10 Cara Cek Powerbank Xiaomi Asli dan Palsu

Kita sebagai konsumen cerdik harus tahu tips 10 Cara Cek Powerbank Xiaomi Asli dan Palsu ini sebelum membeli produknya supaya terbebas dari tindak penipuan. Karena belakangan ini banyak sekali beredar MI Powerbank replika, tiruan, supercopy, KW, cloning, kingcopy, fake dan lain semacamnya yang membuat resah penggemar Xiaomi.

Powerbank merupakan produk terlaris yang paling banyak diminati setelah smartphone Xiaomi. Meskipun smartphone Xiaomi membawa kapasitas baterai yang besar seperti seri “Redmi” dan seri “Redmi Note”, namun bagi mereka yang bepergian jauh sangat memerlukan powerbank agar tetap terhubung tanpa putus.

Dalam memilih powerbank ada beberapa indikator yang perlu diperhatikan, yang paling fatal adalah originalitas powerbank tersebut dan yang kedua adalah besarnya kapasitas daya penyimpanan. Jangan tergiur dengan besarnya kapasitas tetapi ternyata powerbank itu palsu, hal itu bisa membahayakan keselamatan pengguna.

Alih-alih menjadi fans setia Xiaomi, pelanggan yang tertipu justru akan meninggalkan produk vendor asal Tirai Bambu ini gara-gara ulah si tukang tipu yang membuat produk powerbank KW sehingga konsumen menganggap itu adalah besutan asli Xiaomi dan mulai merasa kecewa saat menggunakannya.

Hal itu bisa merusak Brand Owerdnes Xiaomi yang menyebabkan turunnya kepercayaan konsumen terhadap produk besutan Xiaomi lainnya. Admin Bedahp.com sendiri juga memiliki niat untuk membeli powerbank Xiaomi mengingat hargnya yang terjangkau serta memiliki daya penyimpanan yang super besar yang cukup untuk beberapa perangkat sekaligus.

Untuk itulah, sebelum membeli saya membaca beberapa referensi yang merangkumnya dalam blog ini selain bermanfaat bagi diri saya sendiri, tulisan ini juga pastinya bermanfaat bagi pembaca yang kebetulan mengalami hal serupa.

Inilah 10 Cara Cek Powerbank Xiaomi Asli dan Palsu

Silahkan kamu simak beberapa perbedaan powerbank Xiaomi ori dan KW berikut ini agar terhindar dari segala bentuk penipuan.

1) Perhatikan Lampu Indikator
Ciri powerbank Xiaomi asli yang pertama yakni jika kamu colokkan kabel USB ke port input nya persis seperti gambar di bawah dan ke empat lampu LED indikator mati (tidak menyala) maka itu berarti powerbank yang kamu miliki asli.


Namun jika kamu colokkan kabel USB ke port input nya persis seperti gambar di atas dan ke empat lampu LED indikator hidup (menyala) maka itu berarti powerbank yang kamu miliki palsu. Hal ini memang sangat sederhana dan sepele tapi sangat penting!

2) Perhatikan Logo “MI”
Untuk ciri powerbank Xiaomi ori yang kedua, coba kamu perhatikan baik-baik logo “MI” yang ada di power bank xiaomi seperti yang terlihat pada gambar di bawah!


Logo pada Xiaomi asli begitu tampak jelas, sementara logo pada Xiaomi palsu sangat terlihat buram yang menandakan logo tersebut dibuat secara asal-asalan yang penting jadi saja.

3) Doff di Body Power Bank
Ingat! Ciri powerbank Xiaomi palsu biasanya warna atau bahan casing lebih glossy, terlihat mengkilat saat terkena cahaya. Sementara pada Powerbank Xiaomi asli casing terlihat lebih nge-doff/matte sehingga tampak elegan seperti gambar di bawah!


Selain itu, Powerbank Xiaomi KW biasanya dikemas dengan kotak yang transparan/bening. Di dalam paket pembeliannya yang hanya ada powerbank dan kabel USB saja, tanpa dilengkapi dengan kepala charger.

4) Periksa Bagian Bawah Powerbank
Jika kamu memeriksa tulisan yang terdapat pada bagian bawah powerbank Xiaomi maka akan terlihat jelas perbedaannya seperti gambar di bawah!


Powerbank Xiaomi asli tampak sekali tulisan yang jelas terlihatdan enak dibaca oleh mata. Sementara powerbank xiaomi palsu terlihat buram/ samar-samar sehingga memerlukan kontraksi mata yang cukup untuk membaca tulisannya.

5) Lubang USB dan Lampu LED
Pada powerbank Xiaomi asli lubang USB tampak lebih kecil sehingga lebih presisi dengan body yang membuatnya lebih beken. Sementara lubang USB di Xiaomi palsu terlihat lebih besar sehingga mengga kurang terlihat presisi dengan body, lihat gambar di bawah!


Selain itu, lubang Lampu LED juga sangat terlihat jelas sekali perbedaannya dimana LED pada Xiaomi ori lebih kecil sementara LED pada Xiaomi supercopy lebih besar, mungkin pihak peniru kurang professional dalam membuat produk replika.

6) Logo “MI” pada Port USB
Logo “MI” terletak tidak hanya pada area yang terjangkau mata saja, logo ini juga ada pada tempat-tempat tersembunyi seperti pada lubang port USB seperti gambar di bawah!


Disana terdapat logo “MI” yang berwarna putih, bukan warna yang lain. Sementara powerbank xiaomi fake ada yang berwarna hitam atau warna lainnya, bahkan ada yang tidak terdapat logo “MI”.

7) Bongkar Powerbank Xiaomi Kamu
Setiap cell baterai yang digunakan powerbank Xiaomi ori adalah produksi asli LG. Kamu juga bisa melihat PCB komponen yang dimiliki powerbank Xiaomi ori sangat berbeda dari yang replika, dan papan PCB powerbank Xiaomi asli berwarna biru.


Jika ketika powerbank Xiaomi kamu dibongkar dan papan PCB tidak berwarna biru maka itu pasti palsu. Begitu juga dengan baterai Xiaomi ori berwarna abu-abu sementara yang kingcopy memiliki warna yang cerah.

8) Perhatikan Juga Kompenen Ini!
Jika kamu benar-benar membongkar powerbank Xiaomi, ada beberapa komponen yang sangat perlu kamu perhatikan seperti gambar di bawah!


Kabel USB sudah sangat jelas berbeda antara yang asli dan palsu. Begitu juga dengan beberapa komponen lain penyusun powerbank seperti papan PCB, warna baterai, dan lain sebagainya.

9) Susunan dalam Powerbank
Khusus untuk powerbank Xiaomi palsu, susunan baterai dan kabel PCB tidak rapi alias berantakan sehingga membahayakan jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Perhatikan powerbank xiaomi tiruan pada gambar di bawah!


Warna casing yang membaluti body juga terlihat ngejreng abis yang menandakan tidak ada kesan premium sehingga doff sangat jelas tidak ada pada powerbank palsu ini. Susunan baterai juga amboradul dan bukan baterai asli.

10) Cek Melalui Internet (20 digit kode)
Kamu juga wajib mengecek via internet untuk memastikan keaslian powerbank Xiaomi. Langkah ini sangat efektif digunakan sebagai cara membedakan powerbank Xiaomi ori (asli) dan palsu (KW) dengan mengetahui lebih dulu 20 digit kode yang terletak pada dus box Xiaomi seperti pada gambar di bawah!


Kode unik 20 digit itu akan muncul jika kamu menggosoknya menggunakan koin. Namun jika stiker dengan kode ini tidak ada di kotaknya, hal itu sudah dipastikan Xiaomi powerbank tersebut palsu. Dan jika kode itu ada lalu silahkan kamu kunjungi url: www.mi.com/verify Maka akan tampil seperti gambar di bawah!


Selanjutnya kamu dapat memasukkan 20 digit kode verifikasi ke kolom yang telah disediakan. Setelah semua kode diketik pada kolom tersebut langkahberikutnya kamu klik tombol “Verify Now” maka akan muncul hasilnya.

Baca Juga: 85 Kode Rahasia HP Xiaomi All Type (Cek Asli/Palsu)

Kira-kira itulah 10 Cara Cek Powerbank Xiaomi Asli dan Palsu yang bisa kamu jadikan sebagai referensi tambahan agar tidak tertipu ketika membeli powerbank Xiaomi. Jika kamu memiliki referensi lain/ ingin menambahkan silahkan berikan komentar pada kolom di bawah! Semoga bermanfaat dan Sekian dari Bedahp.com, see you next time…

10 Cara Cek Powerbank Xiaomi Asli dan Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 15:06:00