HP Vivo Asli Dibuat Dari Negara Mana?

Apakah kamu pengguna smartphone Vivo? Jika iya, pastinya kamu sudah tahu HP Vivo asli berasal dari negara mana bukan? Sebagai penggemar kalian wajib mengetahui hal tersebut untuk menjawab pertanyaan dari saudara atau teman yang ingin membeli ponsel pintar Vivo dan menanyakan terlebih dulu asal negara pembuatan HP Vivo tersebut.

Tentu jika kamu tidak bisa menjawab akan sedikit membuat malu bukan? Karena saudara atau teman kamu pasti akan berkata "beli HP kok tidak tahu asalnya dari mana, jangan-jangan nyolong ya?". Jika muncul pertanyaan seperti itu kamu kudu jawab yang sabar ya, karena itulah pentingnya membaca referensi terkait masalah tersebut.

Pertanyaan semacam itu masih dianggap wajar, mengingat setiap produk yang dipasarkan oleh perusahaan oleh kota Dongguan, Republik Rakyat Tiongkok ini berasal dari negara pembuatannya yang berbeda-beda.

Ada yang "made in India", ada juga yang "made in Indonesia", dan sebagainya. Padahal seharusnya kan "made in China" karena semua produk Vivo dibuat disana. Lalu bagaimana bisa berbeda, apakah  itu merupakan ciri HP Vivo palsu?

Setiap Negara tempat produksi HP Vivo memiliki kualitas yang berbeda-beda. Berdasarkan data di 2018, ada beberapa Negara yang dianggap memiliki kualitas produksi HP terbaik karena sudah terpercaya dari tahun ke tahun hasilnya selalu membuat puas usernya.

Inilah Cara Mengetahui Asal Negara HP Vivo Asli

Untuk mengetahui HP Vivo berasal dari Negara mana kita menggunakan suatu indikator dari kode unik yang disebut IMEI. Cara mengecek kode IMEI Vivo sangat mudah yakni cukup memakai kode rahasia.

1) Pastikan HP Vivo kamu berada dalam keadaan stanby atau menyala. Karena jika perangkat Vivo kamu mati maka bisa menggunakan cara lain untuk mengetahui asal perangkat Vivo kamu dirakit.

2) Memastikan kapasitas baterai minimal 30 persen ke atas juga merupakan hal yang tidak kalah pentingnya. Jika kapasitas daya baterai HP Vivo kamu berada di bawah itu, sebaiknya di cas dulu sampai memenuhi standar.

3) Setelah memenuhi syarat di atas, sekarang kamu bisa membuka aplikasi dial Phone pada HP Vivo kesayangan. Kemudian pada menu dial Phone kamu ketik *#06# untuk memunculkan kode IMEI yang hanya dimiliki device Vivo kamu.


4) Setelah kode rahasia Vivo di atas diketik, maka muncul kode unik IMEI pada smartphone Vivo kamu seperti pada gambar di bawah!


5) Jika kebetulan HP Vivo kamu mengusung kartu Dual-SIM maka akan muncul dua nomor IMEI seperti gambar di atas. Langkah selanjutnya adalah kamu perhatikan dengan baik dari 15 digit nomor tersebut.

6) Misalkan pada contoh kode IMEI Vivo di atas, saya akan menjadikan IMEI pada SIM 1 untuk dijadikan indikator dalam mengetahui asal usul smartphone Vivo di buat. Nomor IMEI pada SIM 1 seperti gambar di atas adalah 865684038725565.

7) Berikutnya kamu hanya cukup perhatikan deret urutan ke 7 dan 8 pada contoh IMEI di atas, setelah itu kamu cocokkan dengan keterangan yang ada di bawah ini:
  • 00 : Perancis (Kualitas sangat baik)
  • 01 atau 10 : Finlandia (Kualitas normal)
  • 02 atau 20 : Asia (Kualitas jelek)
  • 03 : China (Kualitas terjamin baik)
  • 04 : Korea (Kualitas terbaik dunia)
  • 05 : Amerika (Kualitas sangat bagus)
  • 06 : Vietnam (Kualitas bagus)
  • 08 atau 80 : Jerman (Kualitas lumayan bagus)

8) Berdasarkan kode IMEI Vivo pada SIM 1 yang saya gunakan, ternyata setelah di cocok dengan dengan kode negara di atas HP Vivo saya dibuat di negara China. Begitu seterusnya untuk mengecek asal negara pembuat HP Vivo teman atau saudara kalian.

9) Pertanyaan umum yang sering muncul adalah apakah Vivo made in Indonesia dan India itu asli? Bagi pengguna Vivo yang masih newbie, pertanyaan semacam ini memang sangat sering diajukan karena sifat dasar manusia adalah rasa ingin tahu.

10) Jika di HP Vivo kamu melihat ‘made in Indonesia’ pada kemasan perangkat, hal ini berarti HP Vivo kamu memang asli buatan Indonesia. Tapi, bukankah Vivo berasal dari China? Ya, Vivo memang berasal dari Negeri Tirai Bambu, China. Namun untuk produksinya Vivo juga mulai memakai manufaktur outsourcing.

Kebanyakan pengguna Vivo secara perlahan sudah mulai meragukan keaslian perangkat mereka ketika melihat label ‘made in’ pada kemasan perangkatnya. Memang tidak mengherankan jika pengguna Vivo khawatir tentang keaslian atau kualitas produk Vivo mereka, mengingat kewaspadaan terhadap penjualan HP Vivo replika yang beredar dipasaran.

Lebih dari 45% produksi HP Vivo berasal dari luar negara China seperti India, Australia, Indonesia, dan Negara lainnya. Mengapa? Hal ini dipicu beberapa faktor yang mempengaruhi yakni: mudah mendapatkan bahan baku pembuatan HP Vivo, kecepatan produksi untuk memenuhi target, upah tenaga kerja disana murah, dan menghasilkan laba besar bagi iklim investasi di negara yang bersangkutan.

Pabrik perangkat secara gencar didirikan Vivo di beberapa negara untuk mempermudah pemasaran dan menghemat biaya kirim. Jadi, jika Vivo kamu made in India, itu artinya HP kamu diproses atau dirakit di negara India. Meski dirakit di India (bukan di Tiongkok), namun proses perakitan HP Vivo tersebut tetap berada di bawah standar vendor pusat sehingga jeroannya tetap sama.

Jika kamu masih bingung Vivo asli dibuat di negara mana? Maka jawabannya adalah Vivo tidak hanya diproduksi di China saja melainkan dibeberapa Negara untuk mempermudah proses produksi. Bisa saja HP Vivo yang kamu beli berasal dari negera Indonesia, India, atau Australia, sesuai negara yang memproduksi perangkat Vivo tersebut.

Di Indonesia sendiri, sejak pemerintah mewajibkan aturan konten lokal melalui kebijakan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dalam Peraturan Menteri Perindustrian No. 65/2016, perusahaan Vivo langsung menanggapi positif hal itu. Mereka langsung mendirikan pabrik Vivo yang berlokasi di Cikupa, Tangerang, Banten.

Dan yang lebih mengherankan lagi adalah dari 30% komponen lokal yang diwajibkan pemerintah untuk setiap HP 4G yang akan dipasarkan di Indonesia, Vivo justru memberikan 32% komponen lokal. Hal ini menunjukkan bahwa Vivo sangat aktif mendukung kemajuan Negara kita tercinta untuk maju lebih cepat.

Lalu bagaimana dengan kualitasnya HP Vivo yang dirakit dinegara lain seperti Indonesia? Baik komponen atau spesifikasi Vivo tersebut tentu diproduksi sama dan sesuai standar Vivo, hanya saja proses perakitannya dilakukan di negara kita.

Tidak hanya Vivo, vendor-vendor raksasa teknologi lain seperti Lenovo, Asus, Samsung, dan bahkan Apple, juga menggunakan manufaktur outsourcing dan mendirikan pabrik di negara lain untuk proses perakitan perangkatnya agar dapat menghemat biaya produksi dan sesuai dengan target.

Selain digunakan untuk mengetahui asal Vivo kamu dibuat dari negara mana, kode rahasia HP Vivo juga sering dijadikan sebagai indikator untuk mengecek kerusakan layar LCD Vivo yang kamu gunakan, silahkan lihat cek layar LCD Vivo asli (normal/ rusak) untuk memastikan normalitas dari layar smartphone yang kamu gunakan.

Jika ketika kamu melakukan pengecekan HP Vivo dan hasilnya tidak valid, bisa jadi perangkat Vivo yang kamu gunakan sudah tidak peka terhadap sentuhan sehingga LCD harus diganti untuk mencegah menjalarnya kerusakan pada komponen Vivo lainnya.

Kesimpulan
Untuk mengetahui asal Negara pembuatan HP Vivo yang kamu gunakan, kamu dapat melihat secara langsung pada kemasan perangkatnya. Meski Vivo dibuat di negara China, India atau Indonesia, kamu tidak perlu khawatir karena HP Vivo itu tetap asli, karena tulisan “made in” pada label hanya menunjukkan negara yang merakit HP tersebut. Sehingga dari segi komponen dan spesifikasi semua sesuai standarisasi.

Baca Juga: 5 Cara Kunci (Lock) Sinyal 4G Vivo

Untuk artikel Unik lain HP Vivo lihat dibawah! Semoga postingan berjudul HP Vivo Asli Dibuat Dari Negara Mana? diatas bisa bermanfaat bagi kita semua, salam anget dari Bedahp.com dan terimakasih...

HP Vivo Asli Dibuat Dari Negara Mana? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: Friday, February 23, 2018
Show comments