggihan produk tersebut. 

c) Jika sobat tidak menemukannya di dus Box pembelian, di buku petunjuk cara pemakainan smartphone biasanya juga ada. Disana biasanya terdapat cara menggunakan USB OTG dengan benar sesuai standard yang telah ditetapkan. 

d) Cek spesifikasi HP yang sobat punya di google. Misalnya sobat menggunakan HP Samsung Galaxy J5 (2016), silahkan sobat ketik di Google seperti ini: GSMArena Samsung Galaxy J5 (2016). Maka akan muncul beberapa pilihan, silahkan sobat klik saja ada di website gsmarena.com karena informasi yang ada disana sudah terpercaya. 

e) Menggunakan aplikasi Khusus yang bernama USB Checker. Silahkan sobat undoh aplikasi tersebut di store masing-masing perangkat. Misalnya, sobat menggunakan HP android maka sobat bisa mencarinya di Google Play Store. 

f) Cara terakhir untuk cek fitur USB OTG dan Host pada HP smartphone yakni dengan mencolokkan flashdisk ke perangkat yang sobat miliki. Jika flashdisk terdeteksi atau terbaca, maka dapat dipastikan HP sobat mendukung OTG.

5) Bagaimana cara menggunakan USB OTG?

Cara menggunakan USB OTG dan Host pada HP yang sobat miliki tidak langsung begitu saja dicolokin. Namun harus memerlukan kabel tambahan yang mendukung port USB V2. Nama kabel tersebut yakni kabel USB OTG. Rupa kabelnya persis seperti gambar di bawah!

Fungsi dan Cara menggunakan USB OTG dan Host di HP
 
Jika sobat belum punya silahkan beli di lokasi terdekat, harganya murah sekitar 20 ribuan. Jika sobat sudah punya, langkah-langkah untuk menggunakannya adalah sebagai berikut: 

a) Pastikan HP sobat berada dalam keadaan menyala dan memiliki kapasitas baterai minimal 30% untuk jaga-jaga. Tujuannya supaya HP tidak drop saat digunakan sehingga sobat tidak terkejut nantinya. 

b) Colokkan USB OTG ke perangkat smartphone yang sobat miliki. Pastikan sobat memasangnya dengan baik dan benar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. 

c) Setelah USB OTG terpasang dengan benar, selanjutnya colokkan hardware yang ingin sobat pasang pada smartphone. Misalnya sobat ingin memasang flashdik, silahkan colokkan flashdik dengan benar dan pas pada port USB-nya. Lihat gambar di bawah!


d) Lihat respon smartphone sobat, biasanya akan muncul pemberitahuan bahwa hardware yang sobat pasang telah terdeteksi. Jika sudah begitu, sobat tinggal membuka aplikasi “File Manager” yang ada pada smartphone. 

e) Kemudian silahkan sobat buka atau transfer file sesuai dengan yang sobat kehendaki. Cara ini sangat efektif bagi sobat yang kekurangan memori internal dan eksternal sehingga bisa memindahkannnya melalui flashdisk.

Selain untuk menjalankan flashdisk, smartphone yang mendukung OTG juga bisa menggunakan keyboard yang sering digunakan pada PC komputer. Tak hanya itu, keberadaan USB Host ini juga memungkinkan sobat menggunakan mouse sehingga mempermudah sobat yang suka membuat video tutorial di smartphone seperti saya.


Bagaimana sobat, apakah penjelasan di atas sudah membuat sobat paham tentang fungsi dan cara menggunakan USB OTG? Saya juga ucapkan selamat bagi sobat yang HP-nya support fitur ini sehingga sobat bisa mencoba hardware yang ada di PC dengan hanya menggunakan perangkat mungil yang bernama smartphone ini.

Bagi sobat yang HP-nya belum mendukung fitur USB OTG ini, harap bersabar. Jika sobat punya budget yang cukup sobat bisa beli lagi smartphone yang mendukung USB OTG, namun jika tidak cukup sobat bisa tukar tambah di konter terdekat.

Fungsi dan Cara menggunakan USB OTG dan Host di HP Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 16:20:00