16 Cara Cek Xiaomi Asli dan Palsu (KW, Replika) Akurat

Jika pada postingan sebelumnya admin pernah mengulas 10 Perbedaan Smartphone Xiaomi Asli, maka pada kesempatan ini admin akan membahas yang lebih rinci lagi dari sebelumnya karena banyak penggemar Xiaomi yang merasa sangat risih dengan keberadaan smartphone Xiaomi palsu (KW, replika, supercopy, fake, tiruan, kingcopy) dan sebagainya.

Seperti yang kita ketahui, Xiaomi adalah perusahaan teknologi yang bergerak dibidang smartphone, nama Xiaomi sudah lumayan tenar. Pasalnya, vendor asal negeri Tirai Bambu ini menawarkan ponsel pintar yang di banderol dengan harga sangat murah meskipun mengusung spesifikasi dengan peforma yang gurih.

Cara Cek Xiaomi Asli dan Palsu (KW, Replika)

Ketenaran Xiaomi tidak semerta-merta mulus begitu saja. Seperti kata pepatah “semakin tinggi sebuah pohon maka akan semakin kencang pula angin yang meniupnya” terbukti dengan dimanfaatkannya ketenaran Xiaomi oleh pihak-pihak yang ingin mencari keuntungan, tetapi tidak dengan cara yang benar.

Salah satunya adalah dengan membuat dan menjual HP Xiaomi replika atau yang biasa disebut KW. Uniknya, ponsel Xiaomi tiruan tersebut benar-benar mirip dengan aslinya. Memang ada beberapa perbedaan minor di antara keduanya. Namun, jika dilihat secara kasat mata, sangat sulit untuk membedakan Xiaomi asli dan palsu.

Lantas, bagaimana cara mengecek keaslian dari smartphone Xiaomi? Berikut ini admin Bedahp.com akan merangkumnya sebagai berikut:

1 Langkah Preventif (Tempat Resmi)
Penipuan rawan terjadi pada penjualan online dibandingkan offline karena pembeli tidak dapat melihat produk secara langsung. Sehingga perbedaan HP Xiaomi asli dan palsu sulit diidentifikasi dari awal. Jika anda ingin membeli online sebaiknya konsumen berbelanja produk di situs yang resmi dan terpercaya.

Xiaomi biasanya juga menggelar program flash sale pada situs resmi dan terpercaya pada waktu tertentu. Dengan tips ini pembeli tidak akan tertipu dengan barang palsu atau bajakan.

2 Cek Fisik HP Xiaomi
Cara membedakan xiaomi asli dan palsu selanjutnya adalah dengan cara cek fisik. Ciri Xiaomi palsu umumnya memiliki back-case yang sedikit ngeblur, tidak adanya sertifikat replacement dan garansi, ujung box terlihat kurang tajam, tidak adanya kode kemanan, layar booting hitam dan buku garansi terlihat murahan (kertas hanya dengan kualitas yang buruk / murahan ).

3 Teliti Kejernihan Layar
Kerapatan pixel pada Xiaomi asli menentukan ketajaman warna dan kejernihan gambar pada saat smartphone tersebut sedang digunakan. Produk Xiaomi ori memiliki warna cahaya yang terang dan jernih, sedangkan produk Xiaomi palsu memiliki warna layar putih kekuning-kuningan dan terlihat agak buram.

4 Melalui Website Resmi Xiaomi
Cara paling mudah melakukan pengecekan terhadap originalitas Xiaomi adalah dengan menggunakan tools atau aplikasi pengecekan buatan Xiaomi sendiri. Anda hanya perlu masuk ke situs www.jd.mi.com lewat browser di PC, notebook, laptop atau pinjam HP teman.

Kemudian, download file APK yang sudah tersedia di situs tersebut. Setelah itu, pasang aplikasi tersebut di HP Xiaomi yang akan dicek keasliannya kemudian jalankan aplikasi setelah proses instalasi selesai.

CATATAN: Untuk dapat memasang aplikasi tersebut anda harus mengaktifkan dulu mode instalasi aplikasi dari sumber di luar Google Play Store melalui menu Settings > Additional Settings > Privacy > Unknown Sources.

Sekarang anda refresh situs web www.jd.mi.com, kemudian arahkan HP Xiaomi anda ke kode QR yang ada di website. Arahkan hingga proses pemeriksaan selesai. Setelah itu, situs web akan memberikan informasi apakah HP Xiaomi yang diuji asli atau tidak.

5 Keberadaan Google PlayStore
Jika pada kebanyakan ponsel pintar atau phablet Android dilengkapi dengan Google Playstore, lain halnya dengan Xiaomi palsu (fake).  Umumnya Google play pada Xiaomi palsu tidak ada ataupun jika ada tidak akan berfungsi (tidak dapat dibuka).

6 Amati Kapasitas RAM
Semenjak vendor asal Negeri Tirai Bambu ini terkenal di Indonesia, Xiaomi selalu menyematkan kapasitas RAM paling kecil 1GB. Apabila produk Xiaomi yang akan anda beli kapasitas RAM berada di bawah spesifikasi produk asli itu pasti KW.

7 Perhatikan Baterai Xiaomi
Kapasitas baterai pada setiap smartphone Xiaomi tentu berbeda-beda, anda bisa melihat spesifikasi baterai padaperangkat Xiaomi yang akan di beli. Jika kapasitas baterai tidak sesuai dengan spek maka pasti itu smartphone Xiaomi supercopy.

Selain itu, perbedaan antara baterai HP Xiaomi dengan perangkat dari vendor lain adalah warna baterainya yang khas. Xiaomi melapisi baterai pada setiap devicenya dengan warna orange yang terlihat menarik. Kemungkinan besar produk Xiaomi Palsu biasanya malas untuk melakukan hal ini karena takut menghabiskan banyak dana.

8 Lihat ROM MiUi
Cara lainnya adalah dengan mengecek versi sistem operasi. Biasanya, perangkat Xiaomi dirilis menggunakan MIUI, nama tampilan antarmuka buatan Xiaomi, versi stabil. Untuk mengeceknya anda pergi ke menu Setting > About Phone. Jika disana ditulis versi MiUi masih Beta, ada kemungkinan itu perangkat palsu.

Melihat versi ROM juga bisa dijadikan sebagai salah satu langkah preventif untuk membedakan ROM Xiaomi abal-abal dan Ori (resmi). Pengguna juga bisa melakukan pencarian di internet, untuk mencocokkan versi MIUI yang tercantum di perangkat. Jika tidak ditemukan, bisa jadi produk tersebut palsu.

9 Amati Tangkapan Gambar
Anda juga bisa mengecek hasil foto, resolusi, dan apertur dari kamera yang ada di perangkat Xiaomi. Pastikan sesuai dengan spesifikasi resmi perangkat. Satu hal yang harus diingat, meski perangkat mampu menghasilkan gambar yang baik, belum tentu produk tersebut asli.

10 Cek IMEI Perangkat
Satu hal yang tidak kalah penting, cek IMEI dan serial number. Pastikan kedua informasi tersebut sesuai dengan kotak penjualan. Dalam kasus yang dialami Prasetyo, nomor IMEI perangkat sesuai dengan kotak, tetapi serial numbernya berbeda.

Terdapat empat cara cek serial number xiaomi, antara lain:
  • Melihat nomor IMEI pada dus box pembelian
  • Membuka menu Phone lalu mengetik *#06# maka nomor IMEI akan muncul.
  • Membuka menu Setting > About Phone > IMEI.
  • Membuka casing belakang Xiaomi untuk melihat nomor IMEI yang menempel disana.

11 Factory Reset dan Aplikasi
Seorang blogger bernama Prasetyo Herfianto pernah memposting dalam blognya karena pernah tertipu oleh produk palsu Xiaomi, korban perangkat Xiaomi palsu ini kemudian memaparkan beberapa langkah mudah untuk pengecekan Xiaomi asli.

Menggunakan factory reset atau menghapus semua data yang ada. Tampaknya, si peniru perangkat berhasil membuat software yang "mampu" menipu aplikasi benchmark, seakan produk ini menggunakan spesifikasi yang sama dengan aslinya. Dengan factory reset, software tersebut akan terhapus dan aplikasi-aplikasi benchmark dapat mengenali dan mengidentifikasi hardware sebenarnya.

Setelah itu, gunakan tiga aplikasi benchmark ini, yakni Antutu, CPU-Z, dan Sensor Box. Perhatikan secara mendetail, apakah spesifikasi yang dibekali di perangkat benar-benar sama dengan aslinya atau tidak. Pastikan juga jumlah sensor yang dimiliki benar.

12 Akses Recovery & Fastboost
Cara mengetahui perbedaan HP Xiaomi asli dan palsu selanjutnya yakni dengan mengakses MI Recovery dan MI Fastboost. Saat masuk pada MI Recovery dan MI Fastboost maka dipastikan terdapat tampilan gambar kelinci MI yang sedang mengoperasi robot Android, lalu keluar tampilan pilihan bahasa (Chinese or English). Jika menu pilihan itu muncul makan HP Xiaomi anda dipastikan asli. Apabila tampilan langsung ke menu recovery maka dipastikan HP Xiaomi tersebut palsu.

Akses ke MI Recovery yaitu dengan cara tekan dan tahan bersamaan tombol Power dan Volume Up saat kondisi awal smartphone mati atau masuk ke folder Security Xiaomi > Icon Updater > Option > Reboot to Recovery Mode. Sedangkan untuk akses ke MI Fastboost dengan cara tekan dan tahan bersamaan tombol Power dan Volume Down saat kondisi awal HP Xiaomi mati.

13 Cek Garansi Xiaomi
Cek Garansi pada HP Xiaomi dapat menjadi salah satu acuan untuk mengetahui perbedaan HP Xiaomi asli dan palsu yang ada dalam pasar ketika anda mau membeli. Tidak hanya ponsel pintar Xiaomi, namun pada perangkat pintar original merk apapun yang memiliki kualitas baik, pasti berani menawarkan garansi minimal 1 tahun untuk meyakinkan konsumen membeli produk brand mereka. Sehingga apabila terdapat harga smartphone Xiaomi yang murah dan hanya menawarkan syarat garansi dibawah 1 tahun, maka sudah dapat dipastikan jika pruduk tersebut palsu.

14 Menguji Kode Rahasia
Jika anda buka menu phone kemudian dial *#*#64663#*#* maka akan muncul engineering mode yang digunakan untuk menguji keaslian Xiaomi sekaligus mengecek kerusakan smartphone Xiaomi anda. Selain kode tersebut, masih ada banyak sekali kode yang sudah pernah admin bahas sebelumnya disini 85 kode rahasia Xiaomi all type yang bisa anda tes satu per satu kode tersebut.

15 Waspada Harga Murah!
Ciri yang lain biasanya bisa dilihat pada harga Xiaomi palsu yang relatif lebih murah dari kebanyakan harga Xiaomi di pasaran, meski tidak menutup kemungkinan jika produk fake tersebut juga dibanderol dengan harga yang serupa dengan yang versi original. Oleh sebab itu cermatilah sebelum  Anda membeli sebuah produk.

16 Bertanya di Forum Xiaomi
Banyak terdapat group-group yang mengulas sepetutar Xiaomi dan disana terdapat banyak sekali fans Xiaomi seperti pada facebook FORUM XIAOMI INDONESIA atau di youtube dengan channel Maha Gadged yang banyak sekali mengulas tutorial Xiaomi. Anda bisa berdiskusi disana sehingga interaksi anda langsung menjadi lebih hidup.

Baca Juga: 20 Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot (Lag, Hang)

Untuk memperkuat referensi, anda bisa membaca postingan lain terkait HP Xiaomi pada related post di bawah! Sekian cara cek Xiaomi asli dan palsu (KW, replika, supercopy, fake, tiruan, kingcopy) dan lain sebagainya yang terbukti work serta akurat dan bisa diterapkan pada semua smartphone xiaomi seperti Xiaomi Redmi Note 4 5 6, Xiaomi Mi 5 6 7, Xiaomi Redmi 4a 5a 6a dan sebagainya.

16 Cara Cek Xiaomi Asli dan Palsu (KW, Replika) Akurat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 15:43:00