20 Cara Mengatasi Vivo Lemot/ Lelet (Lag, Hang, Mati Total)

Mengetahui cara mengatasi HP Vivo lemot/ lelet/ lambat (lag, hang, mati total) dan loading lama sangat penting untuk diterapkan pada Vivo V9 V7 V5 Plus, Vivo Y53 Y71 Y65, Vivo NEX S A dan semua perangkat Vivo lainnya. Jika device yang kita punya lemot, pasti sangat menjengkelkan apalagi ketika kita sedang benar-benar butuh karena ada kepentingan yang mendesak. Tentu saja kita membutuhkan perangkat yang memiliki peforma tangguh dalam segala hal. Sehingga perlu dilakukan berbagai cara agar HP Vivo tidak lemot (lag, hang, mati total) dan sebagainya. Sebelum kesana, kita bahas dulu penyebab Vivo lemot/ lelet/ lambat, karena kata pepatah "Lebih baik mencegah daripada mengobati" Sehingga jika kamu mengetahui penyebabnya kamu dapat meminimalisir kerusakan Vivo yang kamu sayangi.

Penyebab HP Vivo Lemot (Lag, Hang)

Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab yang mengakibatkan HP Vivo menjadi lemot:

1) Perhatikan spesifikasi Vivo, seperti kapasitas internal memori dan Random Acces Memory (RAM), apakah memiliki kapasitas yang cukup besar untuk mendukung aplikasi canggih yang kamu pasang. Untuk mengetahuinya silahkan baca cara mengecek sisa free RAM Vivo, disana akan ditampilkan keterangan RAM dan Internal memori HP Vivo yang kamu pakai.

2) Versi OS yang jadul, jika kamu pengguna yang baru membeli atau memakai Android maka kamu harus mengetahu versi sistem operasi yang digunakan pada device itu. Mungkin kamu telah mendengar tentang Android 5, Android 6, dan seterusnya. Cara memeriksanya adalah buka menu Setting > About Phone > Android version.

3) Class Memori External (Micro SD), lupakan dengan jumlah kapasitas eksternal memori yang kamu pakai karena admin yakin jumlah kapasitas yang kamu gunakan bisa 16Gb, 32Gb atau 64Gb. Namun point yang paling penting bukan terletak dikapasitas memorinya melainkan dari Class memori itu sendiri.

Memori External (Micro SD) terbaik adalah Micro SD yang memiliki Class 10 dan akan sangat cocok bagi kamu yang menggunakan OS Android untuk tujuan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan menggunakan Micro SD yang memiliki class 10 kamu tidak perlu khawatir jika mengembalikan file yang terhapus karena biasanya class ini lebih kuat.

Cara mengetahui class suatu memori adalah, matikan perangkat kamu lalu buka HP Vivo kamu kemudian buka dan lihat Micro SD tersebut biasanya akan ada angka 4, 6 dan 10 yang terlihat memakai huruf kecil.

4) Terlalu banyak aplikasi, yang bisa menyebabkan Android kamu blank, crashing, force close dan bahkan menyebabkan HP Vivo kamu menjadi lemot. Biasakan untuk selalu download aplikasi dari Google Play Store atau Amazon Apps karena server mereka akan melakukan scanning otomatis terhadap jenis versi aplikasi yang cocok untuk perangkat Vivo kamu.

Selain itu dengan membiasakan mengunduh dari sana akan membuat HP Vivo kamu menjadi lebih aman dari infeksi malware karena mereka selalu memeriksa otomatis setiap aplikasi yang dicurigai memiliki virus akan dihapus dari pasar mereka.

Apa Manfaat Menerapkan Cara Ini?

Jika kamu benar-benar serius untuk menerapkan cara yang akan Bedahp.com share berikut ini, maka ada beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh yakni:

a) HP Vivo Makin Kenceng
Sudah pasti ketika kamu berhasil mengikuti step by step dengan baik maka kapasitas RAM smaryphone Vivo kamu akan bertambah yang membuat peforma semakin kenceng.

b) Vivo Jadi Hemat Baterai
Seperti diketahui, aplikasi yang berjalan di latar belakang memang cukup banyak mengkonsumsi daya baterai sehingga wajib kamu hentikan dan membukanya saat dibutuhkan saja.

c) Irit Kuota Data Internet
Tidak bisa dipungkiri, dominan aplikasi yang berjalan di latar belakang selalu mengambil kuota internet ketika kamu menghidupkan paket data seluler maupun Wifi. Jika aplikasi ini terus dibiarkan maka kantong dompet kamu akan cepat terkuras karena sering beli paket internet.

d) HP Vivo Terhindar dari "Overheat"
Makin banyak aplikasi yang dibuka maka smartphone kamu akan kerja ekstra keras sehingga cenderung cepat panas. Hal itu membuat baterai menjadi cepat kembung. Namun dengan menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, kamu sudah berkontribusi memperpanjang umur baterai dan menjaga suhu smartphone Vivo tetap stabil.

Jika beberapa manfaat di atas kamu rasa penting dan ingin memdapatkannya, kamu bisa langsung mengikuti tahap demi tahap tutorial yang akan saya bagikan di bawah ini!

Inilah 20 Cara Mengatasi Vivo Lemot (Lag, Hang)

Setelah kamu mengetahui manfaat di atas, maka akan sangat bijaksana jika kamu langsung menerapkannya dengan mengikuti semua langkah-langkah di bawah secara tepat.

1) Buka Menu "Tentang Ponsel"
Silahkan kamu pergi ke menu Pengaturan => Tentang Ponsel => Versi seperti yang terlihat pada gambar di bawah! Kamu abaikan menu yang lainnya, cukup fokus saja pada Versi Perangkat Lunak lalu tekan sebanyak 7 kali hingga mode pengembang aktif.


CATATAN: Jika saat membuka menu Tentang Ponsel tidak langsung ketemu Menu Versi Perangkat Lunak, kamu ubek-ubek disekitar menu Tentang Ponsel tersebut mungkin dia berada di menu Tentang Ponsel => Status atau lainnya. Intinya kamu cari disana sampai ketemu.

2) Cari menu "Opsi Pengembang"
Setelah Nomor Versi di klik sebanyak 7 kali maka mode pengembang sudah diaktifkan, selanjutnya silahkan kamu temukan menu tersebut di sekitar menu Pengaturan => Pengaturan Lainnya => Opsi Pengembang, seperti gambar di bawah!


CATATAN: Jika Opsi Pengembang tidak ditemukan, kamu cari Pilihan Pengembang atau Developer Option. Pokoknya kamu ubek-ubek menu Pengaturan sampai ketemu menu tersebut karena setiap smartphone Vivo letaknya berbeda.

3) Buka menu "Opsi Pengembang"
Setelah menu "Opsi Pengembang" ketemu, kamu langsung klik saja menu tersebut maka akan ada banyak menu lain namun kamu abaikan saja, kamu scrol saja terus ke bawah sampai ketemu menu "Batas proses latar belakang" tepat seperti contoh gambar di bawah!


4) Buka "Batas proses latar belakang"
Silahkan kamu buka menu "Batas proses latar belakang" tersebut lalu setting menjadi "Tanpa proses latar belakang" seperti yang tertera di gambar di bawah!


CATATAN: Ketika kamu sudah memilih "Tanpa Proses Latar Belakang" maka tidak akan ada aplikasi yang berjalan dibelakang background tanpa seizin dari kamu sehingga akan meningkatkan peforma Vivo kesayangan kamu.

5) Selesai! close Opsi Pengembang
Setelah cara 1 sampai 4 diterapkan, sekarang kamu sudah berhasil menghemat kapasitas RAM di HP Vivo yang sudah saya buktikan 100% di Vivo V9 yang memakai Android 8.1 (Oreo).

6) Cek Sisa FreeRAM HP Vivo
Sekarang silahkan kamu buka menu task manajer pada HP Vivo dan lihat kapasitas RAM HP Vivo kamu sekarang sudah bertambah dan membuat smartphone tersebut menjadi semakin kencang. Karena hanya aplikasi yang penting saja yang berjalan di belakang background sehingga kapasitas RAM menjadi longgar. Sekarang tidak ada aplikasi yang berjalan dibelakang layar tanpa seizin dari kamu yang membukanya. Sisa RAM pun bertambah yang membuat smartphone Vivo kamu tambah kenceng abis, hemat baterai, hemat kuota dan masih banyak lagi.

7) Atur Sinkronisasi HP Vivo
Atur Sinkronisasi HP Vivo, dengan tujuan agar tidak mengambil banyak koneksi paket data internet yang diminta untuk ditampilkan dan di download secar otomatis. Karena jika dibiarkan secara default selain membebani RAM juga menguras kuota data internet.

8) Hapus Widget Home Screen
Hindari terlalu banyak menampilkan widget di layar utama HP Vivo kamu meskipun menggunakan banyak widget akan terlihat keren namun sesungguhnya memberatkan perangkat, pastikan kamu hanya menggunakan widget untuk aplikasi yang benar-benar memliki fungsi yang kamu butuhkan saja.

9) Gunakan Satu Antivirus Saja
Karena aplikasi seperti ini biasanya sering bekerja pada background dan memantau sistem terdalam dari HP Vivo kamu. Jika kamu menggunakan lebih dari satu Antivirus maka permintaaan RAM pun akan menjadi lebih besar.

10) Gunakan Aplikasi yang dibutuhkan
Semakin banyak aplikasi yang di install, maka akan semakin banyak pula permintaan RAM yang harus diambil. Kamu harus meminimalisir penggunaan aplikasi yang berlebihan dan menghapusnya jika tidak dibutuhkan.

11) Hindari Memakai Live Wallpaer
Akan terlihat lebih keren dan segar ketika kamu menggunakan live wallpaper namun hal ini justru akan membuat baterai HP Vivo kamu cepat habis dan menyebabkan lemot.

12) Matikan HP Saat Mengisi Daya
Biasakan ketika mengisi baterai HP Vivo kamu harus dalam keadaan Mati. Selain akan membuat baterai kamu menjadi lebih awet hal ini juga akan membuat kalibrasi atau sensitifitas dari touch screen Kamu tetap terjaga dan menghindari error.

13) Gunakan Clean Master
Gunakan Clean Master di HP Vivo kamu lalu bersihkan secara teratur junk files, cookies dan cache. Setiap kali kamu mengakses internet semua data website akan disimpan di cache browser yang kamu gunakan. Selain itu aplikasi ini juga dapat mengambil residual file atau folder kosong yang dibuat otomatis oleh berbagai aplikasi sehingga menyebabkan internal memori kamu akan menjadi penuh dengan file dan data yang tidak berguna.

14) Aktifkan Auto Kill
Pada Vivo kamu, aktifkan Auto Kill pada Clean Master. Tujuan auto kill adalah untuk mematikan secara paksa aplikasi lain yang dianggap mengambil RAM yang berlebihan. Tenang saja, fitur ini aman dan akan bekerja pada background secara otomatis.

15) Gunakan aplikasi berbayar
Ketika kamu menggunakan aplikasi versi gratis sebenarnya HP Vivo kamu sedang dijadikan sebagai kelinci percobaan. Itulah alasan kenapa banyak review baik atau jelek yang dibuat di pasar aplikasi google yang tentu saja dengan membagikan aplikasi ini secara gratis akan membantu para pengembang untuk mengetahui bugs atau pengaturan yang sudah sesuai. Jika kamu butuh keamanan yang lebih, kamu dapat  membeli aplikasi premium.

16) Freeze aplikasi bloatware
Hal ini hanya bisa dilakukan pada HP Vivo yang sudah di root. Salah satu aplikasi yang memiliki fitur freeze adalah link2SD, namun masih banyak aplikasi lain sejenisnya yang beredar di Play Store.

17) Amati Gerak-gerik Aplikasi
Pantau terus aplikasi chatting atau sosial media kamu yang mendownload gambar/ video yang tidak kamu butuhkan dari penyimpan. Hapus file-file yang tidak kamu butuhkan tersebut untuk melegakan memori internal.

18) Reset HP Vivo Kamu
Jika lemotnya HP Vivo kamu sudah tidak ketulungan, kamu dapat mengembalikan ke pengaturan pabrikan Vivo dengan cara melakukan reset. Namun jika HP kamu hanya lupa kata sandi, maka tidak perlu direset cukup dengan 3 cara membuka kunci HP Vivo lupa sandi yang sudah diuji dan terbukti work 100% mampu membuka HP Vivo yang terkunci.

19) Flash HP Vivo Kamu
Jika Vivo setelah di reset masih terjadi lemot juga, artinya ada masalah pada firmware Vivo yang kamu gunakan. Segera ganti firmware Vivo kamu dengan upgrade atau downgrade memakai firmware asli Vivo melalui jalan flash baik memakai PC maupun flash tanpa PC. Admin sudah pernah buktikan ini pada perangkat selain Vivo dan terbukti smartphone admin menjadi wooosshhh (ngebut banget)....

20) Pakai "LEM BIRU"
Jika kamu sudah menggunakan segala cara untuk mengatasi HP Vivo kamu yang lemot tapi tidak kunjung sembuh juga, maka solusi terakhir yakni Vivo kamu harus memakai LEM BIRU (Lempar, Beli Baru) maka semua masalah akan teratasi hehehe....

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Sinyal HP Vivo Hilang Tiba-Tiba

Lihat juga postingan terkait HP Vivo lainnya di bawah! Demikianlah 20 cara mengatasi HP Vivo lemot (lag, hang, mati total, lelet, lambat) yang dapat diterapkan pada Vivo Y53i Y83 Y69, Vivo Z1 X20 X21 UD Plus, Vivo X9 X7 X6 Plus dan lain sebagainya. Semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi Vivo Lovers.

20 Cara Mengatasi Vivo Lemot/ Lelet (Lag, Hang, Mati Total) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: Wednesday, June 13, 2018
LIHAT KOMENTAR
SEMBUNYIKAN KOMENTAR

0 komentar:

Post a Comment