13 Cara Membedakan iPhone 6 Asli dan Palsu/ Replika

Kesuksesan iPhone 6 tidak berjalan mulus seperti apa yang diharapkan Apple. Terbukti dengan banyaknya beredar smartphone palsu yang menyerupai iPhone 6 sehingga berdampak pada reputasi (nama baik) Perusahaan Paman SAM ini.

Jika kalian adalah penggemar Apple sudah semestinya harus memperhatikan dengan seksama dengan mengecek keaslian iPhone 6 sehingga hasilnya bisa membuktikan originalitas iPhone 6 tersebut benar-benar akurat.

Yang harus sobat ketahui lebih dulu adalah iPhone 6 palsu memiliki banyak sebutan seperti supercopy, KW, tiruan, HDC, cloning, dll. Namun yang paling special adalah iPhone 6 HDC.

Perbedaan iPhone 6 HDC dan ori perlu saya ulas sedikit sebelum kita lanjut ke pembahasan inti. Apa itu HDC? HDC adalah nama produk sebuah pabrik yang khusus membuat iphone clone/ replika.

Kelebihan iPhone 6 HDC yaitu sangat mirip sekali dengan aslinya sehingga sangat sulit membedakannya. Sedangkan kelemahan/ kekurangan iPhone 6 HDC yakni tidak memiliki fitur selengkap iPhone 6 original termasuk tidak bisa mengakses Apps Store milik Apple.

Hal itulah yang membuat harga iPhone 6 HDC di Indonesia sangat murah namun memiliki spesifikasi yang hampir sepadan dengan aslinya. Bagi sobat yang tidak ingin tertipu dengan smartphone semacam ini sebaiknya teliti sebelum membeli.

Dari pada mikir lama-lama langsung aja saya berikan 10 cara membedakan iphone 6 asli atau palsu ditinjau dari segi fisik sebagai berikut:

1) Lihat gambar di bawah! Kita mulai dari bagian belakang, pada iPhone 6 asli memiliki warna casing abu-abu terang. Sementara pada iPhone 6 palsu warna abu-abu pada casing belakang terlihat agak gelap.


2) Perhatikan lampu LED flash pada kedua smartphone ini. Jika pada iPhone 6 ori tidak terlihat jarak pemisah antara lampu LED flash dual tone, maka pada iPhone 6 palsu sangat jelas sekali terlihat pembatas lampu LED flash dual tone tersebut. Lihat gambar di bawah!


3) Perhatikan logo gigitan Apple pada kedua iphone 6 ini. Pada iPhone 6 palsu warna warna logo tampak condong agak silver sementara pada iPhone 6 asli warna logo tampak gelap sehingga terlihat jelas. Perhatikan gambar di bawah!


4) Logo pada iPhone 6 palsu lebih menjorok ke dalam sehingga ketika disentuh build quality-nya agak kerasa gax enak banget karena tangan akan tersangkut pada lubang logo iPhone 6 palsu ini. Lihat gambar di bawah!


5) Logo pada iPhone 6 asli sama rata dengan casing smartphone ini. Sehingga ketika disentuh tampak seperti tidak ada logo sama sekali. Hal ini membuat build quality smartphone ini tampak enak banget disentuh-sentuh. Lihat gambar di bawah!


6) Coba sobat perhatikan ukuran lubang USB dan lubang headset pada kedua smartphone ini sangat jauh berbeda. iPhone 6 asli memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga pas banget sama body smartphone ini yang tipis. Sementara, ukuran USB dan lubang heatset pada iPhone 6 palsu tampak besar banget. Hal ini membuat saya yaahhh… sobat udah tau lah ya.. namanya juga palsu sob. Lihat gambar di bawah!


7) Pada bagian atas kedua HP ini akan membuat sobat harus benar-benar teliti untuk membedakannya. Jika sobat perhatikan pada lekukan kedua ponsel pintar ini, maka lekukan pada iPhone 6 asli tampak rapi dengan sedikit border hitam sehinggan tampak elegan. Sementara pada iPhone 6 palsu, pada lekukannya terdapat border hitam di tepi yang tampak begitu jelas! Perhatikan gambar di bawah!


8) Perhatikan gambar di bawah! Ketika kedua HP ini disandingkan, maka akan terlihat sangat jelas ketebalannya. iPhone 6 original tampak lebih tipis. Sementara iPhone 6 palsu terlihat lebih bongsor.


9) Perhatian power buttom dan Tray Sim cart pada kedua smartphone ini.  Border power buttom dan tray sim cart pada iPhone 6 palsu terlihat jelas banget dengan warna hitam disekelilingnya. Sementara pada iPhone 6 asli, border sudah berkamuflase dengan body sehingga tampak premium. Perhatikan gambar di bawah!


10) Border juga terlihat jelas banget pada sisi volume atas-bawah. Dimana meskipun pada iPhone 6 asli memiliki jarah pemisah antar volume tetapi border tidak terlalu tampak. Sementara pada iPhone 6 palsu, terlihat border disekeliling tombol volume atas-bawah. Perhatikan gambar di bawah!


11) Sistem Operasi. Jika kalian amati dengan seksama, system operasi yang digunakan pada iPhone 6 palsu sebenarnya menggunakan android bukan iOS. Jika dilakukan pengecekan melalui menu Setting => About dan mencoba melakukan update maka tidak akan merespon sama sekali.

12) Apps Store. Untuk memastikan iPhone 6 yang sobat miliki asli atau palsu, coba buka Apps Store apakah benar milik Apple. Pada beberapa kasus, hanya iconnya saja yang persis dengan Apps Store padahal setelah dibuka ternyata mengarah ke google play store.

13) Cek Hardware. Pada iPhone 6 asli menggunakan chipset Apple A8 yang hanya diproduksi oleh Apple dan tidak dijual secara bebas dipasaran. Pada iPhone 6 palsu lebih cenderung menggunakan chipset murah yang dijual banyak dipasaran sehingga smartphone iPhone 6 HDC/ KW bisa dibandrol murah meriah.

Baca Juga: Perbedaan iPhone 6 Vs 6S Vs 6 Plus

Sebenarnya masih ada banyak tips mengenai cara untuk membedakan iPhone 6 asli dan palus, HDC, replika, tiruan, supercopy, clone, dsb. Tetapi pembahasannya saya cukupkan sampai disini saja dulu jika sobat Bedahp.com ingin melihat postingan lain terkait iPhone 6 silahkan tengok di bawah!

13 Cara Membedakan iPhone 6 Asli dan Palsu/ Replika Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 15:27:00