5 Cara Cek Kode IMEI Samsung S9, S9+ (Plus) Asli 100% Akurat

Apakah saudara pengguna Samsung, sudahkah mengetahui cara mengecek kode IMEI Samsung S9, S9+ (Plus) asli untuk membuktikan bahwa perangkat tersebut bukan KW, replika, HDC, supercopy, tiruan, dan lain sebagainya? Jika belum maka saudara berada di postingan yang tepat saat ini.

Cara Cek Kode IMEI Samsung S9, S9+ Asli  dan palsu (replika, tiruan, HDC, supercopy)

Alasan betapa pentingnya untuk melakukan cek kode IMEI Samsung S9, S9+ (Plus) adalah sebuah langkah agar terhindar dari segala hal yang bersifat penipuan dengan beredarnya produk-produk smartphone yang memiliki kualitas KW. Sebelum melakukan pengecekan pada Samsung Galaxy S9,
S9+ (Plus) sebaiknya kita kenali dulu apa itu IMEI?

Kode IMEI adalah suatu kode unik yang hanya dimiliki oleh perangkat Samsung Galaxy S9 dan S9+ (Plus) saja dan kode unik tersebut tidak akan sama dengan kode Handphone manapun. Keberadaan kode inilah yang membedakan device yang satu dengan device lainnya sehingga membuat kita mudah mengenali HP Samsung Galaxy S9
dan S9+ (Plus) milik kita sendiri.

Jika misalnya Samsung Galaxy S9
dan S9+ (Plus) yang saudara miliki hilang, dan smartphone itu ternyata diambil oleh orang lain yang mengaku bahwa itu miliknya, maka hanya kode IMEI yang paling objective digunakan sebagai bukti bahwa smartphone Samsung Galaxy S9 dan S9+ (Plus) tersebut adalah milik saudara. Mengapa?

Karena jika kita menggunakan penilaian secara fisik maka itu tidak akurat, yang terjadi justru perdebatan yang tiada akhir karena saling mengakui bahwa Samsung Galaxy S9
dan S9+ (Plus) itu miliknya. Sebab, casing pada Samsung Galaxy S9 dan S9+ (Plus) pasti bisa digonta-ganti dengan mudah meskipun smartphone premium sekalipun.

Lalu bisakah dengan mengingat Software atau aplikasi yang terinstall didalamnya bisa membuktikan bahwa Samsung Galaxy S9
dan S9+ (Plus) itu milik saudara? Tentu kurang akurat juga, karena jika kita menginstall aplikasi pihak ketiga pada Samsung Galaxy S9 dan S9+ (Plus) maka aplikasi itu bisa dengan mudah di uninstall oleh si pelaku.

Tak hanya itu saja, jika pelaku mengembalikan semua data di Samsung Galaxy S9
dan S9+ (Plus) ke pengaturan pabrik atau mereset ulang Samsung Galaxy S9 dan S9+ (Plus) saudara, maka smartphone itu akan terlihat seperti baru lagi. Nah dari beberapa penjelasan di atas solusi paling tepat untuk mengatasi permasalahan Samsung Galaxy S9 dan S9+ (Plus) tersebut hanya bisa dilakukan oleh kode IMEI saja.

Mengapa hanya kode IMEI? karena, kode ini tidak dapat diganggu gugat sehingga sudah menjadi hak paten yang menjadi ketetapan standar internasional. Kode IMEI pada Samsung Galaxy S9
dan S9+ (Plus) saudara tidak bisa diganti, jika ingin mengganti maka ketika di cek website resmi Samsung maka kode tersebut tidak ada dalam daftar.

Misalnya, ada HP replika yang meniru Samsung Galaxy S9
dan S9+ (Plus) di pasaran. Setelah kodenya di cek memang benar kode IMEI akan muncul, tetapi setelah dimasukkan ke website resmi Samsung, kode IMEI HP supercopy tadi tidak terdeteksi alias tidak terdaftar atau failed.

Selain menggunakan IMEI sebagai indikator untuk mengetahui originalitas sebuah perangkat, saudara juga dapat memakai cara lain yang sudah pernah saya bahas disini: cara membedakan Samsung S9, S9+ asli dan palsu.

Lalu bagaimana cara cek kode IMEI Samsung Galaxy S9
dan S9+ (Plus) asli? Untuk melakukan pengecekan terhadap keaslian IMEI Samsung Galaxy S9 dan S9+ (Plus) original ada 5 cara yang bisa saudara coba silahkan saudara pilih cara yang menurut saudara mudah berikut.


Begini Mengecek Kode IMEI Samsung S9 dan S9+ (Plus) Asli

1) Melalui Dial Number => Mengecek IMEI Samsung S9 dan S9+ (Plus) menggunakan cara Dial Number dipastikan sangatlah mudah untuk saudara terapkan. Caranya hanya dengan menekan *#06# pada keypad smartphone Samsung Galaxy S9 dan S9+ (Plus) saudara, maka akan keluar kode IMEI yang terdiri dari 15 digit tersebut.

2) Dus Box Pembelian => Ketika saudara membeli smartphone Samsung Galaxy S9
dan S9+ (Plus) baru, maka saudara tidak bisa menerapkan cara dial number di atas. Cara yang harus saudara perhatikan adalah melihat IMEI pada dusbox Samsung sebelum dibuka. Jika saudara perhatikan pada dus box disana terdapat kode IMEI.

3) Melalui Body Smartphone => Kode IMEI pada Samsung Galaxy S9
dan S9+ (Plus) tak hanya ada pada tempat yang mudah terjangkau indera mata saja, kode IMEI Samsung Galaxy S9 dan S9+ (Plus) juga ada pada bagian body smartphone.

Pada umumnya kode IMEI Samsung Galaxy S9
dan S9+ (Plus) terletak di bawah baterai, ketika kita mencopot baterai maka nomor IMEI akan terlihat. Namun, berbeda letak kode IMEI pada perangkat dengan baterai tanam, mungkin berada di atas baterai.

4) Dari Menu Cek Status => Samsung Galaxy S9
dan S9+ (Plus) juga menyediakan cara yang mudah diakses untuk mengecek IMEI smartphone kesayangan saudara. Cukup dengan pergi ke Menu Settings => About => Status, maka akan tampil beberapa info dari Samsung Galaxy S9 dan S9+ (Plus) yang saudara miliki termasuk nomor IMEI juga ada disana.

5) Aplikasi Pihak Ketiga => Selain keempat cara di atas yang disediakan langsung oleh pihak Samsung, saudara juga bisa mengecek nomor IMEI Samsung Galaxy S9
dan S9+ (Plus) dengan menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga seperti Antutu Benchmark yang memang populer dijalankan masyarakat sebagai aplikasi untuk mengecek kecepatan peforma android dalam menjalankan grafisnya.

Jika saudara ingin mengecek kode IMEI Samsung Galaxy S9
dan S9+ (Plus) menggunakan aplikasi ini, sebaiknya dipertimbangkan karena memiliki ukuran yang cukup besar sehingga memakan memori yang lumayan besar pula.

Namun, kelebihan aplikasi ini bisa mengecek RAM Samsung S9
dan S9+ (Plus) dan menampilkan spesifikasinya dengan cukup detail sehingga terasa memuaskan. Setelah mengetahui kodenya, silahkan saudara cek di website resmi milik Samsung untuk memastikan keaslian handphone saudara.


Saya Sudah Tahu IMEI HP Saya, Terus Ngapain?

Jika saudara sudah tahu cara mengecek kode IMEI pada Samsung S9 dan S9+ (Plus) di atas namun saudara sudah terlanjur membeli smartphone Samsung Galaxy S9 dan S9+ (Plus) bukan di tempat aslinya melainkan di toko online atau toko fisik maka saudara harus membuktikan keaslian Samsung Galaxy S9 dan S9+ (Plus) melalui link berikut ini www.samsung.com/id/.

Silahkan saudara masukkan kode IMEI HP Samsung Galaxy S9
dan S9+ (Plus) saudara disana sesuai dengan kolom yang telah disediakan. Setelah itu silahkan tekan Enter maka situs resmi tersebut akan menampilkan pemberitahuan tentang keaslian perangkat yang saudara miliki.

Sebaiknya ke 5 Cara Cek Kode IMEI Samsung S9
dan S9+ (Plus) di atas saudara coba semuanya untuk memastikan apakah hasilnya sama atau tidak. Jika kelima cara tersebut diterapkan dan hasil kode IMEI sama setelah dicocokkan ke website resmi Samsung Galaxy S9 dan S9+ (Plus), maka smartphone Samsung Galaxy S9 dan S9+ (Plus) yang saudara miliki sudah pasti asli.

Sekarang saudara sudah mengetahui tips cara cek nomor/ kode IMEI Samsung Galaxy S9
dan S9+ (Plus) untuk memastikan asli atau palsu, tinggal kebijaksanaan saudara jika smartphone yang saudara miliki itu palsu jangan bersedih atau menangis, saudara bisa komplain kepada si penjual mengenai produk yang mereka pasarkan dan saudara bisa meminta ganti rugi.

Baca Juga: 6 Cara Screenshot Layar Samsung S9, S9+ Hanya 1 Detik

Apabila orang yang menjual telah tidak ada, artinya memang sudah nasib saudara untuk memiliki Samsung Galaxy S9, S9+ (Plus) palsu itu, anggap saja itu sebagai cobaan saudara... Pastikan baca juga postingan lain di bawah!

5 Cara Cek Kode IMEI Samsung S9, S9+ (Plus) Asli 100% Akurat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: 16:40:00