7 Cara Aktifkan Mode/ Opsi Pengembang HP Samsung (All Type)

Cara mengaktifkan mode/ opsi/ pilihan pengembang atau Developer Options di HP android Samsung Galaxy (All Type) seperti Samsung Galaxy S7 S8 S9 Plus, Samsung Galaxy J3 J5 J7 Pro Prime, Samsung Galaxy A3 A5 A7 dan perangkat lainnya. Namun sebelum kita lanjut, apa sebenarnya manfaat jika kita mengaktifkan Pilihan Pengembang tersebut?

Banyak manfaat yang diperoleh jika mode pengembang di aktifkan pada HP Samsung, seperti kamu memiliki akses yang lebih banyak sehingga kamu dapat mengaktifkan atau menon-aktifkan fitur-fitur tertentu sesuai kebutuhan.

Kamu juga dapat melakukan modifikasi pada perangkat Samsung tersebut seperti melakukan flashing, melakukan root dan mengoptimalkan penggunaan RAM pada smartphone Samsung yang kamu pakai. Intinya, tidak ada efek negatif yang ditimbulkan setelah kamu menghidupkan developers options tersebut.

Inilah Cara Mengaktifkan Pilihan Pengembang HP Samsung Galaxy (All Type)

Untuk lebih lengkapnya tentang manfaat mengaktifkan opsi pengembang akan admin bahas setelah tutorial di bawah ini:

Baca Juga: 5 Cara Cek Layar LCD Touchscreen Samsung Normal/ Rusak

1) Pastikan perangkat Samsung yang kamu gunakan memiliki daya baterai minimal 10% untuk berjaga-jaga sehingga menghindari smartphone mati ketika sedang melakukan tutorial.

2) Pergi ke menu Setting atau Pengaturan di HP Samsung kamu, kemudian buka menu Tentang Ponsel atau About Phone seperti pada gambar di bawah!


3) Setelah menu Tentang Ponsel terbuka, kamu cari menu Nomor Versi atau Version Number. Jika tidak ketemu, pokoknya kamu jelajahi disana sampai ketemu. Misalnya pada kasus smartphone Samsung yang saya gunakan menu Nomor Versi atau Version Number terdapat pada menu “Informasi Perangkat Lunak” seperti gambar di bawah!


4) Ketika menu “Informasi Perangkat Lunak” saya buka, maka Nomor Versi atau Version Number ketemu seperti gambar di bawah!

Cara Aktifkan Mode/ Opsi Pengembang HP Samsung (All Type)

5) Sekarang kamu klik sebanyak 7x menu Nomor Versi atau Version Number tersebut untuk mengaktifkan Mode Pengembang. Jika kamu sudah menekan sebanyak 7x, maka akan muncul notifikasi “Tidak perlu, mode pengembang telah diaktifkan”.

6) Jika notifikasi seperti gambar di atas sudah muncul, maka Developer Options di HP Samsung kamu sudah aktif. Untuk melihat hasilnya, silahkan pergi ke menu Setting atau Pengaturan, lalu scroll ke bawah maka akan ketemu “Pilihan Pengembang” seperti gambar di bawah!


CATATAN: Jika di menu Setting atau Pengaturan tidak ditemukan menu Pilihan Pengembang, pokoknya kamu ubek-ubek di menu Pengaturan tersebut sampai ketemu karena pasti ada disana. Biasanya namanya saja yang berbeda-beda seperti: “Pilihan Pengembang” atau “Opsi Pengembang” atau “Developer Options” atau “Mode Pengembang”.

7) Setelah ketemu, sekarang buka “Pilihan Pengembang” tersebut lalu aktifkan. Kemudian kamu atur sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan gambar di bawah!

Pilihan Mode pengembang aktif di Samsung Galaxy

CATATAN: Banyak hal yang dapat kamu lakukan ketika mode pengembang sudah aktif. Misalnya kamu ingin mengoptimalkan penggunaan RAM, maka kamu bisa baca disini: Cara Menambah RAM Samsung 100% Akurat.

Manfaat Mengaktifkan Mode Pengembang

Opsi Pengembang sebenarnya berisi sejumlah item yang secara khusus disediakan bagi ahli yang terlatih. Ada baiknya bagi kamu untuk tak mengubah apa pun jika kamu tidak mengerti apa yang seharusnya kamu lakukan.

Setidaknya, perhatikanlah pengaturan bawaannya, kalau perlu buatlah catatan. Ini akan berguna ketika terjadi sesuatu yang tidak beres dan kamu bisa mengembalikannya ke pengaturan semula. Mengingat Opsi Pengembang merupakan seperangkat alat dan pengaturan yang telah dirancang untuk membantu para pengembang aplikasi dalam mengoptimalkan produknya dan melacak jika terjadi kesalahan.

Misalnya, menu Pointer location yang berfungsi memberikan pembacaan yang lebih akurat berkaitan dengan input pengguna. Opsi ini akan menampilkan informasi berkaitan dengan koordinat atas layar yang terakhir kamu sentuh.

Lalu ada juga menu Show Touches yaitu item yang ditampilkan setelah kamu mengaktifkan Opsi Pengembang yang berguna untuk menampakkan sentuhan di layar HP kamu. Selain itu, masih ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan dengan mengaktifkan Opsi Pengembang sebagai berikut:
  • Buat laporan bug (Take bug report), berfungsi untuk mengumpulkan laporan berisi aplikasi yang sedang kamu jalankan. Kamu dapat mengirim semua yang terjadi pada aplikasi kamu kepada siapa saja.
  • Kata sandi cadangan desktop (Desktop backup password), digunakan untuk memasukkan sandi yang dapat kamu gunakan untuk mengembalikan data yang sebelumnya telah kamu backup.
  • Tetap bangun (Stay awake), digunakan apabila kamu ingin HP Samsung kamu selalu menyala saat perangkat kamu terhubung dengan komputer pengisian daya, dll.
  • HCI snoop log Bluetooth, digunakan untuk mengaktifkan log Bluetooth Host Control Intervice untuk mengetahui aktifitas dan hubungan bluetooth HP Samsung yang kamu gunakan.
  • OEM terbuka kunci (open key OEM), bertugas mengunci dan mengelock OEM. Menu ini biasanya diaktifkan jika kamu ingin melakukan root pada perangkat Samsung tersebut.
  • Mendebug USB (USB debugging), berguna bagi kamu yang membutuhkannnya saat menjalankan fitur Android Debug Bridge maupun fitur DDMS di HP android.
  • Izinkan lokasi palsu (Allow mock locations), berguna untuk mengatur dan memungkinkan kamu untuk memasukkan lokasi secara manual atau lokasi palsu.
  • Pilihan debug aplikasi (Select debug app), berguna untuk memilih aplikasi untuk melakukan debug, berguna dalam memahami aplikasi berjalan dengan baik atau tidak.
  • Verifikasi Aplikasi USB (Verify apps over USB), memungkinkan Google untuk melakukan verifikasi aplikasi yang telah terpasang pada HP kamu melalui komputer.

Masih banyak lagi menu lainnya yang bedahp.com tidak bisa bahas satu per satu karena saking banyaknya. Intinya, kamu dapat melakukan banyak hal ketika sudah mengaktifkan pilihan pengembang di HP Samsung.

Meskipun kamu diberikan kebebasan untuk mengatur menu-menu rahasia yang terdapat pada Mode Pengembang tersebut, kamu harus tetap hati-hati menggunakannya karena jika semua menu yang terdapat disana diaktifkan semua tentu akan mengganggu peforma perangkat.

Melalui menu Opsi Pengembang, kamu juga dapat meningkatkan peforma HP Samsung dimana yang dulunya lelet, lemot kayak begicot bisa menjadi kencang wusss karena pengaturan tersebut memang sengaja dibuat oleh Android agar semua orang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga: 5 Cara Cek Garansi Samsung Asli dengan Kode Rahasia

Untuk artikel lain tentang HP Samsung, lihat di bawah! Demikianlah cara aktifkan opsi/ mode/ pilihan pengembang atau Developer Options di HP android Samsung Galaxy (All Type) seperti Samsung Galaxy S5 S6 S7 Edge, Samsung Galaxy J1 J4 J2 Pro Prime, Samsung Galaxy A6 A8 J6 (2018) dan perangkat lainnya.

7 Cara Aktifkan Mode/ Opsi Pengembang HP Samsung (All Type) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Beda HP
Beda HP Updated at: Saturday, July 14, 2018
LIHAT KOMENTAR
SEMBUNYIKAN KOMENTAR

0 komentar:

Post a Comment