2 Cara Cek Kerusakan HP Xiaomi (Normal/ Tidak) 100% Akurat

Mengapa saya mengangkat judul ini? Alasan yang melatarbelakangi pengangkatan judul 2 cara cek kerusakan HP Xiaomi normal/ tidak ini adalah karena banyak dari kita yang pernah kena tipe saat beli HP baru namun sebenarnya bukan barang baru melainkan produk sekon/ bekas yang casingnya sudah diganti dengan casing baru sehingga terlihat seperti HP baru.

Casing pada Xiaomi bisa saja menipu banyak dari kita yang masih awam, bisa jadi sobat juga akan menjadi target berikut oleh si pelaku. Oleh sebab itu, membaca referensi (cara mengecek kerusakan HP Xiaomi) adalah hal yang bijak sebelum membeli.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara mengecek HP Xiaomi normal/ rusak. Yang perlu diketahui yakni apakah ada aplikasi pendeteksi HP Xiaomi rusak? Atau apakah terdapat software atau alat pendeteksi HP Xiaomi rusak?

Pada postingan yang saya bahas ini adalah tanpa menggunakan aplikasi atau software yakni memakai kode rahasia dan salah satu alat yang bernama AVOMeter. Oke kita bahas satu per satu dulu ysng pertsms mrmsksi kode rahasia android khusus Xiaomi.

Bagaimana cara menggunakan kode rahasia HP Xiaomi itu? Silahkan ikuti tahap demi tahap di bawah ini dengan benar untuk mengecek kerusakan seperti LCD Xiaomi normal/ tidak. Dan cara ini sudah 100% terbukti karena sudah pernah saya coba di HP Xiaomi Redmi 4A Prime yang menggunakan MiUi 8.0 stable.

Metode ini juga bisa digunakan pada perangkat lain dari smartphone asal Tirai Bambu seperti Xiaomi Redmi Note 2 3 4 dan device lainnya.

1) Menggunakan Kode Rahasia
Cara mengecek kerusakan HP Xiaomi dengan kode rahasia sebenarnya bukan hal yang baru lagi. Banyak dari Xiaomi Lovers yang menggunakan metode ini karena dianggap akurat dalam menentukan normal/ rusaknya HP Xiaomi.

Apalagi fitur (kode rahasia) untuk mengetahui kerusakan HP Xiaomi ini telah disediakan oleh Perusahaan asal Tirai Bambu itu sejak awal untuk mempermudah pengguna MiUi dalam mendeteksi HP Xiaomi yang rusak atau normal.

Kode rahasia Xiaomi ini biasa disebut dengan “Engineering Mode”. Untuk cara menggunakan kode rahasia Xiaomi ini, silahkan perhatikan tahapan-tahapannya sebagai berikut:

a) Pada HP Xiaomi kalian, silahkan buka menu Phone (dial number), lalu ketik kode *#*#64663#*#* Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah!


b) Setelah kode rahasia Xiaomi di atas diketik, maka muncul beberapa kotak menu yang bisa kalian jadikan sebagai indikator untuk mengecek keaslian HP Xiaomi seperti pada gambar di bawah!


c) Pada gambar di atas, silahkan sobat pilih “Single Item Test” untuk menguji kerusakan HP Xiaomi secara manual. Maka akan muncul menu-menu Single Item Test seperti pada gambar di bawah!


d) Silahkan kalian uji atau tes satu per satu menu yang muncul di atas guna meyakinkan sobat sehingga tahu persis apakah HP Xiaomi itu masih berada dalam keadaan normal atau tidak.

Untuk lebih mudah memahami menu-menu yang muncul pada HP Xiaomi di atas, di bawah ini saya jelaskan dengan bahasa yang sederhana dengan harapan sobat bisa memahami sebelum melakukan uji kerusakan HP Xiaomi.

* Key merupakan menu yang memiliki fungsi menguji semua tombol yang ada di HP Xiaomi seperti tombol power, volume, back, options, dll. Jika menu ini ditekan maka akan mengalami perubahan warna pada layar yang artinya tombol itu masih berfungsi dengan semestinya.

* Back Light adalah menu yang digunakan untuk menguji lampu latar  yang memiliki tingkat kecerahan yang berbeda-beda. Klik menu ini dan pilih kecerahan yang sesuai dengan mata sobat.

* Touch Pal adalah menu yang digunakan sebagai cara untuk mengecek layar (LCD) / touchscreen HP Xiaomi terutama menguji sensitivitas pada layar smartphone. Jika kalian ingin melanjutkan uji pada menu General Test yang lain,  maka kalian wajib menyentuh semua kotak.

* Bluetooth adalah menu yang digunakan untuk menguji koneksi Bluetooth dalam mengirim berbagai file seperti gambar, dokumen, music, dan file lainnya yang menggunakan teknologi ini.

* SIM Card adalah menu untuk mengetes fungsi kuningan pada HP Xiaomi apakah masih bisa membaca kartu memori dan bisa menangkap sinyal atau tidaknya.

* Vibration merupakan getaran yang dihasilkan oleh smartphone kalian. Rasakan getaran itu dengan baik menggunakan tangan kalian. Jika getaran tersendat-sendat pasti HP Xiaomi kalian kurang sehat.

* Speaker adalah menu yang bertugas untuk menguji kejernihan suara pada smartphone Xiaomi. Amati suara yang muncul dari lubang speaker utama maka akan terdengar jelas apakah HP itu normal atau rusak.

* Receiver adalah suatu bunyi yang menandakan bahwa ada notifikasi pemberitahuan pada smartphone. Dengar baik-baik bunyi tersebut, jika suaranya enak didengar (tidak ada suara berisik) berarti dalam keadaan baik.

* Headset yakni sebuah menu yang digunakan untuk menguji suara headset apakah suaranya bagus atau tidak. Jika suara yang dihasilkan jernih artinya tidak ada kendala sama sekali pada fitur headset ini.

* LED adalah lampu notifikasi yakni lampu yang terletak di bawah atau di atas HP Xiaomi yang akan menyala jika ada pemberitahuan berupa SMS atau email yang masuk ke smartphone kesayangan kalian.

* FM adalah pemancar gelombang radio yang digunakan untuk menangkap sinyal radio sehingga bisa mendengarkan suara dari radio. Silahkan sobat cek, apakah gelombang radio masih berfungsi dengan baik atau tidak.

* Camera yaitu menu untuk mengakses kamera utama. Pada menu ini, kalian bisa mencoba semua fitur pada kamera utama untuk menguji apakah masih berfungsi normal atau mengalami kerusakan.

* Battery adalah menu yang digunakan untuk menguji kesehatan baterai HP Xiaomi. Pada menu ini akan menimbulkan informasi yang seakurat mungkin sehingga pengguna bisa mengganti baterai dengan segera jika rusak.

* WIFI merupakan menu untuk menguji fitur WIFI yang ada di HP Xiaomi anda. Jika menu ini diklik maka WIFI akan menyala secara otomatis dan melakukan uji untuk memastikan optimalisasi sinyal ini.

* Torch adalah menu yang menguji lampu LED flash pada kamera belakang. Jika menu ini disentuh maka lampu secara defauld akan menyala yang artinya tidak ada kendala yang berarti pada sektor tersebut.

* LCD adalah menu yang digunakan untuk cek kerusakan LCD Xiaomi khususnya kontras warna pada LCD. Jadi pastikan keadaan kontras warna LCD sobat baik-baik saja dengan melakukan pengujian menggunakan menu yang satu ini.

* GPS merupakan menu yang diapakai untuk menguji keakuratan sinyal GPS yang ada diwilayah anda berada. Banyak hal yang dilakukan dengan sinyal GPS ini salah satunya bisa dipakai untuk Peta jalan.

* G_Sensor adalah sensor yang mendeteksi perubahan pada orientasi. Jika HP Xiaomi dimiringkan maka secara otomatis layar akan menjadi landscape begitu juga jika didirikan maka layar menjadi portrait. Silahkan soba uji dengan cara mengaktifkan fitur rotasi lalu memiringkan HP Xiaomi.

* Gyro adalah sensor yang cara kerjanya mirip dengan G_Sensor dimana sensor ini mendeteksi perubahan pada orientasi. Jika HP Xiaomi dimiringkan maka secara otomatis layar akan menjadi landscape begitu juga jika didirikan maka layar menjadi portrait.

* Proximity Sensor adalah sensor jarak yang berfungsi mendeteksi gerakan jarak dekat seperti saat ada panggilan telepon di HP Xiaomi kemudian diangkat oleh pengguna dan ditempelkan ditelinga maka layar HP akan mati secara otomatis berkat proximity sensor ini.

Silahkan sobat cek fungsi sensor proximity ini pada HP Xiaomi yang sobat miliki atau yang akan dibeli. Jika sensor ini tidak merespon pada saat telinga didekatkan, berarti ada kerusakan pada sector ini.

* Optical Sensor adalah sensor yang mendeteksi perubahan cahaya. Jika sensor ini diaktifkan maka saat HP Xiaomi berada dalam ruangan yang gelap maka secara otomatis layar HP akan meredup, begitu juga sebaliknya. Silahkan cek normalitas sensor ini pada HP Xiaomi sobat.

* Magnetic Sensor adalah sensor yang bertugas mendeteksi medan magnet yang berada disekeliling smartphone. Hal ini sangat penting mengingat hampir semua HP Xiaomi mendukung sensor compass sehingga mendeteksi adanya medan magnet adalah hal yang sangat penting supaya arah yang ditunjuk oleh jarum kompas hasilnya akurat.

* Infrared yakni menu yang digunakan untuk mengetes sinyal infrared apakah masih bisa efektif dipakai untuk menyalakan barang-barang elektronik seperti TV, AC, dll.

Dari beberapa menu Engineering Test di atas, ada beberapa menu yang belum saya ketahui fungsinya sampai tulisan ini dibuat, dan jika sobat mengtahui fungsinya mohon untuk bubuhkan komentar guna melengkapi referensi tulisan ini. Adapun beberapa menu itu yakni:
• TF Flash
• RTC
• LoopBack

Cara cek kerusakan HP Apple Tirai Bambu di atas juga support pada device flaship seperti Xiaomi Mi 4 5 6 dan lainnya. Oh iya, selain cara di atas, apakah ada alat, aplikasi, software pendeteksi untuk mengetahui kerusakan HP Xiaomi? Tentu saja, ada sebuah alat yang bisa digunakan yang bernama Multitester (AVOMeter). Untuk mengetahui apa itu AVOMeter, fungsi dan cara menggunakannya, silahkan lihat di bawah!

2) Menggunakan Multitester (AVOMeter)
Multimeter (AVOMeter) merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur listrik. Alat ini sering dikenal oleh banyak orang dengan sebutan Amphere Volt Ohm Meter (AVOMeter). Fungsi alat ini adalah untuk mengukur arus listrik, tegangan, dan hambatan pada listrik.


AVO Meter biasanya sering digunakan pada peralatan elektronik seperti TV, HP, kipas angin, dan alat elektronik lain sejenisnya. Dengan memakai alat ini, para petugas perbaikan bisa dengan mudah mengetahui kerusakan sebuah alat elektronik.

Cukup sampai disitu penjelasan singkat mengenai AVOMeter, kembali pada topik utama yakni bagaimana cara mengetahui kerusakan HP Xiaomi yang mati total? Sebelum kita menggunakan alat deteksi kerusakan HP Xiaomi ini, sebaiknya ketahui beberapa kerusakan HP sbb:
• HP Xiaomi tidak nyala karena kemasukan air
• HP Xiaomi mati total karena di charger terlalu lama
• HP Xiaomi mati syok setelah jatuh/ terbentur
• HP Xiaomi tiba-tiba mati begitu saja dan ngambek tidak mau menyala

Cek Baterai Menggunakan AVOMeter
Supaya hasilnya akurat, silahkan ikuti cara cek kerusakan HP Xiaomi dengan AVOMETER berikut ini dengan bear!

a) Pada alat AVOMeter, setting ke 10 volt. Kemudian sobat hubungkan kutub positif pada AVOMeter dengan kutub positif pada baterai, sedangkan kutub negatif pada AVOMeter dengan kutub negatif pada batu baterai.

b) INGAT! Standar pada voltage baterai HP Xiaomi adalah 3,7 volt. Jadi, perhatikan jarum pada alat AVOMeter harus menunjukkan minimal 3,7 volt.

c) Apabila voltage kurang dari 3,7 volt maka sobat harus menggunakan Power Suplay (casan kodok) untuk mengejutkan aliran listrik pada batu baterai. Setelah sobat menggunakan charger kodok sekarang coba nyalakan HP Xiaomi yang mati tersebut.

Cek Konektor Baterai Dengan AVOMeter
a) Setting Multitester pada Ohm-Meter X1 setelah itu ikuti tahap demi tahan di bawah ini dengan benar dan tepat agar hasilnya bisa akurat.

b) Kemudian kalian hubungkan kabel warna merah (+) di AVOMeter ke konektor baterai kutub positif (+) dan hubungkan kabel warna hitam (-) di AVOMeter ke konektor kutub negatif (-).

c) Coba kalian perhatikan gerakan pada jarum di AVOMeter, pastikan jarum bergerak naik, jika jarum diam (tidak bergerak) artinya terdapat kerusakan di jalur VBatt.

d) Selanjuknya lakukan pengecekan lagi dengan cara di balik, kabel warna merah (+) di AVOMeter ke konektor baterai negatif (-) dan kabel warna hitam (-) di AVOMeter ke konekor baterai positif (+).

e) Sekarang kalian perhatikan AVOMeter dan pastikan jarum tidak bergerak (diam), jika jarum bergerak naik tinggi berarti komponen HP Xiaomi kalian ada yang short (korslet), lakukan pengecekan menggunakan Power Suplay (casan kodok).

Baca Juga: 3 Cara Mengecek Sisa Free RAM Xiaomi Yang Benar!

Untuk postingan unik lain terkait Xiaomi, silahkan lihat di bawah! Demikianlah 2 Cara Cek Kerusakan HP Xiaomi (Normal/ Tidak) 100% Akurat yang bisa kalian buktikan sebelum membeli HP Xiaomi baru/ bekas. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat bagi kita semua!

2 Cara Cek Kerusakan HP Xiaomi (Normal/ Tidak) 100% Akurat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 15:50:00