3 Cara Membuka Kunci HP Android Lupa Pola Sandi di Semua Merek HP

Bagaimana cara membuka kunci HP Android lupa pola sandi (password)/ pin tanpa flash/ reset ulang? Pertanyaan umum semacam itu akan muncul ketika sobat mengalami masalah tidak bisa mengakses HP Android karena terkunci.

Seperti kata pepatah "Sudah jatuh ketiban tangga lagi" Begitu juga dengan HP Android yang sobat miliki, "Sudah terkunci, lupa password lagi" nah bagaimana tuh....

Untuk itulah, saya selaku admin blog ini akan memberikan referensi yang bisa digunakan untuk semua versi HP dengan OS robot hijau ini seperti Android Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Android Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Android Lollipop, Marshmallow, Nougat, dan seterusnya.

Dan kabar yang lebih mengembirakan lagi, cara membuka kunci ini bisa dipakai disemua brand smartphone seperti Lenovo, Samsung, Asus Zenfone, Xiaomi, Advan, Smartfren, Motorola, Oppo, Cross, dan merek lainnya.

Lalu mengapa harus ada embel-embel tanpa reset/ flash? Karena Jika membuka kunci HP Android dengan melakukan flash/ reset kita harus merelekan aplikasi penting yang ada di HP Android kesayangan kita hilang begitu saja.

Dikarenakan saya tidak rela 
HP Android kehilangan data-data maupun aplikasi penting yang sudah terintall di HP Android sebelumnya, saya berusaha mencari cara yang tepat dan efisien tanpa harus reset maupun flash.

Setelah sekian lama googling akhirnya saya menemukan cara yang tepat untuk HP Android sebagai berikut:

Inilah 3 Cara Membuka Kunci HP Android Lupa Pola Sandi di Semua Merek HP

Cara berikut ini sudah saya rasakan keampuhannya dalam membuka HP Android dengan brand Lenovo A7000 yang lupa kunci. Dan cara ini bisa digunakan oleh semua smartphone Android lain dengan merek apapun.


1) Pakai Android Device Manager
Cara membuka HP Android menggunakan "Android Device Manager" adalah dengan membuka browser di smartphone teman kalian atau menggunakan komputer untuk mengakses layanan.

Contoh dibawah adalah saya membuka kunci Android (Lenovo A7000). Pastikan, kalian login dengan akun Google yang sama yang pernah kalian login di HP Android yang lupa password tersebut kemudian ikuti langkahnya di bawah ini:

a) Pertama buka link Android Device Manager. Disana terdapat tiga pilihan yakni Deringkan, Kunci, atau Hapus. Silahkan kalian pilih Kunci atau Lock seperti pada gambar di bawah.



b) Jika Android Device Manager mengalami kesulitan menemukan HP Android kalian, klik tombol refresh browser selama beberapa kali.

c) Lihat gambar di bawah! Setelah klik tombol Kunci atau Lock, kalian akan diminta untuk memasukkan sandi baru u/ HP Android, yang akan menggantikan pola, PIN, atau password lama yang lupa.


d) Ketik password baru dua kali untuk HP Android kalian supaya mengonfirmasi pilihan, lalu klik tombol Lock. Dari sini, tunggu setidaknya 5 menit.

e) Sukses! Sekarang kalian sudah bisa membuka HP Android yang terkunci dengan password baru.

Apabila pada acara di atas kalian masih juga tidak bisa membuka kunci HP Android, kalian bisa gunakan cara kedua di bawah ini.

2) Dengan ADB
Cara ini bisa bekerja jika sebelumnya kalian telah mengaktifkan USB Debugging dan HP Android kalian sudah pernah terhubung komputer melalui ADB.

Jika kalian sudah pernah melakukan root atau install custom ROM pasti sudah tidak asing lagi dengan proses ini.

a) Hubungkan HP Android kalian ke komputer dengan kabel data, kemudian buka jendela command prompt di direktori instalasi ADB.

b) Ketik perintah berikut; adb shell rm /data/system/gesture.key kemudian tekan Enter. Lihat gambar di bawah!



c) Selanjutnya, reboot HP Android kalian dan kini sandi di lockscreen kalian sudah tidak terkunci lagi. Sukses! HP Android kalian telah berhasil di unlock.

Tapi jangan senang dulu karena ini hanya bersifat sementara, jika kalian melakukan reboot pada
HP Android kalian maka akan terkunci lagi. Jadi pastikan kalian menetapkan sandi baru sebelum melakukan proses reboot berikutnya.

Apabila cara di atas juga masih tidak bergeming,
kalian bisa gunakan cara terakhir berikut ini yang pasting sudah terbukti 100%. Cara yang dimaksud adalah dengan melakukan Factory Reset.

3) Pakai Factory Reset

Sebenarnya ada dua cara, yakni melalui “Flash dan Reset”. Diantara dua acara tersebut, cara yang paling mudah adalah melalui Reset sehingga kalian tidak perlu menggunakan PC cukup hanya HP Android kesayangan kalian saja.

Sebelum kalian memutuskan untuk melakukan reset, ada baiknya
kalian ketahui lebih dulu apa manfaat, kelebihan dan dampak melakukan reset.

MANFAAT RESET pada
HP Android yakni dapat mengatasi permasalahan pada software Android kalian seperti: lemot, aplikasi error, mengatasi HP Android tidak bisa akses internet, menangani HP Android botloop karna salah instal aplikasi, game, dll.

KELEBIHAN RESET HP Android adalah
kalian tidak perlu melakukan Flash ulang HP Android. Melakukan Flash Ulang berarti kalian harus mengganti firmware asli dengan firmware downgrade atau upgrade terbaru. 

"PENTING! Melakukan reset pada HP Android dapat menghapus semua aplikasi dan Game yang di install, menghapus foto, music, video, dan data pengguna yang tersimpan di memori internal HP Android kalian. Kecuali data yang tersimpan di memori eksternal maka tidak akan terhapus."

Sebelum kalian memutuskan untuk melakukan reset pada HP Android, sebaiknya backup dulu semua file atau data penting ke memori eksternal. Jika memori eksternal kalian penuh, kalian bisa memindahkannya ke PC/ Laptop/ Komputer.

Jika saja
kalian tidak lupa kunci, melakukan reset pada HP Android sangat mudah yakni cukup Buka Menu Pengaturan => Pilih Cadangkan dan Reset => Reset Data Pabrik.

Namun, karena masalahnya adalah “LUPA KUNCI” maka silahkan kalian ikuti langkah-langkah berikut ini.

a) Usahakan HP Android memiliki baterai minimum 50% untuk jaga-jaga, kemudian kalian matikan HP Android kalian.

b) Dalam keadaan HP Android mati, tekan dan tahan tombol Volume Up + Power secara bersamaan (lihat gambar di atas) sampai muncul dilayar logo smartphone. 

c) Setelah logo muncul di layar lepas ketiga tombol yang ditekan tadi. Tunggu beberapa saat, maka HP Android kalian akan masuk ke menu recovery mode. 

d) Setelah berada di menu recovery mode, Tekan tombol volume down lalu pilih “wipe data factory reset”. Setelah berada di “wipe data factory reset”, Tekan tombol power untuk mereset. 

e) Konfirmasi pilih “Yes” -- Deleta all user data. Kemudian pilih “Reboot Sytem Now”. Tunggu proses restart HP Android kalian. Finish! HP Android kalian telah berhasil di reset.

Cara di atas sangat efektif untuk mengembalikan setelan/ pengaturan HP Android kalian ke pengaturan pabrik/ awal sehingga kalian bisa mengatur ulang password atau pola kunci yang sebelumnya lupa.

Baca Juga: 10 Daftar HP dengan Kamera Selfie Terbaik

Untuk artikel bermanfaat lainya terkait HP Android, silahkan lihat di bawah! Demikianlah 3 Cara Membuka Kunci HP Android Lupa Pola Sandi di Semua Merek HP tanpa flash/ reset yang sudah terbukti 100% work.

3 Cara Membuka Kunci HP Android Lupa Pola Sandi di Semua Merek HP Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 16:01:00