10 Cara Mengatasi Sinyal Android Hilang Tiba-Tiba

Siapa yang tidak jengkel jika Android kehilangan jaringan yang mengakibatkan terputuskan komunikasi yang sedang berlangsung. Agar tidak terjadi hal yang serupa kita harus tahu bagaimana solusi cara mengatasi sinyal Android yang hilang secara tiba-tiba tersebut. Sebelum kita melanjutkan pembahasan bagaimana cara memperbaiki sinyal Android yang sering hilang, ada baiknya kita mengetahui apa penyebab Android tidak ada sinyal.

Cara Mengatasi Sinyal Android Hilang Tiba-Tiba

Penyebab Sinyal Android Hilang Tiba-Tiba
Terdapat beberapa faktor penyebab sinyal Android hilang secara tiba-tiba/ mendadak, agar lebih mudah memahaminya admin akan uraikan beberapa faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut:

a) Tidak Ada Jangkauan Sinyal di Daerah Sobat
Coba sobat cek dengan baik, apakah disekitar area tempat sobat berdiri ada tower sinyal. Jika di daerah tersebut sama sekali tidak ada tower sinyal maka dapat dipastikan bahwa wilayah itu memang minim sinyal sehingga wajar jika sinyal Android tiba-tiba hilang.

b) Android Sobat Sedang Error
Apakah Android kesayangan sobat pernah terjatuh? Jika memang pernah maka bisa jadi ponsel sobat mengalami error sehingga daya tangkap sinyal menjadi berkurang secara drastis. Hal itu disebabkan karena kuningan penangkap sinyal bergesar akibat benturan keras saat terjatuh dari ketinggian.

c) Terjadi Perubahan Pada Menu Pengaturan
Jika sobat mengatur Android saat berada di wilayah perkotaan ke mode sinyal 3G Only atau 4G LTE Only demi mempercepat koneksi internet, maka smartphone sobat hanya akan menangkap sinyal 3G atau 4G saja sehingga sulit untuk mendeteksi jaringan biasa. Untuk mengubahnya ke semula silahkan pergi ke menu Pengaturan > Jaringan Seluler > Pilih Mode Jaringan “WSDMA/GSM (sambungan otomatis).

d) Jangkauan Sinyal Putus-Putus
Sinyal Android hilang timbul bisa jadi karena jaringan tidak konsisten alias lagi naik-turun. Hal ini disebabkan oleh layanan operator jaringan yang sobat gunakan sedang gangguan atau ada masalah lain pada program mereka sehingga berdampak pada penyebaran sinyal yang tidak merata di wilayah tersebut.

e) Pengaruh Cuaca Ekstream
Cuaca ekstream juga mempengaruhi kuat atau lemahnya sinyal Android sobat. Jika cuaca sedang hujan lebat disertai angin kencang dan petir maka sangat mempengaruhi penangkapan sinyal pada Android. Sebaiknya saat cuaca tidak mendukung hindari menggunakan HP Android (matikan HP) demi keamanan sobat.

f) Kemungkinan Hardware Rusak
Jika Android yang sobat miliki pernah masuk ke dalam air, bisa jadi alat penangkap sinyal di Android sobat rusak karena alat itu tidak kedap air maka ada komponen yang berkarat. Kerusakan pada hardware inilah yang membuat sinyal Android silang alias tidak ada sinyal.

g) Kemungkinan Masalah Software
Mungkin sobat pernah update software? Jika iya, beberapa software yang kita update mungkin terdapat bugs yang mempengaruhi kualitas jaringan. Jika sebelum update software Android sinyal berada dalam keadaan baik-baik saja namun setelah update justru bermasalah maka sebaiknya lakukan downgrade lagi.

h) Adanya Aplikasi Android Bermasalah
Sinyal HP Android bisa dipengaruhi oleh aplikasi pihak ketiga yang sudah sobat install. Aplikasi tersebut mungkin membatasi kekuatan sinyal karena beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi pihak ketiga tidak sesuai dengan perangkat yang sobat gunakan.

i) Terjadi Perbaikan Sinyal Oleh Operator
Operator kemungkinan sedang membenahi sistem atau tower mereka karena ada suatu masalah atau penambahan fitur baru. Untuk memperbaiki atau menambahkan fitur baru tersebut maka demi keamanan, listrik akan dimatikan sementara waktu pada sistem atau tower yang sedang dibenahi.

Penyebab sinyal Android lemah atau hilang tiba-tiba di atas hanya beberapa saja, sebenarnya masih masih banyak faktor lainnya yang mempengaruhi. Lalu bagaimana cara mengatasi sinyal Android yang hilang tersebut? Baca solusinya di bawah ini sebagai tambahan referensi bagi sobat.

Inilah 10 Cara Mengatasi Sinyal Android Hilang Tiba-Tiba 100% Berhasil

Saya merangkum dari beberapa kasus mengenai hilangnya sinyal sebuah smartphone pada OS android terutama yang berada di daerah perkotaan dan pedesaan.

1) Pakai Mode Pesawat
Cara agar sinyal ANDROID kuat lagi yakni dengan mengaktifkan mode penerbangan. Jika Mode ini hidup maka semua sinyal akan hilang, kemuadian non-aktifkan lagi mode penerbangan untuk membuat sinyal kembali terdeteksi dengan sempurna.

2) Matikan Sementara Android Sobat
Cara kedua adalah dengan merefresh sinyal jaringan dengan cara metaikan HP Android yang sobat miliki untuk sementara waktu. Pastikan ponsel tersebut benar-benar mati jika memungkinkan, silahkan sobat cabut baterai lalu pasang dan hidupkan kembali HP Android sobat.

3) Ganti Mode Jaringan di Android
Untuk mengubah mode jaringan di Android supaya memperoleh sinyal 2G, EDGE, 3G, HSDPA, dan 4G LTE secara otomatis maka silahkan sobat pergi ke menu Pengaturan > Jaringan Seluler > Pilih Mode Jaringan “WSDMA/GSM (sambungan otomatis”, cara ini sangat efektif untuk mengatasi sinyal Android yang lemah dan hilang secara tiba-tiba.

4) Cari Area Terjangkau Sinyal
Berdasarkan pengalaman penulis yang tinggal di lokasi Provinsi Lampung, ketika saya masuk ke dalam kamar kartu SIM yang saya gunakan sinyalnya hilang total. Waktu itu saya pikir Android saya yang rusak karena tidak biasanya terjadi masalah seperti ini sebelumnya.

Saya kemudian merenung dan terlintas dalam pikiran bagaimana solusi cara mengatasi sinyal HP Android hilang tiba-tiba bahkan terkadang hilang total ini? Akhirnya, setelah saya keluar dari kamar saya ternyata sinyal full lagi. Mungkin kamar saya tidak bisa dijangkau oleh sinyal kartu SIM yang saya pakai itu sehingga saat keluar ruangan baru terdeteksi kembali sinyalnya.

5) Cek Keadaan Kartu SIM
Hilangnya sinyal pada Android kemungkinan saat sobat memasang kartu SIM yang belum tepat terkena lempengan kuningan, atau sinyal Android hilang setelah jatuh sehingga letak kartu SIM bergeser. Solusi untuk mengatasi sinyal Android yang hilang seperti ini yakni dengan mencabut kartu SIM lalu memasangnya kembali.

6) Mengganti Kartu SIM Android
Coba sobat ganti kartu SIM Android sobat ke lain operator untuk sementara waktu dengan kartu SIM yang lain untuk memastikan apakah kerusakan itu disebabkan oleh kartu SIM itu atau tidak. Jika sudah sobat ganti kartu SIM-nya namun hasilnya tetap saja sama maka silahkan ikuti langkah selanjutnya di bawah.

7) Reset HP Android Sobat
Jika Android sobat mengalami masalah sinyal hilang karena terkena virus atau akibat penggunaan aplikasi pihak ketiga yang berlebihan, sebaiknya lakukan reset ulang pada Android sobat melalui menu Setting > Pabrikan > Reset. Setelah sobat melakukan reset ulang, maka Android sobat akan kembali seperti baru lagi. Reset juga bermanfaat sebagai  salah satu cara membuat Android tidak lemot alias menjadi lebih ngebut. Namun sobat harus ingat bahwa sebelum melakukan reset, backup dulu semua data penting yang ada di memori telepon Android sobat karena saat reset semuanya akan hilang.

8) Flash HP Android Sobat
Apabila sinyal hilang karena firmware sobat yang bermasalah akibat update OS terbaru, maka sobat harus melakukan flash ulang. Cara flash Android yakni dengan melakukan unduh terlebih dulu firmware yang sesuai dengan tipe Android tersebut yang telah disediakan oleh vendor aslinya. Firmware bisa sobat dapatkan di website resmi pembuat Android itu.

9) Ganti Hardware Android Sobat
Jika Android sobat pernah jatuh lalu kemudian sudah sobat reset dan flash tetapi masih saja tidak ada sinyal, itu berarti hardware pada Android sobat mengalami kerusakan. Solusinya adalah dengan membawa Android sobat ke teknisi smartphone terdekat yang sobat kenal sehingga sobat mendapat harga murah ketika mengganti hardware Android yang rusak itu.

10) Pakai LEMBIRU Android
Solusi paling terakhir yakni menggunakan LEMBIRU. LEMBIRU adalah singkatan dari “Lempar Beli Yang Baru”. Habis mau bagaimana lagi sob, jika semua cara di atas semuanya diterapkan di HP Android sobat tapi tidak bergeming juga maka sobat harus ikhlas merelakan kepergian smartphone Android kesayangan sobat itu dan membuka lembaran baru dengan membeli HP Android yang baru dan lebih canggih tentunya.

Baca Juga: 3 Cara Mengaktifkan/ Menganti 3G ke 4G LTE di HP Android

Silahkan sobat terapkan tahap demi tahap di atas secara sistematis dan harapan penulis semoga dari ke 10 cara mengatasi sinyal Android hilang total/ tiba-tiba lemah di atas bisa membantu masalah sobat. Apabila artikel ini bermanfaat bagi sobat mohon berikan manfaat itu ke rekan, keluarga, atau saudara dekat sobat sebagai bentuk kepedulian terhadap mereka yang mengalami masalah yang sama seperti sobat. Salam anget dari Bedahp.com dan terimakasih telah berkunjung di blog sederhana ini, akhir kata sampai bertemu di postingan berikutnya and see you next time.

10 Cara Mengatasi Sinyal Android Hilang Tiba-Tiba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 07:08:00