4 Cara Flash Xiaomi Redmi 4A Tanpa PC 100% Work

Pada kesempatan yang cerah kali ini, saya akan memberikan tutorial lengkap cara flash Xiaomi Redmi 4A tanpa PC/ komputer/ laptop/ notebook yang sudah terbukti 100% work. Adapun tujuan melakukan flash pada Xiaomi Redmi 4A yakni untuk mengatasi error, lemot, mati total, bootloop, hang, dan kerusakan Xiaomi Redmi 4A pada firmware yang harus segera diperbaiki.

Khusus untuk mengatasi Xiaomi Redmi 4A lemot cukup dengan factory reset saja sudah cukup sehingga tidak perlu lagi melakukan flash yang membutuhkan lumayan banyak waktu. Sebelum sobat melakukan langkah demi langkah untuk flash Xiaomi Redmi 4A, sebaiknya sobat ketahui dulu apa itu flash?

Flash memori atau lebih dikenal dengan memori kilat merupakan sejenis EEPROM yang memiliki fungsi untuk memberi izin banyak lokasi memori untuk melakukan perubahan seperti menghapus dalam suatu operasi pemprograman di smartphone.

Memori Flash merupakan suatu bentuk dari chip-memori yang dapat write, dan tidak seperti chip memori random (RAM), memori flash mampu menyimpan data tanpa perlu mengkonsumsi daya listrik yang berlebihan seperti RAM.

Sementara Flashing sendiri merupakan suatu proses memasukkan firmware ke perangkat seperti smartphone dengan tujuan update, downgrade, atau mengatasi berbagai masalah pada suatu device.

Inilah 4 Cara Flash Xiaomi Redmi 4A Tanpa PC 100% Work

Oke sekarang kita bahas satu persatu dari 4 metode flash yang bisa dilakukan pada perangkat Xiaomi Redmi 4A sebagai berikut:

1) Flash Redmi 4A via Updater (Otomatis)
Untuk melakukan flash Xiaomi Redmi 4A menggunakan update otomatis ini, sobat tidak perlu menggunakan bahan apapun, namun cukup melalui pengaturan di Redmi 4A sbb:

a) Pertama silahkan sobat buka Menu Pengaturan => About => Update (Pembaruan Sistem). Maka akan muncul seperti pada gambar di bawah!


b) Selanjutnya, sobat tinggal pilih “Periksa Pembaruan” seperti pada petunjuk tanda panah berwarna biru yang ada pada gambar di bawah!


c) Jika pembaruan memang tersedia, maka di layar Xiaomi Redmi 4A sobat akan tampil changelog, dan sobat bisa langsung men-download file update tersebut.

d) Setelah unduh file update ROM selesai, maka sobat bisa install update ROM tersebut di Xiaomi Redmi 4A. jika sudah dipasang, maka Redmi 4A akan melakukan booting, tunggu sampai selesai dan ROM 100% berhasil diperbarui.

2) Flash Redmi 4A via Updater (Manual)
Caranya hamper mirip seperti tutorial cara flash Xiaomi Redmi 4A via update otomatis pada cara pertama di atas, yang membedakannya adalah sobat harus download full ROM Redmi 4A di website resmi Xiaomi lalu memasangnya secara manual seperti langkah-langkah sbb:

a) Pertama sobat kunjungi website resmi milik Xiaomi disini lalu unduh dulu file full ROM-nya disana. Karena ukuran filenya sangat besar, gunakan Internet Download Manager/ sejenisnya supaya hasil unduhnya bisa selesai secara sempurna demi mencegah terjadinya error saat flash Redmi 4A yang sobat miliki.

b) Setelah berhasil di download, silahkan sobat pindahkan file full ROM tadi ke memori internal (memori telepon) di bagian luar (jangan didalam folder). Proses pemindahan ini cukup memakan beberapa waktu karena ukuran file yang besar, jadi harap bersabar ya sob…

c) Jika sudah selesai dipindahkan, saatnya melakukan eksekusi dengan membuka Menu Pengaturan => About => Update (Pembaruan Sistem). Lalu klik pada pojok kanan atas, maka akan muncul beberapa menu seperti gambar di bawah!


d) Pada beberapa menu yang tampil pada gambar di atas, silahkan sobat klik saja “Pilih Paket Pembaruan” maka sobat akan diminta mencari dimana file full ROM diletakkan. Jika sudah ketemu, silahkan sobat pilih file full ROM tersebut.

e) Secara otomatis, smartphone Xiaomi Redmi 4A sobat akan melakukan booting dan memerlukan waktu beberapa lama untuk menyelesaikan proses booting tersebut. Silahkan sobat sambil menikmati secangkir kopi sambil menunggu hehehe…

3) Flash Redmi 4A via TWRP (Recovery)
Tutorial cara flash Xiaomi Redmi 4A tanpa PC berikutnya ini adalah menggunakan Recovery Mode, dimana memiliki resiko yang lebih tinggi dari dua cara di atas. Jika sobat salah tingkah , bukannya mengatasi masalah pada HP Xiaomi Redmi 4A, justru HP sobat malahan bootloop he..he..

Admin bukannya menakut-nakuti sobat lo ya, tetapi meminta sobat waspada, hati-hati dan teliti saat menggunakan Metode Recovery ini demi menetralisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk langkah-langkahnya silahkan ikuti sbb:

a) Pertama, sama seperti cara nomor 2 dimana sobat harus men-download file full ROM di website resmi milik Xiaomi disini (http://en.miui.com/download-319.html). INGAT! gunakan Internet Download Manager/ sejenisnya supaya proses download cepat dan lancar serta hasil unduh bisa selesai dengan sempurna.

b) Setelah file full ROM berhasil di unduh, silahkan sobat pindahkan file full ROM tadi ke memori internal (memori telepon) di bagian luar (jangan didalam folder). Silahkan bersabar sebentar sob, karena proses pemindahan ini cukup memakan beberapa waktu mengingat ukuran file lumayan besar.

c) Pastikan smartphone Xiaomi Redmi 4A sobat sudah terpasang TWRP. Jika belum, sobat bisa cari di Google bagaimana tutorial cara pasang TWRP Xiaomi Redmi 4A yang benar, karena proses pemasangannya juga cukup lama.

d) Jika TWRP di HP Xiaomi Redmi 4A sobat sudah terpasang, langkah berikunya langsung melakukan eksekusi dengan cara mematikan perangkat sobat dan pastikan HP Xiaomi Redmi 4A sobat benar-benar berada dalam keadaan mati total.

e) Berikutnya, tekan dan tahan Tombol Power + Tombol Volume Atas secara bersamaan sampai muncul logo “MI” baru bisa sobat lepas kedua tombol tersebut. Maka menu TWRP akan terbuka persis seperti gambar di bawah!


f) Selanjutnya sobat pilih pilih “Recovery” seperti pada petunjuk gambar di atas, maka akan dibawa masuk ke menu lain dari TWRP. Dari beberapa menu tersebut, silahkan sobat pilih “Install” seperti pada gambar di bawah!


g) Kemudian sobat cari file full ROM yang sudah diunduh dan diletakkan di memori telepon (internal) tadi. Jika file full ROM sudah ketemu, silahkan sobat klik untuk menginstal seperti gambar di bawah!


h) Konfirmasi bahwa sobat ingin flash Xiaomi Redmi 4A dengan cara swipe tanda panah ke arah kanan seperti pada gambar di bawah!


i) Tunggu proses instalasi berhasil di Redmi 4A. Jika sudah selesai, sobat bisa “Reboot System“ maka HP Xiaomi Redmi 4A sobat akan restart dan tunggu proses booting yang cukup lama ini sambil menikmati camilan… setelah HP sobat hidup, maka flashing Xiaomi Redmi 4A telah 100% SUKSES.

4) Flash Menggunakan PC
Untuk melakukan flash Xiaomi Redmi 4A dengan PC, ada beberapa hal yang harus sobat diperhatikan sbb:

a) Hindari memakai komputer untuk melakukan flashing Xiaomi Redmi 4A, sebaiknya sobat gunakan laptop, notebook, atau netbook untuk mencegah jika sewaktu-waktu listrik di tempat sobat padam ketika melakukan flasing.

b) Sobat harus pastikan bahwa kapasitas baterai Xiaomi Redmi 4A terisi penuh atau setidaknya terisi minimal 70% untuk berjaga-jaga agar smartphone Xiaomi Redmi 4A sobat tidak mati ketika proses flash sedang berjalan.

c) Ketika proses flash Xiaomi Redmi 4A sedang berlangsung, hindari sebisa mungkin untuk menyenggol kabel data yang terhubung dengan laptop untuk mencegah terputusnya koneksi ketika transfer data di Xiaomi Redmi 4A sedang berjalan.

Jika hal di atas sudah sobat perhatikan dengan benar, maka tahap berikutnya yang harus dilakukan yakni mempersiapkan bahan-bahan dan tools yang akan digunakan untuk melakukan flash Xiaomi Redmi 4A via PC.

Silahkan sobat undoh bahan dan alat yang akan digunakan untuk keperluan flashing dengan mencarinya di Google beserta tutorial lengkap cara flash Xiaomi Redmi 4A via PC karena admin Beda HP tidak menyediakan cara tersebut mengingat postingan ini sudah sangat panjang dan saya juga tidak merekomendasikan jika sobat melakukan flash memakai PC, selain ribet resiko yang ditimbulkan juga tinggi.

Baca Juga: 16 Kelebihan Xiaomi Redmi 4A HP Murah

Untuk Postingan terkait Redmi 4A silahkan lihat di post terkait di bawah! Demikianlah 4 Cara Flash Xiaomi Redmi 4A Tanpa PC 100% Work yang bisa sobat buktikan sendiri keampuhannya. Jika sobat mengalami suatu kendala/ terdapat hal yang menurut sobat belum jelas, silahkan sobat tanyakan melalui kolom komentar di bawah!

4 Cara Flash Xiaomi Redmi 4A Tanpa PC 100% Work Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 08:35:00