2 Cara Mengecek Kerusakan HP Samsung Asli 100% Akurat

Apa alasan yang melatarbelakangi saya membahas 2 cara mengecek kerusakan HP Samsung asli 100% akurat ini? Karena banyak dari sobat yang sering tertipu membeli smartphone baru tetapi sebenarnya bukan new produk melainkan barang bekas yang casing (cover) sudah diganti baru sehingga tampak baru dan sulit ditebak.

Casing bisa saja menipu banyak orang awam, bisa jadi kalian juga akan menjadi target berikutnya. Oleh sebab itu, kehati-hatian kita dalam membeli HP baru/ bekas sangatlah penting terutama sangat wajib bagi kita mengetahui cara mengecek HP Samsung normal/ rusak.

Apakah ada aplikasi pendeteksi HP Samsung rusak? Menurut saya tidak perlu memakai aplikasi apapun yang memberatkan kinerja handphone, karena Samsung sendiri telah menyediakan kode rahasia yang bisa digunakan untuk mengetahui kerusakan perangkatnya.

Bagaimana cara menggunakan kode rahasia HP Samsung itu? Silahkan ikuti step by step di bawah ini dengan benar untuk menjawab rasa penasaran yang ada dalam diri sobat.

1) Menggunakan Kode Rahasia
Cara mengecek kerusakan HP Samsung dengan kode rahasia sebenarnya bukan hal yang baru lagi. Banyak dari mereka yang menggunakan metode ini karena dianggap akurat dalam menentukan rusak atau normalnya HP Samsung.

Apalagi fitur (kode rahasia) untuk mengetahui kerusakan HP Samsung ini telah disediakan oleh Perusahaan asal Korea Selatan itu sejak awal untuk mempermudah konsumen dalam mendeteksi HP Samsung yang rusak atau normal.

Kode rahasia itu biasa disebut dengan “General Test Mode”. Untuk cara menggunakannya, silahkan perhatikan tahapan-tahapannya sebagai berikut:

a) Silahkan kalian buka dial number, lalu ketik kode *#0*# Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah!


b) Maka akan muncul banyak kotak menu yang bisa kalian jadikan sebagai indicator untuk mengecek keaslian HP Samsung. Lihat gambar di bawah!


c) Silahkan kalian coba atau tes satu per satu kode di atas untuk lebih meyakinkan sehingga kalian tahu persis apakah HP itu masih berada dalam keadaan normal atau tidak.

Untuk lebih mudah memahami kode-kode di atas, di bawah ini saya akan mencoba menjelaskan dengan bahasa yang sederhana semoga kalian bisa mengerti dan paham sebelum melakukan uji pada General Test tersebut.

• Red adalah menu untuk mengetahui kontras warna merah yang dihasilkan oleh smartphone. Apabila tingkat kecerahan warna red itu terang maksimal artinya kontras merah HP Samsung yang kalian miliki tidak ada masalah.

• Green adalah menu untuk mengetahui kontras warna hijau yang dihasilkan oleh smartphone. Apabila tingkat kecerahan warna green itu terang maksimal artinya kontras hijau HP Samsung yang kalian miliki tidak ada masalah.

• Blue adalah menu untuk mengetahui kontras warna biru yang dihasilkan oleh smartphone. Apabila tingkat kecerahan blue color itu terang maksimal artinya kontras biru HP Samsung yang kalian miliki tidak ada masalah.

• Receiver adalah suatu bunyi yang menandakan bahwa ada notifikasi pemberitahuan pada smartphone. Dengar baik-baik bunyi tersebut, jika suaranya enak didengar (tidak ada suara berisik) berarti dalam keadaan baik.

• Vibration merupakan getaran yang dihasilkan oleh smartphone kalian. Rasakan getaran itu dengan baik menggunakan tangan kalian. Jika getaran tersendat-sendat pasti HP Samsung kalian kurang sehat.

• Dimming merupakan keadaan dimana HP Samsung berada dalam keadaan diam. Apabila menu Dimming ini ditekan maka muncul tiga warna yakni merah, hijau, dan biru. Jika slah satu dari ketiga warna itu disentuh maka layar HP akan redup.

• Mega Cam yaitu menu untuk mengakses kamera utama. Pada menu ini, kalian bisa mencoba semua fitur pada kamera utama untuk menguji apakah masih berfungsi normal atau mengalami kerusakan.

• Sensor adalah menu yang digunakan untuk mengecek sensor Samsung asli dalam mendeteksi adanya perubahan pada smartphone. Setiap smartphone terdiri dari banyak sensor, namun yang diuji pada General test hanya Accelerometer sensor (layar portrait dan landscape). Cara mengecek sensor Samsung asli.

• Touch menu ini digunakan sebagai cara untuk mengecek layar (LCD) / touchscreen HP Samsung terutama menguji sensitivitas pada layar smartphone. Jika kalian ingin melanjutkan uji pada menu General Test yang lain,  maka kalian wajib menyentuh semua kotak.

• Sleep adalah menempatkan HP Samsung berada dalam keadaan tidur atau lock screen. Jika saat menu ini ditekan HP Samsung langsung sleep maka tidak ada masalah.

• Speaker adalah menu yang bertugas untuk menguji kejernihan suara pada smartphone Samsung. Amati suara yang muncul dari lubang speaker utama maka akan terdengar jelas apakah HP itu normal atau rusak.

• Sub Key merupakan menu yang memiliki fungsi menguji semua tombol yang ada di HP Samsung seperti tombol power, volume, back, options, dll. Jika menu ini ditekan maka akan mengalami perubahan warna pada layar yang artinya tombol itu masih berfungsi dengan semestinya.

• Front Cam yakni menu yang berkewajiban dalam menguji fitur yang ada pada kamera depan. Silahkan kalian ambil beberapa gambar ketika menjalankan menu ini untuk menguji keadaan kamera sekunder ini.

• Black adalah menu untuk mengetahui kontras warna hitam yang dihasilkan oleh smartphone. Apabila tingkat kecerahan black color itu terang maksimal artinya kontras hitam HP Samsung yang kalian miliki tidak ada masalah.

Selain cara di atas, apakah ada alat, aplikasi/ software pendeteksi untuk mengetahui kerusakan HP Samsung? Tentu saja, ada sebuah alat yang bisa digunakan yang bernama Multitester (AVOMeter). Untuk mengetahui apa itu AVOMeter, fungsi dan cara menggunakannya, silahkan lihat di bawah!

2) Menggunakan Multitester (AVOMeter)
Multimeter (Multitester) merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur listrik. Alat ini sering dikenal oleh banyak orang dengan sebutan AVOMeter (Amphere Volt Ohm Meter). Fungsi alat ini adalah untuk mengukur arus listrik, tegangan, dan hambatan pada listrik.

AVOMeter

AVO Meter biasanya sering digunakan pada peralatan elektronik seperti TV, HP, kipas angin, dan alat elektronik lain sejenisnya. Dengan memakai alat ini, para petugas perbaikan bisa dengan mudah mengetahui kerusakan sebuah alat elektronik.

Cukup sampai disitu penjelasan singkat mengenai AVOMeter, kembali pada topic utama kita yakni bagaimana cara mengetahui kerusakan HP Samsung yang mati total? Sebelum kita menggunakan alat deteksi kerusakan HP Samsung ini, sebaiknya ketahui beberapa kerusakan HP sbb:
• HP mati karena kena air
• HP mati karena dicas lama
• HP mati karena jatuh
• HP tiba-tiba mati begitu saja

Cek Baterai Menggunakan AVOMeter
Supaya hasilnya akurat, silahkan ikuti cara cek kerusakan baterai HP Samsung dengan AVOMeter berikut ini dengan bear!

a) Silahkan kalian atur Multitester ke 10 volt. Kemudian kalian hubungkan kutub positif pada Multitester dengan kutub positif pada baterai, sedangkan kutub negatif pada Multitester dengan kutub negative pada batu baterai.

b) INGAT! Standar pada voltage baterai HP adalah 3,7 volt. Jadi, perhatikan jarum pada alat Multitester harus menunjukkan minimal 3,7 volt.

c) Apabila voltage kurang dari 3,7 volt maka kalian harus menggunakan Power Suplay (casan kodok) untuk mengejutkan aliran listrik pada batu baterai. Setelah kalian menggunakan charger kodok sekarang coba nyalakan HP Samsung yang mati tersebut.

Cek Konektor Baterai Dengan AVOMeter
a) Setting Multitester pada Ohm-Meter X1 setelah itu ikuti tahap demi tahan di bawah ini dengan benar dan tepat agar hasilnya bisa akurat.

b) Kemudian kalian hubungkan kabel warna merah (+) di Multitester ke konektor baterai kutub positif (+) dan hubungkan kabel warna hitam (-) di Multitester ke konektor kutub negatif (-).

c) Coba kalian perhatikan gerakan pada jarum di Multitester, pastikan jarum bergerak naik, jika jarum diam (tidak bergerak) artinya terdapat kerusakan di jalur VBatt.

d) Selanjuknya lakukan pengecekan lagi dengan cara di balik, kabel warna merah (+) di Multitester ke konektor battre negatif (-) dan kabel warna hitam (-) di Multitester ke konekor baterai positif (+).

e) Sekarang kalian perhatikan lagi dan pastikan jarum tidak bergerak (diam), jika jarum bergerak naik tinggi berarti komponen HP Samsung kalian ada yang short (korslet), lakukan pengecekan menggunakan Power Suplay (casan kodok).

Baca Juga: Cara Melihat Tipe HP Samsung Asli Yang Benar

Itulah 2 Cara Mengecek Kerusakan HP Samsung Asli 100% Akurat yang bisa kalian buktikan sebelum membeli HP Samsung baru/ bekas. Untuk postingan unik lainnya terkait smartphone Samsung, silahkan lihat di bawah!

2 Cara Mengecek Kerusakan HP Samsung Asli 100% Akurat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 14:58:00