10+ Cara Membedakan Xiaomi Redmi 5 Plus Asli dan Palsu (Replika)

Apakah yang melatarbelakangi admin membahas tentang cara membedakan Xiaomi Redmi 5 Plus asli dan palsu (replika) ini? Sebelum kita bahas lebih lanjut,  ada baiknya kita ketahui dulu mengapa smartphone full screen ini dijadikan target pemalsuan.

Cara Membedakan Xiaomi Redmi 5 Plus Asli dan Palsu (Replika)


Seperti diketahui, Xiaomi Redmi 5 Plus merupakan smartphone generasi serie "Redmi" yang diproduksi untuk kalangan selfie sehingga memiliki kamera depan yang tajam, gambar jernih berkat kamera primer 12MP.

Hal itulah yang membuat Xiaomi Redmi 5 Plus laris manis dipasaran terutama di Indonesia. Banyak dari para konsumen yang mengaku puas dengan kelebihan fitur Xiaomi Redmi 5 Plus ini.

Kesuksesan perangkat ini membuat Perusahaan Negeri Tirai Bambu ini selalu berinovasi terhadap desain smartphone besutannya terutama memperbaiki sektor kamera.

Terbukti dengan updatenya desain dan lensa Xiaomi series Redmi ini dari generasi Redmi 4 ke generasi Redmi 5 Plus dengan layar full screen 18:9.

Karena memiliki kamera primer yang sesuai kebutuhan serta harga yang terjangkau membuat smartphone Xiaomi Redmi 5 Plus dibanjiri oleh pembeli khususnya para Xiaomi Lovers.

Larisnya penjualan Xiaomi Redmi 5 Plus inilah dikhawatirkan akan muncul smartphone merek serupa yang mencoba menyusup memanfaatkan ketenaran smartphone ini.

Bagaimana tidak, para oknum-oknum pembuat HP palsu selalu memproduksi smartphone tiruan mereka berdasarkan pada tingkat kesuksesan suatu device di kalangan masyarakat.

Oleh karena itu, kehadiran produk Xiaomi Redmi 5 Plus palsu sangat memungkinkan di Indonesia. Apalagi perangkat ini tergolong smartphone yang laris manis karena memiliki spesifikasi tinggi sehingga pelaku bisa memperoleh keuntungan yang besar pula.

Sebagai konsumen yang cerdas, kita sangat perlu mengetahui bagaimana cara cek Xiaomi Redmi 5 Plus asli dan palsu demi keamanan sebelum membeli.

Inilah 10+ Cara Membedakan Xiaomi Redmi 5 Plus Asli

Untuk mengetahui ciri Xiaomi Redmi 5 Plus asli atau palsu silahkan simak ulasan dari Beda HP di bawah ini yang bisa anda jadikan sebagai referensi tambahan.

1. Resolusi Layar
Xiaomi Redmi 5 Plus yang memiliki bentang layar 5.99 inchi menggunakan resolusi resolusi 1080 x 2160 pixels dengan kerapatan pixel yang tinggi yakni ~403 pixel, sehingga tampilan gambar di layar sangat dan nyaman.

Nah perbedaan pada Xiaomi Redmi 5 Plus palsu yakni tingkat kerapatan pixel berkurang sehingga kwalitas layar sedikit lebih buram.

2. Kamera Utama
Ciri Xiaomi Redmi 5 Plus asli atau palsu dapat dilihat dari kwalitas kamera utama. Smartphone ini memiliki kamera belakang berlensa 12 mega pixel dengan kemampuan f/2.2, 1.25 μm, phase detection autofocus, dual-LED dual-tone flash.

Dan ditambah dengan fitur Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama serta mampu merekam video HD hingga 1080p@30fps.

Ketika Xiaomi Redmi 5 Plus digunakan untuk melakukan foto dan merekam video hasilnya sangat jernih apalagi berada pada pencahayaan yang natural.

Apabila Xiaomi Redmi 5 Plus KW telah beredar dimasyarakat, coba anda gunakan kamera belakangnya apakah hasilnya bagus dan sesuai dengan semua fitur di atas atau tidak. 

3. Kamera Depan
Untuk menyasar pengguna selfie Xiaomi Redmi 5 Plus dibenamkan dengan kamera berlensa 5MP dengan kemampuan merekam yang HD yakni 1080p.

Sehingga membuat pengguna Xiaomi Redmi 5 Plus sangat nyaman ketika selfie. Ciri Xiaomi Redmi 5 Plus palsu pasti tidak memiliki fitur seperti di atas, hal itu dilakukan oleh si pelaku untuk mengurangi biaya produksi.

4. Kapasitas RAM
Hal lain yang dapat dijadikan perbedaan Xiaomi Redmi 5 Plus ori dan HDC adalah melalui kapasitas RAM. INGAT! Xiaomi Redmi 5 Plus Standar pakai  4GB RAM.

Apabila smartphone Xiaomi Redmi 5 Plus yang anda miliki kapasitas RAM-nya tidak demikian maka anda patut curiga. Biasanya jika produk palsu selalu menggunakan RAM yang kecil yakni 1 GB hingga 2  GB saja.

5. Memori Internal
Cara membedakan Xiaomi Redmi 5 Plus replika/ palsu dapat dilihat juga melalui kapasitas memori internalnya. Disni juga yang paling sering digunakan oleh pelaku agar smartphone palsu yang mereka jual bisa dibadrol dengan harga murah.

Ciri Xiaomi Redmi 5 Plus Standar asli memakai Internal 64GB (RAM 4GB) dan 32GB (RAM 3GB). Jika Xiaomi Redmi 5 Plus yang di tawarkan pada anda ukuran internal tidak demikian maka wajib anda hati-hati.

Smartphone tiruan biasanya menggunakan memori internal paling besar itu 8-16 GB lebih dari itu mereka tentu tidak mau karena takut rugi.

6. Versi OS Android
Nah disini juga paling sering diincar oleh pelaku kejahatan agar smartphone yang mereka jual bisa berharga murah. Xiaomi Redmi 5 Plus  asli memakai versi Android OS 7.1.2 (Nougat) dan MiUi 9.

Nah yang sering digunakan pada produk Xiaomi Redmi 5 Plus tiruan adalah versi Android yang sudah lama meluncur seperti Jelly Bean atau Ice Cream Sandwich.

7. Kualitas Hardware
Fungsi Chipset pada smartphone adalah untuk mengatur kecepatan aliran data, dan fungsi CPU untuk mengatur kecepatan pemprosesan data, sedangkan GPU untuk menjalankan grafis & aplikasi berat lainnya.

Hardware Xiaomi Redmi 5 Plus asli sbb:
• Chipset: Snapdragon 625
• CPU: Octa-core 2.0 GHz
• GPU: Adreno 506

Coba anda lihat device yang anda miliki, apabila hardware seperti Chipset, CPU dan GPU tidak sama dengan di atas pasti itu smartphone Xiaomi Redmi 5 Plus itu supercopy.

8. Fitur Jaringan
Ciri Xiaomi Redmi 5 Plus ori support berbagai jaringan dari 2G hingga 4G berkecepatan 150/50 mbps, dan mendukung Wifi serta bisa digunakan sebagai Hotspot.

Biasanya smartphone Xiaomi Redmi 5 Plus KW paling banter hanya memakai jaringan 3G saja dan jarang support 4G.

9. Fast Charging
Xiaomi Redmi 5 Plus asli yang memakai baterai 4000 mAh mengusung teknologi Fast battery charging 5V/2A sehingga proses pengisian daya sangat cepat yakni 60% dalam waktu 30 menit.

Fitur ini akan sangat malas disematkan pada Xiaomi Redmi 5 Plus supercopy. Mereka hanya membuat fitur yang penting saja dan mengabaikan yang satu ini.

10. Sektor Konektivitas
Untuk melakukan transfer file dengan cepat, Xiaomi Redmi 5 Plus asli menggunakan koneksi Bluetooth versi 4.2 didukung A2DP dan LE.

Xiaomi Redmi 5 Plus clone juga malas menyematkan Bluetooth versi terbaru ke dalam perangkatnya. Kalau mereka memasang semua fitur sama persis pasti mereka akan rugi.

11. Kelengkapan Sensor
Ciri Xiaomi Redmi 5 Plus asli membawa banyak sekali sensor yaitu Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, dan compass.

Sementara Ciri Xiaomi Redmi 5 Plus replika hanya menggunakan beberapa dari banyak sensor di atas. Silahkan anda HP yang anda pegang sekarang, jika semua sensor itu tidak lengkap pasti itu KW.

12. Cek IMEI
Cara paling ampuh mengecek Xiaomi Redmi 5 Plus asli adalah dengan mengetahui IMEI.  Cara cek kode IMEI Xiaomi Redmi 5 Plus sangat mudah.

Cukup dengan menekan tombol *#06# maka akan muncul kode unik yang hanya dimiliki oleh smartphone Xiaomi Redmi 5 Plus anda saja.

Silahkan anda cocokkan dengan IMEI di box kardus pembelian dan cocokkan juga di website resmi Xiaomi.  Apabila Xiaomi Redmi 5 Plus anda memang benar-benar asli maka keduanya akan valid.

KESIMPULAN
Semua tips cara membedakan Xiaomi Redmi 5 Plus asli dan palsu di atas adalah berdasarkan pada software dan hardware.

Jika anda punya bukti gambar perbedaan secara fisik antara Xiaomi Redmi 5 Plus asli dan palsu mohon untuk memberitahukan penulis melalui email sehingga bisa diposting dikemudian hari.

Oh iya, Sumber data postingan Xiaomi Redmi 5 Plus di atas diambil dari GSMArena yang merupakan website terpercaya khusus membahas HP dan website ini sudah berskala internasional.

Baca Juga: #15 Perbedaan Xiaomi Redmi 5 dan 4 Plih Mana?

Sehingga mengenai ke akuratan data terhadap spesifikasi Xiaomi Redmi 5 Plus sangat dapat dipertanggungjawabkan. Demikianlah 10+ Cara Membedakan Xiaomi Redmi 5 Plus Asli dan Palsu (Replika) semoga bermanfaat. Lihat juga postingan lain terkait Xiaomi di bawah!

10+ Cara Membedakan Xiaomi Redmi 5 Plus Asli dan Palsu (Replika) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: Wednesday, December 20, 2017