Fakta Sejarah Berdirinya Nama Xiaomi

Xiaomi Inc secara harfiah "Teknologi Xiaomi", atau "Teknologi Beras Kecil" adalah sebuah perusahaan elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berkantor pusat di Beijing yang berdedikasi untuk menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek. Lalu darimanakah nama Xiaomi ditemukan?

Perusahaan yang didirikan pada tahun 2010 ini dengan cepat telah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Tiongkok. Xiaomi merupakan distributor smartphone cerdas terbesar ke-3 di Dunia yang merancang, mengembangkan, dan menjual smartphone, aplikasi seluler, dan peralatan elektronik lainnya.

Fakta Sejarah Berdirinya Nama Xiaomi

 Sejak merilis smartphone pertamanya pada bulan Agustus 2011, Xiaomi telah memperoleh pangsa pasar di daratan Tiongkok. Pendiri serta CEO Xiaomi adalah Lei Jun, yang merupakan orang terkaya ke-23 di Tiongkok menurut majalah Forbes.

Perusahaan Xiaomi kini bernilai lebih dari 10 miliar USD dan memiliki lebih dari 5000 karyawan, yang berasal dari Tiongkok, Malaysia, Singapura, India, Filipina, dan Indonesia. Menurut IDC, pada tahun 2014 Xiaomi merupakan produsen smartphone terbesar ketiga di dunia diikuti oleh Lenovo dan LG yang masing-masing berada urutan keempat dan kelima.

Baca Juga: 5 Cara Mengunci (Lock) Jaringan 4G Xiaomi 100% Work

Samsung masih tetap diurutan pertama meskipun produksinya menurun, dan diikuti Apple di urutan kedua. Xiaomi juga menjadi vendor smartphone terbesar di Tiongkok pada tahun 2014, setelah menyalip Samsung, menurut laporan IDC.

Dibalik perkembangan Xiaomi yang begitu pesat pasti dari kita banyak yang bertanya-tanya mengapa perusahaan asal Beijing tersebut memberi nama perusahaannya dengan nama Xiaomi? Apa sebenarnya makna dibalik nama Xiaomi dan bagaimana sejarahnya? Mari kita ulas sebagai berikut:

a) Makna Xiaomi Versi Steve Vickers
Steve Vickers, selaku General Manager Xiaomi Southeast Asia mengungkapkan rahasia di balik nama Xiaomi ketika berkunjung di Indonesia tepatnya di di Jakarta Kamis (02/07) saat acara Iftar with Mi. Ia berkata: "Xiaomi artinya "little rice", yang didapat saat kumpul bareng dengan orang-orang lingkungan sekitar yang sudah terbiasa konsumsi nasi tersebut."

Steve Vickers
Steve Vickers

Nama ini sangat bagus, mengingat beras dikonsumsi oleh semua orang dari berbagai kalangan. Dari kalangan kelas rendah hingga kelas atas, dari orang miskin hingga orang kaya. Semuanya mengkonsumsi makanan yang sama dan menjadi penghubung status soial di masyarakat.

Perusahaan Tiongkok ini optimis dengan nama Xiaomi, persahaan yang mereka bangun mampu menyasar semua kalangan masyarakat sekaigus menjadi penghubung yang baik antara konsumen dan produsen sehingga tidak ada deskriminasi. Artinya, semua orang bisa mencicipi produk modern besutan Xiaomi, bukan hanya orang kaya saja.

Hal itu terbukti ketika Xiaomi meluncur di Asia dan disambut baik oleh kalangan masyarakat dan bahkan saat ini sudah memiliki banyak fans di Indonesia. Di Facebook misalnya terdapat group bernama FORUM XIAOMI INDONESIA yang anggotanya sudah lebih dari 20 ribu orang. Selain itu juga terdapat channel Youtube bernama Maha Gadged yang banyak membahas tutorial penggunaan smartphone Xiaomi.

b) Filosofi Xiaomi Versi CEO Lei Jun
CEO Xiaomi yakni Lei Jun mengatakan sesuatu yang lebih mengagumkan dibalik nama Xiaomi. Ia mengatakan bahwa Etimologi nama Xiaomi berasal dari dua kata yakni "Xiao" yang diambil dari konsep Buddha yang berarti "sebutir beras dari Buddha adalah sama besarnya seperti gunung", sedangkan "mi" merupakan singkatan dari "Mobile Internet" dan juga "Mission Impossible" karena ketika mendirikan perusahaan ini banyak hambatan yang terlihat mustahil namun dapat diterjang dengan perlahan.

CEO Xiaomi Lei Jun
CEO Xiaomi Lei Jun

Nama Xiaomi yang dijelaskan oleh CEO Lei Jun memiliki makna dimana seorang Bhiksu (Brahmana) akan sangat menghormati beras meski hanya sebutir sekalipun, mereka akan mengumpulkannya dikit demi sedikit sehingga akhirnya menjadi sekumpulan beras yang bisa dimasak dan bisa dinikmati karena hal tersebut merupakan berkat dari Sang Buddha.

Baca Juga: 4 Cara Unik Screenshot Panjang di HP Xiaomi

Karena terinspirasi dari perilaku Para Bhiksu-lah Xiaomi membuat beberapa produk dan mengumpulkan keuntungan meski kecil sekalipun namun akan terus bertambah banyak seiring berkembangnya usaha dan popularitas produknya dipasaran sehingga keuntungan tersebut menjadi banyak dan bisa digunakan untuk mengelola perusahaan menjadi lebih maju.

Disatu sisi CEO Lei Jun juga pernah mengatakan bahwa nama Xiaomi adalah nama yang lucu. Pada tahun 2012, Dia mengatakan bahwa nama Xiaomi adalah tentang revolusi dan mampu membawa inovasi ke daerah baru yang lebih baik.

c) Slokan Semangat Xiaomi
Untuk membuat produknya tetapeksis dimasyarakat, Xiaomi memiliki slogan yang sangat bagus dan berbeda dengan vendor smartphone lainnya yakni "Just for fans" (hanya untuk penggemar). Mengapa slokannya demikian? karena setiap langkah demi langkah kemajuan perusahaan Xiaomi dari jalan dipimpin oleh penggemar yang disebut "Mi Fans".

Mi Fans Indonesia
Mi Fans Indonesia

Hal itu tidak dapat dipungkiri, mengingat banyak dari staf Xiaomi, ternyata pada awalnya merupakan penggemar produk Xiaomi sebelum mereka memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan Xiaomi. Selain memiliki tim yang penuh semangat, mereka (tim) juga memiliki sikap yang sama, yaitu mengejar kesempurnaan tanpa henti dengan memberikan produk berkualitas yang dicintai masyarakat.

d) Sejarah Berdirinya Xiaomi
Menurut sejarahnya, perusahaan Xiaomi dimulai dari 8 mitra perusahaan yang bergabung pada tanggal 6 Juni 2010. Pendanaan awal berasal dari inverstor institusi, termasuk Temasek Holdings, perusahaan investasi milik pemerintah Singapura, China IDG Modal dan Qiming Venture Partners, dan perusahaan pengembang prosesor yakni Qualcomm.

Sejarah Xiaomi

Xiaomi resmi meluncurkan firmware berbasis Android pertama kali dengan user interface bernama MiUi pada tanggal 16 Agustus 2010. Smartphone perdana tersebut kemudian diumumkan pada bulan Agustus 2011 dengan nama Xiami Mi 1. Pada masa itu, Xiaomi Mi 1 menggunakan firmware MIUI berbasis Android yang menyerupai Ui TouchWiz milik Samsung dan iOS milik Apple.

Baca Juga: 5 Cara Cek Layar LCD Xiaomi Normal/Rusak

Pertanyaan sederhana, Mengapa Xiaomi meniru TouchWiz dari Samsung dan iOS dari Apple? Jawabannya adalah karena dua perusahaan tersebut merupakan raksasa teknologi dimasa itu dan memiliki paling banyak peminat serta sudah terkenal akan kualitasnya di mata masyarakat. Sehingga dengan meniru Ui dari Samsung dan Apple membuat Xiaomi optimis bahwa produk besutannya akan laris manis dipasaran.

Selanjutnya Xiaomi mengumumkan smartphone terbarunya bernama Xiaomi Mi 2 pada bulan Agustus 2012. Smartphone ini didukung oleh Snapdragon S4 Pro APQ8064 dari Qualcomm, 1.5 GHz quad-core Krait chip, RAM 2 GB, serta GPU Adreno 320. Produk tersebut laris manis sehingga Xiaomi mengatakan pada tanggal 24 September 2013 bahwa Mi 2 telah terjual lebih dari 10 juta dalam waktu 11 bulan saja.

Mereka memasarkan Xiaomi Mi 2 melalui perantara yakni dijual oleh vendor HP nirkabel bernama MobiCity di Amerika Serikat, Eropa, Britania Raya, Australia, dan Selandia Baru. Berlanjut tanggal 5 September 2013, CEO Xiaomi Lei Jun secara resmi mengumumkan rencana peluncuran televisi cerdas berukuran 47 inci berkemampuan 3D berbasis Andorid, yang akan dirakit oleh pabrik televisi Wistron Corporation di Taiwan milik Sony.

Selanjutnya pada bulan September 2013, Xiaomi mengumumkan smartphone cerdas Xiaomi Mi 3, yang didukung oleh Snapdragon 800 (MSM8974AB) dan chipset Tegra 4 dari NVIDIA. Kemudian pada tanggal 25 September, Xiaomi mengumumkan rencana untuk membuka toko ritel di Beijing.

Xiaomi dilaporkan sebagai merek smartphone paling banyak digunakan ke-5 di Tiongkok pada bulan Oktober 2013. Berikutnya pada tahun 2013, Xiaomi telah berhasil menjual 18,7 juta perangkat cerdasnya dan pada pertengahan tahun 2014 sebanyak 26,1 juta smartphone.

Pada tahun 2014, Xiaomi mengumumkan akan memperluas pemasarannya ke luar Tiongkok. Xiaomi memulai debut internasionalnya ke Singapura. Markas internasional juga akan dibangun di ibukota negara, yang akan mengkoordinasikan semua kegiatan termasuk peluncuran produk di wilayah tersebut pada masa yang akan datang.

Redmi dan Mi 3 adalah smartphone yang pertama kali dijual di Singapura masing-masing pada tanggal 21 Februari dan 7 Maret. Pada tanggal 7 Maret, Mi 3 habis terjual dalam waktu 2 menit di Singapura. Setelah Singapura, Xiaomi juga masuk ke Malaysia, Filipina, dan India.

Kemudian, pada bulan-bulan berikutnya Xiaomi juga masuk ke Indonesia, dan akan melakukan ekspansi ke Thailand, Rusia, Turki, Brasil, dan Meksiko. Pada tanggal 17 Maret 2014, phablet Redmi Note (dikenal juga sebagai Hongmi Note) diumumkan oleh CEO Xiaomi Lei Jun dengan fitur layar HD 5,5 inci berteknologi layar OGS dan memiliki prosesor octa-core dari MediaTek.

Ada dua varian dari Redmi Note, satu dengan RAM 1 GB dan penyimpanan internal 8 GB dan yang satu lagi dengan RAM 2 GB dan penyimpanan internal 16 GB. Pada bulan April 2014, Xiaomi membeli domain baru dengan nama Mi.com dengan harga 3,6 juta dolar AS, atau sekitar 44,5 miliar rupiah.

Mi.com menjadi nama domain termahal yang pernah dibeli di Tiongkok, seperti yang dikatakan oleh seorang eksekutif senior Xiaomi. Mi.com menggantikan domain Xiaomi.com yang merupakan situs resmi Xiaomi. Pada kwartal 2 2014, Xiaomi telah mengirim 15 juta perangkat atau 14% dari pangsa pasar Tiongkok dan telah mengalahkan Samsung yang hanya mengirim kurang dari 13 juta perangkat.

Pada bulan Juli 2014, Xiaomi telah menjual 57.360.000 smartphone. Pada bulan November 2014, Xiaomi mengatakan akan menginvestasikan 1 miliar dolar AS atau sekitar 12,3 triliun rupiah untuk membangun konten televisi. Investasi ini bertujuan untuk memperkaya konten perusahaan dan menjadi penentu arah ekonomi bagi industri.

Pada bulan Desember 2014, Xiaomi menyelesaikan putaran terbaru dari pembiayaan ekuitas yang dipimpin oleh dana teknologi berbasis di Hong Kong All-Stars Investment Limited, dana yang dikelola oleh mantan analis Morgan Stanley Richard Ji meningkatkan lebih dari 1 dolar miliar AS dan memiliki hasil lebih dari 45 dolar miliar AS, menjadikannya salah satu perusahaan teknologi swasta yang paling berharga di dunia.

e) Produk Besutan Xiaomi
Smartphone flagship dari Xiaomi adalah seri Mi. Model terbaru dari seri ini adalah Mi 4, yang menyukseskan Mi 3. Pada awalnya diluncurkan di daratan Tiongkok, diikuti oleh Singapura, Malaysia, Thailand dan India pada masing-masing bulan Maret, Mei dan Juli tahun 2014.


Mi 3 menggunakan Qualcomm Snapdragon 800 dan telah diuji sebagai telepon cerdas Android tercepat di dunia menurut pengujian tolak ukur aplikasi Antutu, Quadrant dan Geekbench. Smartphone lain Xiaomi adalah Redmi Note yang merupakan phablet dan telepon cerdas kedua di seri Redmi.

Di India, Redmi Note hadir dalam dua varian, satu dengan 3G, dan yang lainnya dengan 4G/LTE. Di India, Redmi Note tersedia secara eksklusif pada Flipkart. Penjualan kilat pertama Redmi Note diadakan pada tanggal 2 Desember 2014, dan semua stok yang berjumlah 50.000 unit habis terjual dalam waktu 6 detik saja.

Perangkat lunak telepon cerdas ini didasarkan pada MIUI, firmware berbasis sistem operasi Android. Produk unggulan terbaru dari Xiaomi pada saat itu adalah Mi 4 pada peluncuran produk tahunan Xiaomi yang diadakan di Beijing pada tanggal 22 Juli 2014, yang menampilkan Qualcomm Snapdragon 801, RAM 3 GB, kamera depan 8 Megapiksel, dan telepon eksterior lebih dioptimalkan.

Dilaporkan bahwa Xiaomi telah memesan 50.000 kaca safir dari produsen asal Korea Selatan, untuk dipasang di Smartphone premium yang baru. Dalam sebuah acara eksklusif di Beijing, Tiongkok pada 15 Januari 2015, Xiaomi meluncurkan Smartphone andalan baru mereka yang diberi nama Mi Note dan Mi Note Pro untuk menyaingi iPhone 6 yang memiliki harga 2 kali lipat dari kedua perangkat ini.

Kedua perangkat ini memiliki layar 5,7 inci dan menggunakan desain dual kaca dengan tampilan kaca depan 2.5 dimensi dan kaca belakang 3 dimensi. Sejak dirilis, sejumlah publikasi yang berbasis di AS telah menjuluki Mi Note sebagai " Smartphone terbaik yang tidak dapat dibeli di Amerika.”

Selain smartphone, ada banyak produk Xiaomi yang telah dipasarkan hampir diseluruh dunia. Adapun daftar produk besutan Xiaomi seperti:

1) Mi Pad merupakan tablet pertama yang diumumkan Xiaomi di Acara Peluncuran Produk Baru Xiaomi 2014. Tablet ini menggunakan prosesor quad core 2.3 GHz NVIDIA Tegra K1 dengan RAM 2 GB. Mi Pad dijual di daratan Tiongkok dengan harga CN¥1,499. Saat ini Mi Pad sudah tersedia di banyak toko dengan harga di bawah GB£200.

2) MIUI merupakan firmware Android untuk smartphone dan komputer tablet berbasis pada sumber terbuka sistem operasi Android. Ini adalah produk yang paling awal dari Xiaomi.

3) Mi WiFi adalah jaringan penghala versi beta yang diumumkan pada 23 April 2014, dan hanya tersedia versi beta pada saat itu. Mi WiFi memiliki dukungan NFC, 1 TB built-in hard drive dan CPU 1 GHz dual core Broadcom.

4) Mi TV merupakan televisi cerdas tipis yang dirancang dan dipasarkan oleh Xiaomi. Perangkat ini berjalan pada Android dan awalnya diumumkan pada tahun 2013. Yang terbaru dalam seri ini adalah memiliki layar berukuran 49 inci Ultra HD dengan CPU quad-core yang dijual di daratan Tiongkok sekitar CN¥3,999.

5) Mi Box merupakan dekoder cerdas untuk televise yang menawarkan film dan acara televisi tanpa akun pengguna atau berlangganan, juga dapat mengakses konten melalui port USB, seperti melalui disk keras eksternal. Karena pembatasan lisensi konten.

6) Mi Cloud merupakan layanan penyimpanan awan dan komputasi awan yang dibuat oleh Xiaomi. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan data seperti kontak, pesan, foto dan catatan pada server jarak komputer untuk diunduh melalui beberapa perangkat yang menggunakan MIUI.

7) Mi Talk merupakan aplikasi ponsel pengirim pesan instan berbasis internet yang tersedia untuk Android dan iOS yang diluncurkan pada tahun 2011.

8) Mi Power Bank merupakan sebuah pengisi baterai dengan baterai eksternal yang dipasang didalamnya. Pengisi baterai ini dibuat dengan balutan aluminium, dan memiliki nilai baterai 5200/10400/16000mAh. Melalui penggunaan kabel USB, dapat digunakan untuk mengisi perangkat yang mendukung pengisian USB, termasuk iPhone, iPad, telepon cerdas/tablet komputer Android dan banyak lagi.

9) Mi Band adalah gelang pintar yang diumumkan pada bulan Agustus 2014. Mi Band dijual seharga 13 dolar AS, yang memiliki daya tahan baterai hingga 30 hari, dan terdapat juga fitur alarm dan fitur yang melacak kebugaran pengguna. Band ini juga memiliki kemampuan untuk membuka samrtphone pengguna berdasarkan jarak.

10) Pengamat tekanan darah merupakan hasil kerja sama dengan Silicon Valley-based iHealth Labs pada tanggal 24 September 2014. Xiaomi mengklaim bahwa monitor tekanan darah ini mudah digunakan dan memenuhi semua standar dan sertifikasi medis yang diperlukan profesional.

11) Mi Air Purifier merupakan sebuah alat pembersih udara yang dirilis pada tanggal 9 Desember 2014 di Beijing. Perangkat senilai CN¥899 ini memiliki kemampuan untuk membersihkan 10.000 liter udara dalam satu jam dan memakai teknologi HEPA untuk mengurangi partikel polusi dari setinggi 600 ppm serta kemampuan terhubung dengan smartphone untuk mengontrol dari jarak jauh, menerima data kualitas udara, dan mengubah pengaturan ketika filter udara sedang kotor.

12) Yi Action Camera adalah Camera action dengan harga 399 CNY ($64), yang menggunakan sensor 16 MP yang dapat merekam video 4k pada fps 30, video 1080p pada fps 60 dan video 720p pada fps 30. Perangkat ini juga tahan terhadap air dengan kedalaman hingga 40 meter.

13) Sepatu Pintar disebut juga "90 Minutes Ultra Smart Sportswear". Sepatu pintar ini dibuat bersama dengan perusahaan Intel. Fungsi sepatu tersebut yakni mampu mendeteksi gerakan pengguna, dari berjalan, lari, bahkan mendaki.

Sepatu itu akan mengirimkan informasi, kemungkinan ke smartphone yang dipasangkan, seperti jarak yang ditempuh, kecepatan, dan jumlah kalori terbakar. Sepatu pintar itu memiliki baterai yang bisa bertahan selama 60 hari atau sekitar dua bulan. Sepatu pintar ini sudah dipasarkan di China melalui situs Mi Home dan dijual sekitar Rp 600.000.

14) Sepeda Pintar juga disebut QiCycle dibuat sebagai sepeda eletrik yang dapat dilipat. Bermaterialkan frame alumunium dengan bobot hanya 14,5 kg, membuatnya gampang dimasukkan ke dalam bagasi mobil. Sepeta pintar ini dilengkapi motor listrik berkekuatan 36 V dan 250 W dan 20 baterai Panasonic yang masing-masing berkapasitas 2.900 mAh. QiCyle dijual sekitar Rp 6 juta.

15) Mi Drone adalah Drone yang bisa terbang hampir selama 30 menit jika baterainya diisi penuh. Menawarkan dua pilihan kamera, pertama dengan kualitas 1080 HD dan yang kedua dengan kamera beresolusi 4K. Di Cina, Mi Drone dijual sekitar Rp5,2 juta untuk tipe kamera HD dan sekitar Rp6,2 juta untuk yang berkamera 4K.

Baca Juga: 8 Cara Menambah Kapasitas RAM HP Xiaomi (100% Work)

Selain produk-produk di atas masih ada bnyak lagi produk Xiaomi yang belum admin sebutkan pada postingan ini namun akan ditambahkan dilain waktu. Setidaknya itulah fakta sejarah singkat berdirinya nama Xiaomi yang bisa kita ketahui perjalanannya dari waktu ke waktu.

Fakta Sejarah Berdirinya Nama Xiaomi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 20:00:00